Follow Us

Selama Ini Kita Salah, Mencuci Daging Sebelum Dimasak Ternyata Bisa Mengancam Nyawa Seisi Rumah

Hanifa Qurrota A'yun - Selasa, 22 Juni 2021 | 08:30
Daging sebaiknya tidak dicuci sebelum digunakan
Freepik.com

Daging sebaiknya tidak dicuci sebelum digunakan

GridHITS.id - Begini cara mencuci daging secara baik dan benar.

Daging sapi merupakan jenis bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai macam masakan.

Menu-menu lezat dan menggiurkan banyak yang terbuat dari daging sapi.

Mulai dari rendang, bakso, hingga sate bisa dihidangkan dari hewan penghasil susu terbaik itu.Selain bergizi,daging sapi juga memiliki cita rasa yang khas.Namun, tak jarang banyak ibu yang masih salah saat membersihkan daging sebelum dimasak.

Baca Juga: Iseng Lumuri Daging Sapi dengan Baking Soda Sebelum Dimasak, Pedagang Kuliner ini Kaget Dagangannya Laku Keras

Ya, sebelum digunakan, daging sapi biasanya akan dicuci di air mengalir agar bersih. Padahal cara tersebut ternyata keliru!Daripada bingung, lebih baik ikuti cara membersihkan daging sapi dengan tips mudah berikut ini.

Tak Boleh Dicuci dengan AirSebelum memasak daging sapi, tentu daging itu harus dibersihkan.Berbeda dengan daging ayam misalnya, daging sapi tak memerlukan proses pencucian dengan air.“Sebaiknya daging sapi tidak dicuci atau dibersihkan dengan air karena justru akan menjadikan daging itu mengkerut,” kata Chef de Cuisine Hotel Indonesia Kempinski, Prasetyo Widodo pada Kompas.com, Sabtu (25/7/2020).

Baca Juga: Selama Ini Kita Salah, Begini Cara yang Tepat Mencairkan Daging Beku dari Kulkas Agar Tak Meracuni Seluruh Keluarga

Prasetyo menyarankan untuk membersihkan daging dengan cara dilap dengan kertas tisu yang biasa kamu gunakan di dapur.Lap kotoran dan sedikit darah yang biasanya tersisa di permukaan daging.Setelah itu, istirahatkan sebentar selama beberapa menit lalu segera dimasak.Hal serupa juga diungkapkan oleh Chef HARRIS Hotel Sentul City – Bogor, Yogie Putranto.

Jika daging dicuci dengan air, nantinya malah bisa membuat kondisi daging tak lagi segar.“Kalau dicuci dulu nanti terkontaminasi bakteri yang ada di air,” kata Yogie pada Kompas.com, Jumat (12/6/2020).Selain itu bakteri yang ada pada daging juga nantinya bisa menyebar ke mana-mana jika Anda mencucinya lebih dahulu.

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu, Cara Masak Daging Kambing dan Sapi Agar Cepat Empuk dan Hemat Gas dengan Teknik 5 30 7 Ala Chef Hotel Bintang LimaCara simpan daging mentah dalam freezerJika tak mau langsung mengolah daging yang sudah dibersihkan dengan tisu dapur, Anda juga bisa menyimpannya lebih dahulu ke dalam freezer.Simpan daging yang sudah dilap dengan tisu dapur dalam wadah kedap udara atau plastik kedap udara. Setelah itu langsung simpan di freezer.

Source : sajiansedap.com

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Baca Lainnya

Latest