Tagihan Listrik Membengkak atau ID PLN Dilokir? Segera Bikin Aduan Tanpa Harus ke Kantor PLN Dengan Cara ini

Minggu, 07 Juni 2020 | 10:37
Humas PLN untuk BPOST Group

Petugas PLN saat melakukan pencatatan meter pelanggan. Banyak warga yang gagal menerima bantuan subsidi listrik.

Tagihan Listrik Membengkak dan ID PLN Dilokir? Segera Bikin Aduan Tanpa Harus ke Kantor PLN Dengan Cara ini

GridHITS.id - Akhir-akhir ini publik dikagetkan dengan beberapa permasalahan terkait PLN.

Salah satunya adalah tagihan listrik yang naiknya berlipat-lipat dari biasanya, bahkan bisa 2-6 kali lipat.

Tak hanya itu, beberapa masyarakat juga mengeluhkan ID PLN mereka yang diblokir.

Hal ini dianggap mengecewakan karena ekonomi masyarakat sedang lesu akibat pandemi virus corona.

Protes juga dilayangkan oleh artis cantik, Nagita Slavina yang merasa tagihan listriknya tidak sesuai pelayanan yang diberikan.

Baca Juga: Tagihan Listrik Membengkak atau ID PLN Dilokir? Segera Bikin Aduan Tanpa Harus ke Kantor PLN Dengan Cara ini

Baca Juga: Benar-benar Sultan, Nagita Slavina Protes Langsung ke Petugas PLN Gegara Pusing Listrik di Rumahnya Sering Jepret Tapi Tagihan Selangit: Sejuta Bisa Dua Hari

Melansirtayangan 'Janji Suci', Nagita Slavina mengeluhkan listrikdi rumahnya yang sering jepret.

Padahal diakuinya, ia telah membayar tagihan listrik senilai belasan juta rupiah.

"Di rumah mama aja yang rumahnya gede nggak sampai segini (jepret terus),"jelas Nagita Slavina kepada petugas PLN yang didatangkan ke rumah.

Rupanya, permasalahan serupa juga dialami oleh banyak masyarakat yang akhirnya membuat PLN angkat bicara.

Lewat akun Instagram resminya @pln_id dengan tanda telah diverifikasi, PLNmengatakan akan menanggapi keluhan masyarakat dengan melakukan skema penghitungan tagihan.

Instagram/pln_id

Unggahan PLN

Dalam kolom keterangan, PLN mengaku sedang berusaha mencari jalan keluar untuk mengatasi lonjakan tagihan selama pandemi virus corona.

Baca Juga: Jawab Keluhan Publik Tentang Naiknya Tarif Listrik yang Dianggap Tak Wajar, PLN Justru Kembali Jadi Bulan-bulanan Warganet

Baca Juga: Tagihan Listrik Membengkak 2-4 Kali Lipat Warga Geram dan Geruduk Kantor PLN, Ternyata ini Penyebabnya!

PROSES PENGADUAN PLN

Berikut sejumlah layanan yang bisa diakses pelanggan untuk menyampaikan beragam keluhan yang dialami.

1. PLN 123

Pelayanan PLN 123 dapat diakses dari berbagai metode, mulai dari telfon, sms, dan media sosial.

Penyampaian keluhan melalui telfon sangat mudah, anda harus melakukan hal dibawah ini.Telepon PSTN : tekan 123 (tarif lokal)Ponsel : tekan kode area, misalnya 021 kemudian tekan 123 (tarif provider)Ada tiga layanan informasi yang tersedia setelah anda menekan 123 :

Tekan 1 : Layanan informasi tagihan listrikTekan 2 : Layanan pengaduan gangguan dan keluhan pelangganTekan 3 : Layanan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan layanan lainnya.

Melalui Email : pin123@pln.co.idPelanggan dapat mengakses layanan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui SMS (Pesan Singkat)Ketik : INFO , kirimke 0838 8888 123Melalui sms, pelanggan bisa mendapatkan layanan transaksi, gangguan dan keluhan.

Melalui Facebook lewat akun : PLN123Melalui facebook, pelanggan bisa melakukan pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Melalui Twitter akun : @pln_123Melalui twitter, pelanggan bisa mengakses informasi mengenai pengajuan penyambungan baru, perubahan daya, penyambungan sementara, informasi pelanggan, keluhan dan pengaduan pelanggan.

Baca Juga:Kabar Gembira! Sri Mulyani : THR untuk PNS Akan Tetap Cair Tepat Waktu Tapi...

Baca Juga:Apes Banget! Begini Nasib 130 Karyawan Nikita Mirzani yang Dikabarkan Bakal Terdampak THR yang Dipotong Nyai, Kenapa?

2. PLN Mobile

Aplikasi PLN Mobile telah diluncurkan sejak tahun 2016 silam.

Untuk layanan keluhan, pelanggan harus mendaftarkan diri disertai dengan id pelanggan PLN yang digunakan

Jika telah terdaftar, anda hanya perlu memilih pilihan "pengaduhan" lalu tekan "layanan pengaduhan"

setelah itu, anda bisa menjelaskan permasalahan yang anda alami ketika menggunakan layanan PLN

3. Virtual Assistant 123

Caranya cukup mudah, yakni:

1. Buka www.pln.co.id

2. pilih menu Web Korporasi PLN di bagian kiri.

3. Lalu pilih Virtual Assistant PLN 123.

Melalui menu ini, kamu bisa berkonsultasi dengan PLN dan pastinya cepat dijawab.(*)

Editor : Saeful Imam

Sumber : pln.co.id

Baca Lainnya