Follow Us

Virus Corona Varian Omicron Jadi Ancaman Baru bagi Indonesia, Simak Baik-baik Ini Sederet Upaya Pemerintah Dalam Melakukan Pencegahan

Ela Aprilia Putriningtyas - Senin, 29 November 2021 | 12:22
Virus corona varian baru
Pixabay.com

Virus corona varian baru

GridHITS.id - Wabah Covid-19 yang muncul sejak 2019 kemarin nyatanya belum sepenuhnya hilang.

Bahkan belum lama ini beredar kabar kemunculan virus Covid-19 varian baru Omicron.

Imbas kemunculan virus varian baru ini pun pemerintah Indonesia pun siap melakukan sederet pencegahan.

Seperti dimuat Kompas.com, Kamis (26/11/2021) Afrika Selatan mengumumkan munculnya varian baru virus tersebut di negara mereka dan Botswana.

Bahkan kemunculan virus baru ini sudah mendapatkan perhatian dari Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

WHO bahkan telah meningkatkan status varian baru virus corona B.1.1.529 atau varian Omicron tersebut menjadi variant of concern.

Virus Covid-19 ini rupanya juga memiliki pengaruh cepat dalam penularan.

Disebutkan virus Omicron mengandung 50 mutasi sehingga dapat mempercepat proses penularan untuk menghindari antibodi yang dibentuk oleh vaksin maupun yang dihasilkan secara natural oleh infeksi virus corona varian sebelumnya.

Hingga saat ini, Senin (29/11/2021) sudah ada 13 negara yang melaporkan kasus penyebaran Covid-19 varian baru di negara mereka.

Adapun beberapa nama negara yang telah melaporkan di antaranya adalah Jerman, Belgia, Inggris, Israel, Australia, dan Hongkong.

Baca Juga: Kasus Aktif Virus Corona di Indonesia Terus Menurun dengan Drastis, Status Pandemi di Tanah Air Baru Dicabut Bila Penuhi 4 Kriteria Berikut Ini, Sebentar Lagi?

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest