Diet Tetap Berhasil Meski dengan 'Cheating Day', Begini Cara Mudahnya Agar Berat Badan Tetap Turun

Rabu, 04 November 2020 | 10:49
Pixabay/sasint

Ilustrasi cheating day.

Diet Tetap Berhasil Meski dengan 'Cheating Day', Begini Cara Mudahnya Agar Berat Badan Tetap Turun

GridHITS.id - Siapa yang menyangka ternyata cheating day dalam diet bisa memberikan manfaat untuk kita.

Seperti diketahui, banyak dari kita tentunya yang menjalani diet untuk menurunkan berat badan.

Sehingga banyak yang mengatur dengan ketat pola makan dan pola hidup demi mendapatkan berat badan ideal.

Cheating day atau libur diet sehari adalah suatu hari di mana kita memberikan sedikit kebebasan kepada diri sendiri dengan “mengizinkan” mengonsumsi makanan kesukaan selama satu kali seminggu.

Baca Juga: Larutkan Baking Soda dan Lemon ke Dalam Air Putih Sebagai Teman Diet, Wanita Ini Kaget Dapati Berat Badannya Turun Usai 3 Hari

Baca Juga: Pasti Orang Lain Pangling! Coba Minum Teh Hijau di Waktu Ini Jika Ingin Diet Anda Sukses"Cheating Days" dipercaya bisa mempercepat metabolisme yang akan membuat program diet yang kita alami berjalan lebih efektif. Sayangnya, hal ini tidak bisa kita lakukan dengan sembarangan. Makanan yang dikonsumsi ketika "cheating day" biasanya bervariasi untuk setiap orang, tergantung dengan selera masing-masing. Namun, pada beberapa program diet tertentu "cheating days" tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Manfaat cheating dayLalu, apakah cheating day benar-benar efektif untuk membantu menurunkan berat badan? Bukan rahasia umum bahwa makan lebih sedikit kalori daripada yang kita bakar maka akan menyebabkan kita mengalami penurunan berat badan.

Dengan konsep tersebut, maka cheating days mungkin efektif jika kita dapat menjalankan diet yang terencana dengan baik dan mempertahankan asupan kalori yang dikurangi secara keseluruhan.Banyak ahli mengklaim "cheating day" sangat membantu mengatur perubahan dalam komposisi tubuh dan meningkatkan fungsi metabolisme karena fluktuasi hormon leptin.

Baca Juga: Tanpa Diet yang Menyiksa, Coba Buat Ramuan Nanas Direndam Air Panas dan Minum Saat Perut Kosong Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Baca Juga: 3 Jenis Minuman Ini Lebih Ampuh Bikin Perut Rata Ketimbang Diet Ekstrem, Pilih Mau yang Mana?Leptin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk menekan rasa lapar. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang mengalami penurunan berat badan yang signifikan, kadar leptin dapat menurun. Sementara itu, tingkat leptin yang rendah akan membuat kita makan berlebihan yang jsutru membuat berat badan semakin meningkat.

Dengan "cheating day", kita bisa menipu siklus hormon untuk menghasilkan lebih banyak leptin sementara waktu dan mencegah keinginan untuk makan berlebihan.Kesalahan besar

Namun, kesalahan terbesar bagi sebagian orang adalah mereka umumnya menjadikan hal tersebut sebagai hari “balas dendam” dengan mengonsumsi makanan tidak sehat dalam jumlah besar. Hal inilah yang justru membuat berat badan semakin bertambah. Lalu, bagaimana cara melakukan "cheating day" dengan benar? Melansir dari Kompas.com, berikut cara melakukan cheating day dengan benar:1. Mengonsumsi makanan sehat Tidak hanya ketika diet saja, mengonsumsi makanan sehat pada wajib untuk dilakukan setiap hari.

Baca Juga: Tanpa Diet Ketat, Inilah Menu Makan Nia Ramadhani yang Tetap Langsing Meski Sudah Punya 3 Anak

Baca Juga: Ogah Diet Sendirian, Nagita Slavina Buka Beasiswa Kurus dengan Program Diet Seperti ini 'Kalau Sampai Gak Turun Berat Badannya Ganti Duit Gue'Nah, agar cheating day tidak merusak diet kita, pastikan kita tetap memperhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein dan kaya serat. Cara ini dapat membantu kita mengontrol nafsu makan namun tetap menjaga kebugaran tubuh walaupun sedang melakukan diet.2. Makan secara perlahan Meskipun kita bebas memakan apapun saat cheating day, kita harus tetap ingat untuk memperhatikan cara makan kita. Makanlah makanan yang kita sukai secara perlahan dengan mengunyahnya secara perlahan-lahan sehingga kita bisa menikmati rasa pada makanan tersebut.

Makan secara perlahan juga membuat kita lebih cepat kenyang. 3. Perhatikan porsi

Selain memperhatikan cara makan, kita juga harus memperhatikan porsi makan selama melakukan cheating day. Konsumsilah makanan dalam jumlah yang sedikit, tidak dalam porsi besar dalam satu kali makan.

Baca Juga: Jangan Putus Asa Jika Berat Badan Tak Kunjung Turun, Coba Lakukan 7 Trik Ini dan Lihat Perubahannya

Baca Juga: Tanpa Diet, Ini Jurus Langsing dan Miliki Tubuh Ideal Ala Sabrina Chairunnisa, Kekasih Deddy Corbuzier

Makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar. Selain meminalisir perut begah, hal tersebut juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah. 4. Buat versi sehat dari makanan favorit Kita bisa mencoba membuat makanan favorit seperti pizza atau burger di rumah. Makanan yang dibuat sendiri selain lebih enak, juga lebih sehat.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cheating Day" Bikin Diet Makin Sukses, Lakukan dengan 4 Cara Ini

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya