Listrik Gratis Diperpanjang Sampai September 2020, Begini Cara Klaimnya Lewat Login www.pln.co.id atau Chat ke 08122123123

Minggu, 07 Juni 2020 | 09:45
PLN

PLN

Listrik Gratis Diperpanjang Sampai September 2020, Begini Cara Klaimnya Lewat Login www.pln.co.id atau Chat ke 08122123123

GridHITS.id - Saat pandemi corona, banyak masyarakat yang terkena dampak kesulitan ekonomi karena program karantina dan PSBB.

Tak usah heran, pemerintah berupaya meringankan beban masyarakat dengan memberikan subsidi listrik gratis kepada kalangan tak mampu.

Program token listrik gratis ini ada sampai September 2020.

Jutaan Masyarakat Sudah Berhasil! 5 Langkah Mudah Ini Bisa Dicoba Jika Ingin Dapatkan Token Listrik PLN Gratis

Baca Juga:Kabar Gembira! Cukup Chat Lewat Whatsapp, Ini Langkah-langkah Nikmati Listrik Gratis dan Diskon 50% dari PLN

Kebijakan subsidi listrik berupa token listrik gratis dan diskon listrik diperpanjang hingga September 2020 mendatang.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati melalui konferensi online Senin (18/5/2020).

Keputusan ini diambil untuk membantu masyarakat kurang mampu dan rentang miskin di tengah pandemi virus corona atau COVID-19.

Sebelumnya pemerintah memberlakukan subsidi listrik ini hanya untuk tiga bulan mulai April hingga Juni 2020.

"Subsidi listrik untuk pelanggan 450 VA yang 24 juta dan 900 VA yang 7,2 juta rumah tangga yang subsidinya adalah dari mulai April sampai Juni diperpanjang sampai dengan September," kata Sri Mulyani.

Seperti dilansir dari Kompas.com dalam artikel "Subsidi Listrik Diperpanjang hingga September 2020".

Sri Mulyani juga memaparkan alokasi anggaran tambahan untuk masa perpanjangan berlakunya tarif listrik sebesar Rp 6,9 triliun.

Dengan demikian, alokasi anggaran untuk subsidi listrik tahun ini menjadi Rp 61,69 triliun.

Sebelumnya, tagihan listrik bagi pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA digratiskan selama tiga bulan.

Adapun untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA subsidi mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk jangka waktu yang sama.

Baca Juga:Bak Oase di Tengah Gurun, Selain Listrik Gratis dari Pemerintah, Pemilik Kendaraan Bermotor juga Dijanjikan Bakal Kecipratan Keuntungan Ini Selama Wabah Virus Corona, Apa?

Baca Juga:Bikin Senang, Obat yang Bisa Lumpuhkan Virus Corona Sudah Siap Dikirimkan, Dexa Medica Sumbangkan Obat untuk 5000 Pasien

Bagi pelanggan listrik prabayar dapat mengklaim token listrik gratis melalui website www.pln.co.id atau WhatsApp PLN 08122-123-123.

Sementara bagi pelanggan pascabayar tagihan otomatis langsung digratiskan atau dipotong.

Sri Mulyani juga menyampaikan pemerintah akan memperpanjang waktu program bantuan sosial ( bansos) sembako Jabodetabek dan non Jabodetabek hingga akhir Desember 2020.

"Bansos sembako Jabodetabek dan bansos tunai non-Jabidetaek diperpanjang menjadi sembilan bulan hingga Desember," jelas dia.

Awalnya bansos Jabodetabek berupa sembako senilai Rp 600.000 yang diberikan selama tiga bulan sejak April sampai Juni.

Sedangkan yang non-Jabodetabek berupa tunai Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan.

Dengan perpanjangan waktu tersebut, maka besaran insentif yang diberikan pun ikut berubah di tiga bulan terakhir menjadi sebesar Rp 300.000 per bulan.

"Dengan perhitungan Juli-Desember menjadi hanya Rp 300.000 per bulan dari yang tadinya Rp 600.000 per bulan," ujarnya.

Baca Juga:Pandemi Belum Mereda, Denny Darko Malah Ungkap Hal ini Lebih Berbahaya Daripada Virus Corona, Apa?

Baca Juga:Bikin Kaget, Selain Virus Corona yang Jadi Pembunuh No. 1, di Laboratorium Wuhan ini Masih Tersimpan 1.500 Virus Paling Mematikan di Dunia!

Listrik Gratis Bulan Mei, Begini Caranya

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya memastikan bahwa pelanggan yang masuk kategori bersubsidi dapat mengklaim token listrik gratis.

"Semua pelanggan bersubsidi yang dapat stimulus Covid-19 dari pemerintah bisa dapat semua," ujar PLH SRM General Affairs PLN UID Jakarta Raya M Arief Mudhari, dalam keterangannya kepada Kompas.com, Jumat (15/5/2020).

Seperti dilansir dari Kompas dalam artikel 'PLN Disjaya Pastikan Semua Pelanggan Bersubsidi Bisa Klaim Token Listrik'

Arief mengungkapkan bahwa di wilayah DKI Jakarta terdapat 108.551 pelanggan listrik prabayar yang masuk kategori subsidi.

"Yang dapat program token listrik gratis di Jakarta yaitu R1 450 sebanyak 45.860 pelanggan, dan B1 450 sebanyak 1.101 Pelanggan," ungkapnya.

Sementara itu, terdapat 61.590 pelanggan R1 900 VA prabayar yang berhak mendapatkan potongan 50 persen.

Adapun untuk mendapatkan token gratis, pelanggan dapat mengaksesnya langsung melalui situs web dan WhatsApp resmi PLN.

Baca Juga:Hampir Satu Bulan Menjalani Masa Karantina, Sarwendah Tiba-Tiba Curahkan Kondisi Tak Terduga Ruben Onsu di Tengah Wabah Virus Corona, Ada Apa?

Baca Juga:Jangan Langsung Santap, Makanan Kiriman Ojol Berpotensi Tularkan Virus Corona, ini Tip Supaya Tetap Aman dan Sehat!

Berikut cara mengakses token listrik gratis dan diskon yang dikutip dari akun Instagram PLN:

Melalui WhatsApp:

1. Buka aplikasi WhatsApp

2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123

3. Ketik "Listrik Gratis"

4. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter, sesuai dengan petunjuk yang muncul.

3. Token listrik gratis akan muncul

4. Pelanggan memasukkan token listrik gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Melalui Website:

1. Buka alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

2. Masukkan ID pelanggan atau nomor meter pada kolom pencarian dan identitas pelanggan yang tampil di layar.

3. Token listrik gratis akan ditampilkan di layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Baca Juga:Peneliti ITB : Bila Pemerintah DKI Jakarta Ambil Kebijakan ini, Korban Covid-19 Tak Akan Mencapai Angka Puluhan Ribu

Baca Juga:Dulu Dihujat karena Sering Menikah Setingan, Kini Artis ini Nikahi Pengusaha Kaya dan Bisa Ngungsi ke Pulau Terpencil karena Takut Corona

Cara Bedakan Pelanggan Subsidi dan Non Subsidi

R1/900 VA Subsidi:

1. Cek struk pembayaran sebelumnya.

2. Lihat pada kolom tarif atau daya.

3. Jika tertera R1, maka pelanggan berhak mendapat keringanan.

R1/900 VA Non Subsidi:

1. Cek struk pembayaran sebelumnya.

2. Lihat pada kolom tarif atau daya.

3. Jika tertera R1M, maka pelanggan tidak mendapat keringanan.

Tiga Layanan PLN Untuk Sampaikan Keluhan

Baca Juga:Bukan Kabar Baik, Belum Usai Pandemi Corona, PBB Beri Peringatan Akan Datangnya Bencana ini di Seluruh Dunia, Apa?

Baca Juga:Baru Saja Ditangkap Polisi, Ketua RT Penolak Jenazah Perawat Kembali Dilanda Musibah Baru, Apa?

Berikut sejumlah layanan yang bisa diakses pelanggan untuk menyampaikan beragam keluhan yang dialami.

1. PLN 123

Pelayanan PLN 123 dapat diakses dari berbagai metode, mulai dari telfon, sms, dan media sosial.

Penyampaian keluhan melalui telfon sangat mudah, anda harus melakukan hal dibawah ini.Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :

Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrikTekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelangganTekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.

Melalui Email : pin123@pln.co.idPelanggan dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui SMS (Pesan Singkat)Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.

Melalui Facebook lewat akun : PLN123Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui Twitter akun : @pln_123Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Baca Juga:Kabar Gembira! Sri Mulyani : THR untuk PNS Akan Tetap Cair Tepat Waktu Tapi...

Baca Juga:Apes Banget! Begini Nasib 130 Karyawan Nikita Mirzani yang Dikabarkan Bakal Terdampak THR yang Dipotong Nyai, Kenapa?

2. PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile telah diluncurkan sejak tahun 2016 silam.

Untuk layanan keluhan, pelanggan harus mendaftarkan diri disertai dengan id pelanggan PLN yang digunakan

Jika telah terdaftar, anda hanya perlu memilih pilihan "pengaduhan" lalu tekan "layanan pengaduhan"

setelah itu, anda bisa menjelaskan permasalahan yang anda alami ketika menggunakan layanan PLN

3. Virtual Assistant 123

Caranya cukup mudah, yakni:

1. Buka www.pln.co.id

2. pilih menu Web Korporasi PLN di bagian kiri.

3. Lalu pilih Virtual Assistant PLN 123.

Melalui menu ini, kamu bisa berkonsultasi dengan PLN dan pastinya cepat dijawab.(*)

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judulListrik Gratis Diperpanjang Hingga September 2020, Simak Cara Klaim di www.pln.co.id dan WhatsApp

Editor : Saeful Imam

Sumber : GridHITS

Baca Lainnya