Follow Us

Coba Mulai Hindari Sederetan Makanan Ini, Katakan Selamat Tinggal pada Asam Urat Kambuhan

Rachel Anastasia Agustina - Sabtu, 31 Oktober 2020 | 13:48
Ilustrasi makanan.
Pixabay/Free-Photos

Ilustrasi makanan.

Coba Mulai Hindari Sederetan Makanan Ini, Katakan Selamat Tinggal pada Asam Urat Kambuhan

GridHITS.id - Asam urat merupakan penyakit yang sudah tidak asing lagi dirasakan oleh kita orang Indonesia.

Biasanya penyakit yang satu ini dikaitkan dengan pola makan yang tidak sehat sehingga mudah sekali asam urat menyerang.

Penyakit yang satu itu juga disebut kambuhan sebab terkadang bisa memberikan rasa sakit pada tubuh.Asam urat adalah produk limbah yang dibuat oleh tubuh ketika memecah zat yang disebut purin.

Baca Juga: Kepala Nyut-nyutan Gegara Migrain akan Semakin Parah Kalau Anda Tetap Mengonsumsi 6 Makanan Ini, Apa Saja?

Baca Juga: Pemilik Golongan Darah O Boleh Bernafas Lega Karena Kebal Lawan Covid-19, Namun Harus Waspada Terhadap Cemilan Enak yang Sebaiknya Tak DikonsumsiZat purin ditemukan dalam banyak makanan. Serangan gout atau asam urat biasanya terjadi pada malam hari. Penderita tidak bisa secara efisien menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh mereka, layaknya orang dalam kondisi sehat. Sehingga, kamu wajib membatasi jumlah purin yang kamu makan.Dengan membatasi konsumsi makanan yang tinggi purin, kamu bisa mencegah serangan asam urat datang tiba-tiba, serta membuatmu jauh lebih sehat.

Apa saja jenis makanan yang wajib dihindari ketika menderita penyakit asam urat?Daging merah dan jeroan Semua daging jeroan seperti hati, ginjal, dan otak harus dihindari karena mengandung jumlah purin yang tinggi, di mana akan meningkatkan peradangan dan memicu serangan asam urat. Studi menunjukkan, bahwa makanan tinggi purin adalah penyebab utama serangan asam urat.

Baca Juga: Semua Orang Bisa Melakukannya, Punya Bokong Montok Ternyata Bisa dengan Cara Mudah Ini Tanpa Operasi

Baca Juga: Waspada! Kebiasaan Meniup Makanan Panas Sebelum Menyuapkan ke Anak Bisa Berakibat FatalDaftar ini juga meliputi daging, kalkun, daging sapi muda, daging rusa, ginjal sapi, dan banyak lagi.Beberapa jenis makanan laut Penderita asam urat wajib menghindari beberapa jenis makanan laut, seperti lobster dan udang. Selain itu, kamu juga tidak dianjurkan mengonsumsi ikan teri, sarden, makarel, kerang, dan ikan cod.

Semua jenis ikan tersebut mengandung purin tinggi dan berbahaya bagi penderita asam urat.Karbohidrat Roti putih, nasi putih, pasta, dan gula dapat memengaruhi kadar asam urat di dalam tubuh, sehingga memicu serangan asam urat. Di samping itu, kadar gula pada karbohidrat olahan tergolong tinggi, yang juga sering dikaitkan dengan obesitas.

Baca Juga: Tak Cukup dengan Perawatan Saja, Coba Konsumsi Makanan Ini untuk Kulit Tampak Awet Muda Alami dan Bebas Kerutan

Source : Kompas.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest