Follow Us

Bak Bumi Sedang Murka, BMKG Mendadak Beri Peringatan Keras Soal Potensi Bencana Alam yang Bisa Terjadi Usai Ada Banjir di Gorontalo

Riska Yulyana Damayanti - Sabtu, 13 Juni 2020 | 19:20
Ilustrasi banjir
Kompas.com/Gregorius Magnus Finesso

Ilustrasi banjir

Bak Bumi Sedang Murka, BMKG Mendadak Beri Peringatan Keras Soal Potensi Bencana Alam yang Bisa Terjadi Usai Ada Banjir di Gorontalo

GridHITS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memberikan peringatan terkait cuaca ekstrem yang bisa sebabkan bencana alam.

Beberapa hari belakangan Indonesia sedang sering diterjang bencana alam, mulai dari banjir rob di Lebak, Pekalongan hingga berbagai gempa bumi.

Baru saja, bencana alam kembali terjadi di Indonesia bagian timur, loh.

Baca Juga: Sempat Banjir Bullyan dan Dituding Sebagai Penjiplak, Owner I am Geprek Bensu Benny Suromba Berhasil Menang dalam Persidangan

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Soal Hal Buruk yang Bisa Terjadi Usai Muncul Banjir Rob di Sejumlah Daerah Pesisir, Apa Itu?

Dikabarkan beberapa waktu lalu sejumlah wilayah sekitar Sungai Bone di Kabupaten Bone Bolango hingga Gorontalo direndam banjir bandang sejak Kamis (11/6/2020).

Pada pukul 21.00 WITA, dikabarkan ketinggian air sudah mencapai1,5 meter.

Bahkan di daerah yang lebih rendah, rumah-rumah warga sudah tenggelam menyisakan atapnya saja.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG), banjir terjadi di beberapa desa di Kecamatan Bone Kabupaten Bond Bolango tepatnya di Desa Molamahu, Taludaa, Masiaga dan Moodoliyo.

Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Agie Wandala, mengatakan bahwa terdapat berbagai kondisi atmosfer yang menyebabkan hujan lebat dan berakibat banjir bandang di Gorontalo dan sekitarnya ini.

1. Fenomena Shearline

Source : kompas

Editor : Riska Yulyana Damayanti

Baca Lainnya

Latest