Follow Us

Meski Terasa Lebih Segar, Ternyata Minum Air Putih Dingin Bisa Bikin Gemuk hingga Timbulkan Dampak Buruk Bagi Tubuh Jika Dikonsumsi Begini

Safira Dita - Minggu, 31 Januari 2021 | 15:00
Air Putih Dingin
Tribunnews.com

Air Putih Dingin

GridHITS.id - Ternyata minum air putih dingin bisa bikin gemuk hingga timbulkan dampak buruk bagi tubuh jika dilakukan begini.

Bagi sebagian orang, mengonsumsi air putih dingin merupakan hal yang wajib dilakukan sehari-hari.

Namun, banyak pula mitos yang beredar di luar sana terkait air dingin bisa bikin gemuk dan bahaya lainnya.

Baca Juga: 5 Tanda Kurang Minum Air Putih Ini Sering Disepelekan, Yuk Cari Tahu Biar Tak Bawa Penyakit Buat Diri Sendiri

Ahli gizi Pooja Makhija, pernah mengungkapkan melalui Instagram bahwa air putih memiliki 0 kalori.

Oleh karena itu, air putih dalam suhu berapapun tidak menyebabkan kenaikan berat badan dan bukannya membuat gemuk.

Ia kemudian menyertakan sebuah studi dari Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism yang menyebutkan bahwa minum air dingin malah bisa membantu menurunkan berat badan.

Tubuh peelu membakar sejumlah kalori untuk menghangatkan air ini dan menurunkannya hingga 36,6 derajat Celcius, yang merupakan suhu tubuh.

"Jadi, ini sebenarnya meningkatkan laju metabolisme, menghangatkan air untuk mencapai suhu tubuh," katanya, seperti dilansir NDTV.

Dikutip dari Healthline, minum air putih dingin bisa menjadi alternatif bagi kamu yang suka dengan minuman dingin berasa, misalnya es teh manis, es sirup, dan minuman dingin lainnya.

Bagi orang yang baru selesai berolahraga, air putih dingin bisa mencegah tubuh dari overheat atau suhu tubuh yang terlalu panas setelah berolahraga.

Terlepas dari suhunya, minum air putih bisa memberikan tubuh energi lebih untuk menjalani hari. Meski begitu, bukan berarti air putih tak secara langsung membuat berat badanmu turun.

Source : Kompas.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest