Follow Us

Ternyata Kebiasaan yang Kita Lakukan Ini Jadi Penyebab Nasi di Rumah Cepat Basi, Apa Saja?

Rachel Anastasia Agustina - Minggu, 27 September 2020 | 14:48
Penyebab nasi basi.
Freepik,xb100

Penyebab nasi basi.

Ternyata Kebiasaan yang Kita Lakukan Ini Jadi Penyebab Nasi di Rumah Cepat Basi, Apa Saja?

GridHITS.id - Siapa sangka ternyata beberapa kebiasaan ini sering kali jadi penyebab nasi cepat basi.

Seperti diketahui, nasi basi tentunya sudah tidak baik sekali untuk dikonsumsi karena sudah kehilangan segala nutrisinya.

Nyatanya, penyebab nasi cepat basi sendiri bisa juga datang dari kebiasaan yang sering kita lakukan ini.1. BasahTanpa kita sadari, nasi bisa jadi berada dalam keadaan basah, lo.

Baca Juga: Mati-matian Pakai Skincare Tapi Jerawat Tetap Membandel? Bisa Jadi Makanan Sejuta Umat Ini PemicunyaBaca Juga: Nasi Sudah Jadi Bubur, Setelah Batal Jadi Menantu Iis Dahlia, Lutfi Agizal Minta Maaf dan Ingin Diberi Kesempatan Kedua

Penyebab yang paling sering adalah tetesan embun dari uap nasi itu sendiri.Misalnya, nasi yang sudah matang dalam rice cooker dibiarkan begitu saja terus menerus.Akibatnya, nasi jadi basah karena uap panas yang terkunci di dalam rice cooker.Akhirnya, nasi pun jadi tidak tahan lama.Karena itu, ingat untuk selalu membuka rice cooker begitu nasi sudah matang.

Aduk-aduk dan biarkan uap nasi keluar dulu.Dengan begitu, nasi akan jadi lebih kering dan akhirnya lebih awet.Selain itu, ada kalanya kita memanaskan nasi putih dengan cara dikukus.Nah, kalau proses pemanasan sudah selesai, jangan lupa membuka tutup kukusan dulu, ya.Ingat, tutup kukusan mungkin saja dipenuhi air yang bisa menetes dan membasahi nasi.

Baca Juga: Jangan Panik Dulu Saat Duri Ikan Nyangkut di Tenggorokan, Cobalah Cara Sederhana Ini Dijamin Langsung Plong!

Baca Juga: Nasi Sudah Menjadi Bubur, Terlanjur Batal Nikah Jessica Iskandar Kini Baru Menangis dan Mengakui Semua Perselingkuhannya di Belakang Richard Kyle Selama Ini: Enggak Bisa Diperbaiki!Setelah dibuka, biarkan embunnya keluar dan keringkan dulu tutup kukusan dengan lap bersih, baru kemudian membiarkan nasi tertutup di dalamnya lagi.Soalnya, ada orang yang cenderung membiarkan nasi di dalam kukusan agar tidak mengering.2. Kurang tanakPerhatikan, deh, saat memasak nasi putih di rice cooker.

Setelah nasi matang, akan ada perpindahan tombol dari “cooking” menjadi “warm”.

Itu jadi tanda kalau nasi sudah matang dan siap di matang.Tapi, catat baik-baik, kita tidak boleh langsung memakan nasi begitu tombol berpindah, lo.Nasi memang sudah matang, tapi masih kurang tanak sehingga kondisinya masih sangat basah.

Source : Sajian Sedap

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest