Follow Us

Bak Angin Surga di Tengah Melonjaknya Kasus Covid, WHO Beri Kabar Baik karena Berhasil Temukan Obat Baru yang Ampuh Basmi Corona, Pasien Kritis Pun Bisa Bertahan Tanpa Ventilator

Saeful Imam - Jumat, 09 Juli 2021 | 15:13
Ilustrasi obat corona baru yang efektif basmi virus
istimewa

Ilustrasi obat corona baru yang efektif basmi virus

GridHITS.id - Saat ini wabah corona semakin menggila, lihat saja kasusnya yang mencapai 38.391 orang per hari.

Kabar baiknya, di tengah lonjakan kasus corona yang semakin menjadi-jadi, WHO berikan kabar baik dengan ditemukannya dua obat yang bisa membasmi virus corona.

Dua obat itu berhasil diteliti pada beberapa pasien dan hasilnya sangat positif mencegah kematian dan mengurangi penggunaan ventilator.

Kedua obat itu adalah actemra dan kevzara.

WHO merekomendasikan penggunaan kedua obat itu untuk pasien corona.

Obat Actemra (yang berisi Tocilizumab, agen biologis) buatan Roche dan obat radang sendi Kevzara buatan Sanofi untuk pasien Covid-19.

Rekomendasi WHO ini diumumkan WHO pada Selasa (6/7/2021).

Baca Juga: Jarang Diketahui, Inilah 3 Manfaat Tersembunyi Vaksinasi Covid-19

Kortikosteroid adalah obat yang mengandung hormon steroid yang berguna untuk menambah hormon steroid dalam tubuh bila diperlukan, dan meredakan peradangan atau inflamasi, serta menekan kerja sistem kekebalan tubuh yang berlebihan.

Seperti dilansir dari Channel News Asia, Rabu (7/7/2021), WHO merekomendasikan kedua obat itu setelah melihat data 10.930 pasien Covid-19.

Data menunjukkan, pasien yang diberi obat kortikosteroid mampu mengurangi risiko kematian dan kebutuhan akan mesin ventilator.

"Kami telah memperbarui panduan perawatan klinis kami untuk mennginformasikan perkembangan terbaru ini," kata pejabat Darurat Kesehatan WHO Janet Diaz pada Selasa (6/7/2021).

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest