Follow Us

Penderita Diabetes Wajib Waspada Karena Rentan Menderita Covid-19, Penelitian Terbaru Ungkap Cara Mencegah Komplikasi Diabetes

Safira Dita - Rabu, 16 Desember 2020 | 15:00
Penderita Diabetes Wajib Waspada Karena Rentan Meninggal Karena Covid-19, Penelitian Terbaru Ungkap Cara Mencegah Komplikasi Diabetes
Pixabay/stanias

Penderita Diabetes Wajib Waspada Karena Rentan Meninggal Karena Covid-19, Penelitian Terbaru Ungkap Cara Mencegah Komplikasi Diabetes

GridHITS.id - Penelitian terbaru ungkap cara mencegah komplikasi diabetes dan kaitannya dengan Covid-19.

Seperti kita ketahui bersama jika hingga saat ini virus corona masih mewabah dan menjadi pandemi di seluruh penjuru dunia.

Namun, penelitian justru menyebut jika penderita diabetes harus waspada karena rentan menderita bahkan meninggal akibat Covid-19.

Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan diabetes lebih rentan terhadap COVID-19 yang parah dibandingkan orang lain.

Baca Juga: Penderita Diabetes Bisa Bernafas Lega, Konsumsi Serat Sayuran Ternyata Bisa Menurunkan Gula Darah

Baca Juga: Lupakan Pahitnya, Mulai Besok Coba Rutin Rebus Pare 10 Menit Lalu Minum Airnya dan Lihat Perubahan Luar Biasa Pada Tubuh

Mereka yang merupakan penderita diabetes disebutkan memiliki risiko sangat tinggi terhadap Covid-19.

Melansir Healthline, dalam sebuah penelitian terbaru, para peneliti dari King's College London di Inggris mengevaluasi pasien diabetes yang dirawat di rumah sakit karena COVID-19.

Mereka menemukan bahwa pasien yang memiliki komplikasi yang dikenal sebagai retinopati diabetik lebih mungkin terkena masalah pernapasan parah dari COVID-19.

Pasien dengan retinopati diabetik lima kali lebih mungkin dibandingkan pasien diabetes lainnya untuk diintubasi dan memakai ventilator untuk membantu mereka bernapas.

"Ini adalah pertama kalinya retinopati dikaitkan dengan COVID-19 parah pada penderita diabetes," kata penulis utama studi tersebut, Dr. Antonella Corcillo yang dilansir dari Healthline.

“Retinopati adalah penanda kerusakan pada pembuluh darah, dan hasil kami menunjukkan bahwa kerusakan pembuluh darah yang sudah ada sebelumnya dapat mengakibatkan infeksi COVID-19 yang lebih parah yang membutuhkan perawatan intensif,” tambahnya.

Source : Healthline

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular