Ingin Menurunkan Berat Badan Tapi Usia Sudah di atas 50 Tahun? Coba Berbagai Diet Ini dan Lihat Hasilnya

Senin, 16 November 2020 | 10:51
Pixabay/PublicDomainPictures

Ilustrasi diet.

Ingin Menurunkan Berat Badan Tapi Usia Sudah di atas 50 Tahun? Coba Berbagai Diet Ini dan Lihat Hasilnya

GridHITS.id - Tampil bugar dan energik pada usia senja tentunya menjadi keinginan banyak wanita.

Sehingga tak heran jika banyak perempuan di atas 50 tahun mencari diet yang cocok untuk menurunkan berat badan.

Namun tak dapat dipungkiri, diet yang berbagai banyak ragam bisa saja membuat beberapa orang 'pusing'.Ada pun, pilihan diet yang dianjurkan untuk wanita dengan usia lanjut tentunya harus yang dapat diikuti dengan mudah.

Baca Juga: Bosan Diet Ketat? 6 Cara Makan Sayuran Ini Dijamin Bikin Berat Badan Turun Seketika

Baca Juga: Coba Lakukan 3 Hal Sederhana Ini Setiap Hari, Hasilnya Manjur Turunkan Berat Badan dalam Waktu Singkat Tanpa Perlu Diet KetatLalu, diet tersebut juga harus dapat disesuaikan kebutuhan nutrisi, tidak terlalu membatasi, dan memiliki gizi yang seimbang. Nah, berikut ini terdapat beberapa jenis diet yang dipercaya cocok dengan para perempuan di atas 50 tahun.1. Diet mediteraniaDiet mediterania secara konsisten dinilai sebagai salah satu pola makan tersehat bagi hampir semua orang, termasuk wanita di atas 50 tahun.

Berdasarkan pola makan masyarakat di Yunani dan Italia Selatan pada tahun 1960-an, pola makan ini dicirikan dengan kandungan lemak jenuhnya yang rendah. Biasanya terdiri dari sayuran, kacang-kacangan, buah-buahan, dan biji-bijian. Yang paling menonjol dari diet ini adalah minyak zaitun sebagai sumber utama lemak tambahan. Meskipun pola makan mediterania didominasi oleh nabati, di dalamnya juga mencakup sejumlah kecil ikan, produk susu, unggas, dan daging merah.

Baca Juga: Lupakan Olahraga dan Diet Ketat, Kini Ada 3 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan, Mudahnya Semudah Membalik Telapak Tangan

Baca Juga: Kabar Gembira Bagi yang Malas Olahraga Tapi Pengen Langsing, Tya Ariesta Bagikan Diet yang Bisa Turunkan BB 20 Kg dengan Makanan Murah iniPenelitian selama puluhan tahun menunjukkan, diet ini dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis terkait usia. Sebutlah penyakit jantung, diabetes, kanker, dan penurunan kesehatan mental. Satu penelitian juga mengaitkan diet mediterania dengan penurunan risiko obesitas sebesar 30 persen pada wanita perimenopause dan pascamenopause. Diet mediterania mengungguli banyak diet populer lainnya, karena tidak ada kelompok makanan atau minuman yang dilarang. Bahkan, mengonsumsi anggur merah secukupnya tetap diperbolehkan.

2. Diet DASH Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), penyakit jantung adalah salah satu penyebab utama kematian wanita di atas 50 tahun. Terlebih lagi, tingkat tekanan darah tinggi (hipertensi) yang menjadi faktor risiko utama penyakit jantung akan meningkat secara signifikan setelah menopause. Pendekatan dengan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension) adalah asupan kandungan natrium yang rendah.

Diet ini hanya berfokus pada makanan yang kaya kalsium, kalium, serta magnesium untuk menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Bukan Cuma Mimpi, Rebahan Sambil Makan Makanan Enak Ini Bisa Turunkan Berat Badan, Dijamin Kurus Tanpa Olahraga dan Diet Ketat!

Baca Juga: Diet Mati-matian Nggak Guna Kalau Masih Melakukan 5 Kesalahan Ini, Timbangan Malah Anti Turun!

Batasan natrium juga bervariasi tergantung pada kebutuhan pribadi. Sementara beberapa orang membatasi asupan natrium mereka tidak lebih dari 2.300 mg per hari, yang lain hanya 1.500 mg. Kedua angka tersebut juga sejalan dengan rekomendasi natrium dari American Heart Association. Diet ini terdiri dari sayuran, buah, produk susu rendah lemak yang diikuti dengan biji-bijian, polong-polongan, kacang-kacangan, ikan, dan unggas dalam jumlah sedang.

Daging merah dan makanan manis biasanya tidak dianjurkan, tetapi kadang-kadang diperbolehkan, kecuali daging yang diproses atau diawetkan. Diet ini juga membatasi makanan asin.

Sebaliknya, diet ini menyarankan makanan olahan yang padat nutrisi dan makanan utuh sebagai manfaat tambahan untuk mengurangi kolesterol, maupun meningkatkan kontrol gula darah.3. Diet flexitarian Diet flexitarian adalah program semi-vegetarian yang didominasi oleh nabati, tetapi terkadang mencakup daging, telur, produk susu, dan ikan. Pola makan ini sangat populer di kalangan wanita yang mengurangi asupan dagingnya karena alasan kesehatan, kesejahteraan hewan, atau lingkungan. Diet flexitarian adalah pilihan tepat bagi siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan asupan serat dan protein nabati, yang juga mengakui nilai gizi produk hewani dan ingin memakannya sesuai kebutuhan.

Baca Juga: Sudah Terbukti Ampuh, Seorang Wanita Lakukan Hal Ini hingga Bobotnya Terpangkas Sampai 70Kg

Baca Juga: Pantas Saja Selalu Tampil Langsing, Ternyata Ini Diet yang Sudah Dibuktikan Keampuhannya oleh Kate Middleton, Mau Coba?Pelaku vegetarian dan vegan yang ketat justru memiliki risiko lebih besar untuk kekurangan asupan nutrisi, seperti zat besi dan lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan wanita. Demikian kesimpulan yang terungkap dari penelitian The Australian Longitudinal Study on Women’s Health.Dibandingkan dengan diet ketat, diet flexitarian menyediakan lebih banyak zat besi dan omega-3 dari daging merah dan ikan. Diet ini juga cenderung lebih tinggi kalsium, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang pada wanita pascamenopause.

Penelitian awal menunjukkan, pola makan ini menawarkan manfaat tambahan untuk menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan pencegahan diabetes.4. Diet MIND Usia dan jenis kelamin merupakan faktor risiko utama demensia, yang prevalensinya secara signifikan lebih tinggi pada wanita dibandingkan pria. Faktanya, sekitar dua pertiga orang dengan penyakit alzheimer adalah wanita. Diet MIND (The Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay) dikembangkan untuk mengurangi risiko penyakit alzheimer dan jenis penurunan mental terkait usia lainnya.

Baca Juga: Tak Hanya Ampuh Rontokkan Lemak di Tubuh, Siapa Sangka Kalau Kulit Bawang Merah Membawa Segudang Manfaat Jika Diracik Seperti Ini

Baca Juga: Khasiatnya Tak Main-main! Coba Lakukan 5 Kebiasaan Ini di Pagi Hari dan Jangan Kaget Lihat Perubahan Tak Terduga yang Bakal Terjadi pada Badan AndaSesuai dengan namanya, diet ini menggabungkan elemen diet mediterania dan DASH yang telah terbukti mendukung kesehatan otak.Diet ini menekankan makanan, seperti biji-bijian, beri, sayuran hijau, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan berlemak.Lalu, makanan yang digoreng, daging merah, mentega, keju, dan permen tidak dianjurkan. Berbagai penelitian telah menemukan bahwa diet MIND mengurangi risiko demensia.

Orang-orang yang mengikuti diet ini dengan cermat memiliki penurunan risiko terbesar, bahkan mereka yang hanya mengikuti diet ini secukupnya dapat meningkatkan kesehatan mental.5. Makan secara intuitif Jika telah mencoba banyak jenis diet dan tidak ada yang cocok, lebih baik bersiap meninggalkan siklus diet untuk selamanya. Diet yang terlalu ketat dapat menyebabkan berbagai efek samping, termasuk tulang keropos, kenaikan berat badan, pola makan yang tidak teratur, dan penurunan kualitas hidup.

Baca Juga: Diet Tetap Berhasil Meski dengan 'Cheating Day', Begini Cara Mudahnya Agar Berat Badan Tetap Turun

Baca Juga: Larutkan Baking Soda dan Lemon ke Dalam Air Putih Sebagai Teman Diet, Wanita Ini Kaget Dapati Berat Badannya Turun Usai 3 HariMakan secara intuitif adalah program anti-diet yang dirancang untuk mereformasi mentalitas diet dan membangun hubungan positif antara tubuh dengan makanan yang dikonsumsi. Pola makan ini dibuat oleh ahli diet yang mengklaim bahwa diet ketat menyebabkan kerusakan fisik dan psikologis.

Makan secara intuitif terdiri dari 10 prinsip dasar berdasarkan konsep berdamai dengan makanan, menjaga kesehatan, dan mengatasi emosi tanpa menggunakan makanan.

Tidak ada makanan yang dilarang dan tidak ada aturan ukuran porsi atau waktu makan dalam pola makan intuitif.Tujuannya adalah membantu orang-orang mempelajari kembali cara mendengarkan isyarat rasa lapar dan kenyang alami tubuh. Sehingga tidak lagi bergantung pada diet tertentu untuk menyehatkan diri sendiri secara mental dan fisik.

Baca Juga: Pasti Orang Lain Pangling! Coba Minum Teh Hijau di Waktu Ini Jika Ingin Diet Anda Sukses

Baca Juga: Tanpa Diet yang Menyiksa, Coba Buat Ramuan Nanas Direndam Air Panas dan Minum Saat Perut Kosong Bisa Bantu Turunkan Berat BadanSebuah studi baru-baru ini mengaitkan pola makan intuitif dengan peningkatan kesehatan psikologis dan penurunan risiko gangguan makan. Penelitian tambahan juga menunjukkan, orang-orang yang mengikuti pola makan ini cenderung dapat mempertahankan berat badan yang sehat. Meskipun, perlu dicatat penurunan berat badan bukanlah tujuan utamanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 5 Jenis Diet untuk Perempuan di Atas Usia 50 Tahun

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya