Follow Us

Sering Tak Disadari hingga Berujung Kematian Dalam Waktu Cepat, Begini Gejala Happy Hypoxia Pada Pasien Covid-19: 'Banyak Terjadi Saat Isolasi Mandiri'

Aulia Dian Permata - Jumat, 09 Juli 2021 | 19:30
gejala happy hypoxia yang sering tidak disadari
freepik

gejala happy hypoxia yang sering tidak disadari

GridHITS.id - Salah satu gejala yang ditimbulkan akibat Covid-19 adalah happy hypoxia yang berbahaya dan bisa menyebabkan kematian dalam waktu singkat.

Sayangnya, gejala ini juga paling jarang disadari oleh penderitanya dan cenderung baru sadar saat sudah semakin parah.

Padahal, jika happy hypoxia terlanjur parah, maka akan lebih sulit ditangani.

Happy hypoxia syndrome adalah kondisi saat kadar saturasi oksigen menurun tapi penderita tidak merasa sesak dan terlihat normal.

Biasanya, saat saturasi oksigen menurun, ada tanda kekurangan oksigen seperti sesak napas, terengeh-engah, sakit kepala, gelisah dan kulit kebiruan.

Namun, pada penderita happy hypoxia hal tersebut hampir tak terlihat.

Sudah terdapat banyak temuan kasus happy hypoxia akibat Covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu! Selain Mampu Tekan Angka Kematian Pasien Covid-19, Ternyata Begini Khasiat Asli Obat Actemra dan Kevzara

Salah satu pasien Covid-19 dengan happy hypoxia yang dirawat di RS di Jakarta, kadar saturasi oksigennya sudah menurun tapi kondisinya masih bisa berjalan ke kamar mandi, mampu menelepon, dan tidak terlihat sesak napas.Kadar saturasi oksigen normal yakni antara 95 sampai 100.

Saat kadar saturasi di bawah 94, itu sudah menjadi tanda darurat dan pasien harus segera mendapat pertolongan oksigen di rumah sakit.

Seringkali, pasien yang menjalani isolasi mandiri tidak menyadari jika kadar saturasi oksigen mereka menurun.

Source : Kompas.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular