Follow Us

Teknik Masak Deep Frying Anti Gagal, Pasti Enggak Nyesel Mencoba!

Rachel Anastasia Agustina - Jumat, 06 Agustus 2021 | 17:00
Ilustrasi teknik masak deep frying
Pixabay/planet_fox

Ilustrasi teknik masak deep frying

GridHITS.id - Teknik masak deep frying tentunya sudah akrab sekali didengar.Ya, teknik menggoreng yang satu ini bisa dibilang banyak digemari.Tak jauh berbeda dengan menggoreng biasa, hanya saja deep frying lebih 'kompleks'.Sebab teknik yang satu ini bisa saja membuat makanan jadi lebih berminyak.Atau bahkan jika tidak diatur pada suhu yang benar bisa membuat makanan alot.Deep frying sendiri merupakan metode merendam makanan dengan minyak.Alias pada saat menggoreng, minyak yang digunakan harus merendam semua makanannya.Hasilnya pun diharapkan bisa menjadi renyah, lezat, dan memuaskan.Maka tak heran teknik masak yang satu ini banyak digunakan.Namun Anda tak perlu khawatir, sebab ada tips untuk melakukan deep frying anti gagal!

Baca Juga: Selama Ini Banyak yang Salah, Begini Cara Masak Pisang Goreng yang Benar Agar Tak Bikin Tenggorokan Sakit

Melansir dari TheSpruceEats, inilah teknik masak deep frying yang baik.1. Berhati-hatiSaat menggoreng, keamanan adalah hal yang paling penting.Anda harus memerhatikan penggorengan yang Anda gunakan berbahaya atau tidak.Anda harus memastikan makanan kering sebelum menaruhnya ke minyak.Karena air bisa menyebabkan minyak panas memercik dan bikin kotor.Selain itu masak dalam keadaan makanannya basah bisa membuat cepat alot.2. Gunakan peralatan yang tepatPenggorengan yang berat dan kokoh dianggap paling baik untuk metode ini.Sebab mereka bisa menahan panas dan bisa menurunkan suhu minyak tak terlalu rendah.

Sehingga semua yang dimasak pun akan memiliki rasa yang cukup memuaskan.

Baca Juga: Cara Masak Daging Teriyaki Khas Jepang yang Lezat dan Anti Gagal

3. Pilih minyak yang tepat

Minyak olahan seperti minyak kacang tanah, canola, dan safflower adalah pilihan terbaik.Sebab titik asapnya jauh di atas suhu tertinggi yang pernah digunakan untuk menggoreng.Minyak zaitun di sisi lain memiliki titik asap yang relatif rendah.Sehingga Anda tidak bisa menggunakannya untuk teknik menggoreng renyah.4. Siapkan makanan AndaKami menyebutkan bahaya air jika masuk ke minyak panas, maka dari itu pastikan makanan kering.Melapisi makanan Anda dengan adonan di sisi lain adalah cara yang baik untuk menjaga kerenyahannya.Bagian luar pada makanan yang digoreng akan renyah dan mencegah makanan itu mengering.Melapisi makanan dengan tepung roti juga merupakan teknik yang baik.Selain renyah dan mengunci kelembapan, adonan ini juga bisa menambahkan rasa.

Baca Juga: Anti Ribet! Inilah Cara Masak Kuah Bakso Sapi, Nikmatnya Bikin Ngiler

5. Jangan penuhi minyaknyaTerlalu banyak mengisi panci adalah kesalahan umum saat menggoreng.Menambahkan terlalu banyak item akan menurunkan suhu minyak.Sehingga kepadatan akan menyebabkan tingkat minyak naik dengan mudah.Ketika minyak naik maka akan terjadi luapan dan tumpahan.Untuk menghindari ini Anda perlu memasak dalam jumlah yang tak terlalu banyak.Masak pada jumlah yang tak banyak juga akan membuat makanan lebih renyah.Selain itu bisa juga memberikan rasa yang jauh lebih nikmat.

Pastikan Anda membuang minyak bekas masak agar tak digunakan lagi untuk menggoreng berikutnya.

Nah itu dia sedikit soal teknik masak deep frying.

Baca Juga: Gampang Banget Cara Masak Dendeng Sapi Balado Empuk dan Nikmat

Source : thespruceeats.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest