Tak Banyak yang Tahu! Selain Mampu Tekan Angka Kematian Pasien Covid-19, Ternyata Begini Khasiat Asli Obat Actemra dan Kevzara

Jumat, 09 Juli 2021 | 15:45
https://pixabay.com/illustrations/syringe-pill-capsule-morphine-1884784/

Ilustrasi Obat-obatan

GridHITS.id -Dua obat-obatan saat ini menjadi rekomendasi WHO untuk menekan angka kematian pasien Covid-19, yaitu Actemra dan Kevzara.

Siapa sangka, kedua obat ini ternyata mampu memperbaiki kerusakan yang diakibatkan virus Covid-19 sekaligus mengurangi rasa sakit pada sendi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan penggunaan obat radang sendi Actemra dari Roche (ROG.S) dan Kevzara dari Sanofi (SASY.PA) untuk pasien Covid-19.

Hal ini direkomendasikan setelah adanya data dari sekitar 11.000 pasien menunjukkan bahwa kedua obat ini mampu menekanrisiko kematian.

Dilansir Reuters.com (6/7/2021), WHO mengevaluasi bahwa kedua obat inimerupakananti interleukin-6 yang mampu mengurangi risiko kematiansekaligus mengurangi peradangan pada sendi.

Menurut analisis WHO, risiko kematian dalam 28 hari untuk pasien yang mendapatkan salah satu obat radang sendiadalah sebanyak 21%.

Hal ini tentu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan risiko 25% yang dimilikioleh pasien Covid-19 jika mendapat perawatan standar.

Baca Juga: Masih Menyusui, Jennifer Bachdim Suntik Vaksin Covid-19, Ini Jenis Vaksin yang Dipilih oleh Istri Irfan Bachdim

Selain itu, risikopasien harus menggunakan ventilatorbahkan kematian dapat menurun menjadi 26% jika mendapatkan obat-obatan dan kortikosteroid, dibandingkan dengan 33% pada mereka yang mendapatkan perawatan standar.

WHO mengatakan bahwa berarti untuk setiap 100 pasien seperti itu, tujuh lagi akan bertahan hidup tanpa ventilator.

WHO juga berusaha untuk meningkatkan akses obat-obatan tersebut di negara-negara berpenghasilan terendah yang sekarang menghadapi lonjakan kasus dan varian virus Covid-19, ditambah dengan pasokan vaksin yang tidak memadai.

Namun perlu diingat bahwa kedua obat ini hanya menjadi pengurang resiko kematian bukan sebagai pembunuh virus Covid-19.

Jadi obat ini tidak bisa membunuh virus Covid-19, tapi diberikan untuk mengatasi kerusakan yang diakibatkan oleh virusnya.

Lantas apa khasiat sebenarnya obat Actemra tersebut?

Dilansir dari laman WebMD, pemberian obat Actemra diberikan secara intravena (injeksi/infus) atau subkutan kepada pasien.

Obat Actemra hanya tersedia di rumah sakit saja dan hanya bisa diresepkan oleh dokter untuk pasien dengan gejala berat dan kritis.

Baca Juga: Belum Banyak Orang Tahu, 12 Kondisi Ini Rupanya Tidak Diperbolehkan untuk Suntik Vaksin Covid-19

Melansir WebMD, obat Actemra sejatinya adalah obat yang diberikan untuk mengatasi radang sendi sedang-parah.

Selain mengobati radang, Actemra bisa diberikan untuk pengobatan rematik, orang dewasa dengan artritis rheumatoroid, Juvenile idiopathic arthritis (JIA) jenis systemic dan polyarticular pada anak usia 2 tahun keatas.

Serta bisa bekerja memperlambat laju penurunan fungsi paru pada orang dewasa dengan penyakit paru.

Secara sederhana, pemberian Actemra atau Kevzara bertujuan untuk membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat radang sendi.

Baca Juga: Catat, Ini Daftar Obat yang Bisa Didapatkan Gratis Selama Isolasi Mandiri karena Covid-19 Lewat Layanan Telemedicine

Artikel ini telah tayang di GridHealth.id dengan judul Khasiat Sebenarnya Obat Actemra, Obat yang Direkomendasikan WHO Untuk Pasien Covid-19

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : GridHealth.ID

Baca Lainnya