Follow Us

Besok Pagi Bisa Langsung Dicoba, 4 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur Ini Dijamin Bisa Jadi Cadangan Energi Sehari Penuh Puasa

Safira Dita - Sabtu, 24 April 2021 | 14:29
4 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur
Freepik.com

4 Jenis Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

GridHITS.id - Berikut 4 jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat sahur ini dijamin bisa jadi cadangan sahur sehari penuh puasa.

Apa saja ya?

Bulan Ramadan dikenal sebagai bulan puasa dengan berpuasa selama satu hari penuh selama satu bulan.

Sebab, setiap kaum muslimin hendaknya menahan lapar dan haus sejak azan Subuh hingga azan Magrib.

Saat beduk Magrib tiba, maka itulah saatnya untuk berbuka puasa namun sebelum itu segala aktivitas tentu harus tetap berjalan seperti biasanya bukan?

Baca Juga: Begitu Populer di Masyarakat Indonesia, Inilah Dia Arti dan Sejarah Ngabuburit yang Sering Dilakukan untuk Menunggu Waktu Buka Puasa

Melansir dari nutrition.org.uk dalam artikel 'A healthy Ramadan', selama jam-jam puasa ketika tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, tubuh menggunakan simpanan karbohidrat (disimpan di hati dan otot) dan lemak untuk menyediakan energi setelah semua kalori dari makanan yang dikonsumsi pada malam hari habis.

Tapi tubuh tidak dapat menyimpan air. Karenanya ginjal menghemat air sebanyak mungkin dengan mengurangi jumlah yang hilang dalam urin.

Namun, tubuh tidak dapat menghindari kehilangan air saat kita pergi ke toilet, melalui keringat dan saat bernapas.

Karenanya kebanyakan orang yang berpuasa akan mengalami dehidrasi ringan, yang dapat menyebabkan sakit kepala, kelelahan, dan kesulitan berkonsentrasi.

Namun, penelitian menunjukkan bahwa hal ini tidak berbahaya bagi kesehatan, asalkan cukup cairan yang dikonsumsi setelah berbuka puasa untuk menggantikan yang hilang di siang hari.

Begitu berbuka puasa, tubuh bisa rehidrasi dan mendapatkan energi dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Source : Gridhealth

Editor : Poetri Hanzani

Baca Lainnya

Latest