Follow Us

Tidak Cuma di Inggris, Peneliti Ungkap Mutasi Virus Corona Juga Sudah Terjadi di Indonesia

Nita Febriani - Rabu, 23 Desember 2020 | 17:11
Ilustrasi - Mutasi virus corona.
Kompas.com

Ilustrasi - Mutasi virus corona.

Tidak Cuma di Inggris, Peneliti Ungkap Mutasi Virus Corona Juga Sudah Terjadi di Indonesia

GridHITS.id - Bak habis terbang tinggi lalu dijatuhkan kembali. Saat ini dunia kembali dibuat ketar-ketir lantaran virus SARS-CoV-2 dikabarkan telah bermutasi.

Padahal, beberapa waktu lalu warga dunia sudah optimis akan hadirnya vaksin yang sudah mulai didistribusikan ke berbagai penjuru dunia.

Setelah hampir satu tahun aktivitas kita dibatasi karena virus Covid-19, nampaknya pandemi ini belum menampakkan ujungnya.

Baca Juga: Virus Corona Varian Baru Ditemukan di Inggris, Ini yang Harus Moms Lakukan untuk Mencegahnya Masuk ke Indonesia

Baca Juga: Bukan Cuma Demam dan Sesak Napas, Ternyata Terinfeksi Virus Corona juga Tunjukkan 4 Gejala Tak Biasa yang Masih Jarang Diketahui Orang

Otoritas Kesehatan Inggris justru mengumumkan munculnya strain atau varian baru virus corona diyakini dapat menyebar lebih cepat dari sebelumnya.

Virus corona baru ini juga dilaporkan memicu peningkatan kasus Covid-19 yang sangat tajam di Inggris.

Mengutip dari BBC, Pakar Keadaan Darurat Badan Kesehatan Dunia (WHO) Mike Ryan, mengatakan para ahli telah menemukan ribuan jenis mutasi virus corona penyebab Covid-19.

Bahkan, di Indonesia Tim Peneliti dari Universitas Gadjah Mada pun melaporkan telah menemukan empat mutasi virus Covid-19 di Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Pokja Genetik FK-KMK UGM dan tim seperti dikutip dari ugm.ac.id, mengidentifikasi munculnya empat isolat dari Yogyakarta dan Jawa Tengah yang ditengarai mengandung mutasi D614G.

Mutasi D614G pada virus SARS-CoV-2 ini diketahui mempunyai daya infeksius 10 kali lebih tinggi dan telah tersebar hampir di seluruh pelosok dunia.

Source : Nakita

Editor : Nita Febriani

Baca Lainnya

Latest