Follow Us

Tak Hanya Membuat Masakan Semakin Lezat, Berikut Ini 10 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan yang Tak Terduga

Hanifa Qurrota A'yun - Kamis, 18 Maret 2021 | 06:30
Wanita ini ingin balas dengan mantan kekasih yang selingkuh dengan kirim satu ton bawang merah
Freepik.com

Wanita ini ingin balas dengan mantan kekasih yang selingkuh dengan kirim satu ton bawang merah

GridHITS.id - Berikut ini manfaat bawang merah yang jarang diketahui.

Bawang merah merupakan salah satu bumbu masakan yang selalu tersedia di dapur.

Namun siapa sangka, tak hanya menjadikan rasa masakan lezat, bawang merah juga memberikan banyak khasiat bagi kesehatan.

Baca Juga: Tak Perlu Repot, Ternyata Begini Cara dan Tips Membuat Telur Dadar yang Mengembang dan Siap Disantap untuk Keluarga, Jangan Pakai Tepung!Sekadar diketahui, bawang merah menyimpan banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Bahkan, terapi medis menggunakan bawang merah sudah dilakukan sejak zaman dahulu kala. Penggunaan bawang merah sebagai obat di Indonesia bisa dibilang sangat menguntungkan, mengingat tanaman ini banyak tersedia di berbagai daerah di Tanah Air. Selain itu, harganya juga relatif terjangkau oleh setiap keluarga, meski terkadang harganya harus naik.

Berikut ini manfaat bawang merah yang jarang diketahui.

Manfaat kesehatan bawang merah Banyaknya senyawa kimia atau zat gizi yang terkandung di dalam bawang merah, membuat umbi ini diyakini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Baca Juga: Banjir Kritikan Soal Dietnya yang Dianggap Tak Lazim, Begini Pembelaan Tya Ariestya Saat Bukunya Terancam di Blacklist: 'Memang DIperlukan Itu'Dalam Buku Khasiat Bawang Merah (2007) karya Jaelani, S.Si, dijelaskan bahwa bawang merah bisa digunakan dalam terapi medis untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut beberapa manfaatnya: 1. Menurunkan demam Demam sebenarnya bukan suatu penyakit, melainkan keadaan peningkatan suhu tubuh. Keadaan ini sering kali menjadi tanda adanya infeksi virus maupun bakteri pada tubuh. Setelah infeksi disembuhkan, suhu tubuh biasanya akan turun dengan sendirinya. Beberapa penyakit dengan gejala demam, di antaranya batuk, pilek, infeksi tenggorokan, diare, gondongan, campak, cacar.Untuk menurunkan demam, bawang merah bisa digunakan dengan cara dikonsumsi maupun menjadi obat balur. Ketika ingin dikonsumsi, bawang merah bisa ditumbuk dengan air perasan jeruk nipis.Bawang merah juga bisa dipanggang, kemudian dihaluskan dan ditambahkan madu sampai terbentuk larutan kental. Larutan itu bisa diminum 1-2 sendok teh 3 kali sehari. Sedangkan untuk obat balur, bawang merah mentah bisa ditumbuk lebih dulu kemudian dicampur dengan jahe. Setelah itu, bahan tersebut tinggal dioleskan di sekeliling tengkuk secara merata. Bawang merah diketahui mengandung senyawa turunan alkaloid yang bersifat antipiretik.Senyawa tersebut bisa menurunkan demam, sekaligus berperan sebagai antibiotik alami terhadap kuman penyebabnya. 2. Menyembuhkan sariawan Sariawan atau moniliasis adalah infeksi jamur yang terjadi pada kulit dan lapiran mukosa mulut. Sariawan ini bisa disebabkan oleh jamur jenis Candida yang biasa ditemukan di daerah kelamin.

Berikut ini manfaat bawang merah yang jarang diketahui.

Untuk mengatasi sariawan, bawang merah bisa direbus dengan ditambahkan dengan belimbing wuluh, daun sariwan dan adas pulasari. Air rebusan bawang merah diketahui mengandung asam kaprilat yang berfungsi sebagai bahan antiseptik alami dan antijamur sehingga bisa mengatasi masalah candidiasis. Sedangkan, belimbing wuluh mengandung asam askorbat yang berguna untuk mengurangi inflamasi atau radang. Semantara, daun sariawan dan adas pulsari memiliki khasiat menyembuhkan sariawan.

Baca Juga: Tidak Tahan Ingin Makan di Luar, Ini Dia 4 Tips Mudah Memakai Masker saat di Restoran untuk Menurunkan Risiko Kamu Terpapar Virus Corona!3. Menyembuhkan pilek Pilek bisa dipahami sebagai kondisi tersumbatnya rongga hidung akibat infeksi saluran pernapasan bagian atas. Kondisi ini disebabkan oleh bermacam-macam jenis virus. Gejalanya bahkan bisa berupa sakit ternggorokan, demam, mata dan hidung berair, serta batuk.Untuk mengatasi pilek, bawang merah bisa dimanfaatkan dengan cara dihirup aromanya atau diminum dengan campuran air perasan jeruk nipis. Uap bawang merah yang ditimbulkan oleh kandungan senyawa eteris diketahui berfungsi sebagai dekongestan, yaitu mengencerkan lendir dan ingus. Dengan cara ini, lendir bisa dikeluarkan dari rongga hidung.4. Mencegah masuk angin dan perut kembung Sedangkan, kembung adalah suatu kondisi saat gas terkumpul di dalam lambung atau usus melebihi keadaan normal.

Berikut ini manfaat bawang merah yang jarang diketahui.Kondisi itu biasanya disertai dengan perasaan tidak nyaman dan bisa juga disertai dengan rasa sakit. Untuk mencegah gejala tersebut makin parah, bawang merah bisa dimanfaatkan sebagai obat balur atau baik juga bila dikonsumsi.

1 2

Source : Tribun Bali

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest