Tagihan Listrik Membengkak dan ID PLN Dilokir? Segera Bikin Aduan Tanpa Harus ke Kantor PLN Dengan Cara ini
GridHITS.id - Akhir-akhir ini publik dikagetkan dengan beberapa permasalahan terkait PLN.
Salah satunya adalah tagihan listrik yang naiknya berlipat-lipat dari biasanya, bahkan bisa 2-6 kali lipat.
Tak hanya itu, beberapa masyarakat juga mengeluhkan ID PLN mereka yang diblokir.
Hal ini dianggap mengecewakan karena ekonomi masyarakat sedang lesu akibat pandemi virus corona.
Protes juga dilayangkan oleh artis cantik, Nagita Slavina yang merasa tagihan listriknya tidak sesuai pelayanan yang diberikan.
Melansirtayangan 'Janji Suci', Nagita Slavina mengeluhkan listrikdi rumahnya yang sering jepret.
Padahal diakuinya, ia telah membayar tagihan listrik senilai belasan juta rupiah.
"Di rumah mama aja yang rumahnya gede nggak sampai segini (jepret terus),"jelas Nagita Slavina kepada petugas PLN yang didatangkan ke rumah.
Rupanya, permasalahan serupa juga dialami oleh banyak masyarakat yang akhirnya membuat PLN angkat bicara.
Lewat akun Instagram resminya @pln_id dengan tanda telah diverifikasi, PLNmengatakan akan menanggapi keluhan masyarakat dengan melakukan skema penghitungan tagihan.
Dalam kolom keterangan, PLN mengaku sedang berusaha mencari jalan keluar untuk mengatasi lonjakan tagihan selama pandemi virus corona.
PROSES PENGADUAN PLN
Berikut sejumlah layanan yang bisa diakses pelanggan untuk menyampaikan beragam keluhan yang dialami.
1. PLN 123
Pelayanan PLN 123 dapat diakses dari berbagai metode, mulai dari telfon, sms, dan media sosial.
Penyampaian keluhan melalui telfon sangat mudah, anda harus melakukan hal dibawah ini.Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :
Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrikTekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelangganTekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.
Melalui Email : pin123@pln.co.idPelanggan dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Melalui SMS (Pesan Singkat)Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.
Melalui Facebook lewat akun : PLN123Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Melalui Twitter akun : @pln_123Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.
Baca Juga:Kabar Gembira! Sri Mulyani : THR untuk PNS Akan Tetap Cair Tepat Waktu Tapi...
2. PLN Mobile
Aplikasi PLN Mobile telah diluncurkan sejak tahun 2016 silam.
Untuk layanan keluhan, pelanggan harus mendaftarkan diri disertai dengan id pelanggan PLN yang digunakan
Jika telah terdaftar, anda hanya perlu memilih pilihan "pengaduhan" lalu tekan "layanan pengaduhan"
setelah itu, anda bisa menjelaskan permasalahan yang anda alami ketika menggunakan layanan PLN
3. Virtual Assistant 123
Caranya cukup mudah, yakni:
1. Buka www.pln.co.id
2. pilih menu Web Korporasi PLN di bagian kiri.
3. Lalu pilih Virtual Assistant PLN 123.
Melalui menu ini, kamu bisa berkonsultasi dengan PLN dan pastinya cepat dijawab.(*)