Follow Us

Membantu Menurunkan Berat Badan, Inilah 6 Rekomendasi Cara Tidur untuk Orang yang Sedang Diet

Rachel Anastasia Agustina - Rabu, 02 Desember 2020 | 15:16
Ilustrasi tidur.
Freepik/drobotdean

Ilustrasi tidur.

Membantu Menurunkan Berat Badan, Inilah 6 Rekomendasi Cara Tidur untuk Orang yang Sedang Diet

GridHITS.id - Siapa yang menyangka ternyata tidur juga bisa membantu kita menurunkan berat badan.

Biasanya menurunkan berat badan selalu identik dengan diet yang menyiksa dan hanya fokus pada pengurangan kalori.

Padahal, ketika seseorang ingin menurunkan berat badan, mereka juga perlu memerhatikan kualitas tidur.

Pasalnya, penelitian telah menunjukkan bahwa tidur bisa membantu menurunkan berat badan dengan berbagai cara. Berikut enam di antaranya:

Baca Juga: Tanpa Menyiksa Diri dan Bisa Makan Enak, Ternyata Ada Trik Turunkan Berat Badan yang Belum Banyak Orang Tahu

Baca Juga: Mulai Detik Ini Jangan Dibuang! Terungkap Kulit Nanas Ampuh Turunkan Berat Badan Jika Dikonsumsi Seperti Ini1. Kurang tidur faktor risiko obesitas Waktu tidur yang pendek yakni kurang dari tujuh jam telah beberapa kali dikaitkan dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) yang lebih tinggi.Sebuah analisis besar bahkan menemukan bahwa waktu tidur yang pendek meningkatkan kemungkinan obesitas sebanyak 89 persen pada orang dewasa dan 55 persen pada orang dewasa. Masalahnya, kurang tidur dan obesitas sering kali bak lingkaran setan. Kualitas tidur yang buruk menyebabkan kenaikan berat badan, yang kemudian bisa memperparah berbagai gangguan tidur seperti sleep apnea sehingga kualitas tidur semakin buruk.

2. Kualitas tidur yang buruk meningkatkan nafsu makan

Dalam berbagai studi, para peneliti mendapati bahwa orang-orang yang kurang tidur memiliki nafsu makan yang lebih besar. Hal ini karena tidur memang memengaruhi dua hormon yang mengatur nafsu makan, yakni ghrelin yang memberi sinyal lapar kepada otak dan leptin yang menekan rasa lapar dan mensinyalkan kenyang kepada otak. Ketika Anda kurang tidur, tubuh justru memproduksi lebih banyak ghrelin dan mengurangi produksi leptin sehingga nafsu makan meningkat.

Baca Juga: Cara Mudah Menurunkan Berat Badan dengan Menerapkan Diet Mediterania, Rasakan Sendiri Hasilnya yang Menakjubkan!

Baca Juga: 5 Trik Sederhana Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Lakukan Rutin dan Buktikan Hasilnya3. Tidur membantu Anda membuat keputusan yang lebih sehatSelain nafsu makan, kurang tidur juga mengurangi aktivitas di lobus frontal otak yang berperan penting dalam pembuatan keputusan dan kontrol diri. Alhasil, Anda jadi lebih sulit untuk mengontrol diri dan keinginan makan makanan yang tidak sehat, berkalori tinggi dan mengandung banyak karbohidrat dan lemak.4. Kurang tidur meningkatkan asupan kalori Sebuah studi eksperimen terhadap 12 pria menemukan bahwa orang yang kurang tidur mengonsumsi lebih banyak kalori.

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest