Follow Us

Rekomendasi 5 Merek Laptop yang Cocok untuk Anak Kuliah

Sheila Respati - Rabu, 24 Januari 2024 | 17:02
Asus Vivobook 14 A1404
DOK. Asus

Asus Vivobook 14 A1404

GridHITS.id - Ada banyak hal yang dibutuhkan anak saat menginjak usia kuliah. Salah satunya, laptop dengan spesifikasi mumpuni untuk memenuhi kebutuhan akademis dan tugas-tugas kuliah.

Laptop yang memiliki prosesor yang cepat, RAM yang cukup besar, dan penyimpanan yang luas akan membantu mahasiswa mengoperasikan aplikasi-aplikasi yang biasanya digunakan dalam pembelajaran, seperti pengolah kata, spreadsheet, dan software statistik.

Selain itu, laptop dengan resolusi layar yang tinggi dan kualitas grafis yang juga akan memudahkan mahasiswa dalam menjalankan tugas-tugas yang melibatkan desain grafis, pemrograman, atau multimedia.

Meski begitu, memilih laptop yang tepat juga kerap menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua. Apalagi, ada banyak merek, model, dan tipe tersedia di pasaran. proses memilih laptop pun menjadi lebih rumit.

Agar orangtua bisa memfasilitasi mahasiswa dengan laptop yang sesuai dengan kebutuhan belajarnya, berikut tiga cara yang bisa dilakukan.

Pertama, menentukan karakter laptop yang diperlukan. Jika berkuliah di jurusan arsitektur atau desain, mahasiswa perlu memiliki laptop dengan prosesor yang cepat, kartu grafis yang mumpuni, serta kapasitas RAM yang besar.

Baca Juga: Vivobook 14 (A1404), Laptop Entry Level dengan Kualitas dan Durabilitas Tinggi

Namun, jika laptop hanya digunakan untuk tugas-tugas ringan seperti browsing, mengetik, atau streaming, orangtua bisa memilihkan laptop dengan spesifikasi standar yang harganya juga tidak terlalu mahal.

Kedua, jika laptop sering dibawa ke kampus, orangtua bisa mempertimbangkan laptop dengan material, bobot, dan ukuran yang kompak agar tas anak tidak berat.

Ketiga, lakukan riset tentang laptop yang diperlukan. Orangtua bisa mencari informasi dari internet, media sosial, serta review dari Youtube sebagai referensi.

Apabila memungkinkan, datanglah langsung ke toko atau pusat servis resmi untuk melihat dan mencoba laptop secara langsung.

Jika masih bingung, berikut lima rekomendasi laptop untuk mahasiswa yang bisa orangtua pertimbangkan.

Halaman Selanjutnya

1. Asus Vivobook 14 A1404
1 2 3 4

Editor : Sheila Respati

Latest