Follow Us

Hingga Nanti Malam, BMKG Peringatkan Soal Potensi Hal Buruk yang Bisa Terjadi di Lautan, Hati-hati Pesisir Selatan Jawa!

Riska Yulyana Damayanti - Sabtu, 06 Juni 2020 | 10:00
Ilustrasi gelombang tinggi
Pixabay/ Comfreak

Ilustrasi gelombang tinggi

Hingga Nanti Malam, BMKG Peringatkan Soal Potensi Hal Buruk yang Bisa Terjadi di Lautan, Hati-hati Pesisir Selatan Jawa!

GridHITS.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), lagi-lagi memberikan peringatan hal buruk yang harus diwaspadai oleh warga Indonesia.

Sebelumnya, BMKG sering mengungkapkan prediksinya melalui media sosial soal cuaca di Indonesia hingga potensi adanya gelombang tinggi.

Kali ini BMKG memberikan peringatan soal hal buruk, yakni potensi gelombang tinggi yang terjadi hingga nanti malam.

Baca Juga: Peringatan Keras BMKG Soal Potensi Banjir Rob yang Bisa Hantam Sejumlah Pesisir di Indonesia, Mana Saja?

Baca Juga: Bak Benarkan Terawangan Mbak You, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Buruk yang Bisa Terjadi di Sejumlah Wilayah, Hati-hati Jabodetabek!

Masyarakat di pesisir ataupun yang akan beraktivitas di laut perlu waspada akan potensi gelombang tinggi di sejumlah wilayah perairan Indonesia.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) potensi gelombang tinggi ini berpeluang terjadi hingga nanti malam, pukul 19.00 WIB, Jumat (5/6/2020).

Prakirawan BMKG Fadhly Ilhami SKel mengungkapkan ada berbagai faktor atau kondisi atmosfer yang menambah potensi gelombang tinggi ini terjadi.

Pertama, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Timur Laut ke Tenggara ada dengan kecepatan 5-20 knot.

Sedangkan, di wilayah selatan Indonesia dari Timur hingga Tenggara berkecepatan 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan selatan Pulau Jawa, Laut Jawa, Perairan selatan Kalimantan, dan Laut Arafuru.

Source : kompas

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest