Apakah Aman Menggunakan Toilet Umum di Tengah Pandemi Covid-19? Begini Penjelasannya

Kamis, 03 September 2020 | 17:15
Freepik/4045

Ilustrasi toilet umum.

Apakah Aman Menggunakan Toilet Umum di Tengah Pandemi Covid-19? Begini Penjelasannya

GridHITS.id - Menjalani new normal atau normal baru tentunya menjadi keharusan untuk semua individu di tengah pandemi Covid-19 ini.

Meski pun sudah boleh beraktivitas di luar rumah, namun kita tetap disarankan untuk mengikuti protokol kesehatan yang berlaku.

Saat berada di luar rumah pun tentunya ada beberapa hal yang kita khawatirkan, salah satunya adalah kebersihan dari toilet umum.

Baca Juga: Angka Kasus Covid-19 di Tanah Air Kian Bertambah, Kemenkes Minta Masyarakat Tenang: Kita Tidak Perlu Takut Positif

Baca Juga: Peneliti Ungkap Perbandingan Kekebalan Tubuh Antara Pria dan Wanita Terhadap Covid-19, Cari Tahu Agar Bisa Jaga Kesehatan Lebih Baik Lagi

Maka dari itu tak heran jika muncul pertanyaan apakah aman menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona ini?

Belum lagi memikirkan betapa kotornya lantai, toilet, hingga ke pegangan pintunya yang sudah dipegang oleh banyak orang.

Melansir dari World of Buzz, inilah yang perlu kita ketahui soal menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid-19 ini.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Health Publishing, satu hal yang dapat memengaruhi peluang kita tertular virus dari orang lain di toilet, adalah waktu. 15 menit tepatnya.

Jika kita terlalu dekat dengan orang yang terinfeksi virus corona selama kurang lebih 15 menit, risiko penularannya bisa saja rendah.

Lebih dari 15 menit risikonya akan sangat meningkat, terutama untuk orang terinfeksi yang mengeluarkan gejala seperti batuk.

Flush atau pembilas pada toilet dianggap musuh utama, sebab baik kuman dan bakteri dapat menyebar melalui tetesan air kecil di udara.

Baca Juga: Kemunculan Vaksin Virus Corona Buat Masyarakat Bernafas Lega, Juru Bicara Sebut Vaksin Covid-19 Bukan Untuk Imunisasi: Ini Beda

Baca Juga: Beda Jauh dari Rencana Pemerintah, Peneliti Sarankan Masyarakat Jangan Terlalu Berharap pada Vaksin Covid-19

Maka dari itu konsentrasi aerosol tertinggi juga dapat ditemukan di kamar mandi ketika seseorang sedang membilas toilet menggunakan flush.

Ribuan tetesan itu akan berkembang biak di udara ruang toilet tersebut dan dengan mudahnya kita hirup.

Maka dari itu menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid-19 ini masih dikategorikan belum terlalu aman, namun ada cara untuk kita meminimalisir penularan melalui toilet.

Selama berada di dalam toilet kita harus tetap memakai masker agar kita tidak menghirup kuman atau pun bakteri di udara.

Selain itu masker juga bisa menjadi pelindung dari tangan kita yang tidak sengaja menyentuhkan, padahal kita tahu tangan kita sangat kotor.

Ketika mau menyiran kloset menggunakan flush, pastikan kita menutup klosetnya terlebih dahulu, hal itu meminimalisir jenis kuman apa pun naik ke udara.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Sudah Disuntikkan ke Tubuh Relawan, Ahli Justru Ungkap Fakta kalau Virus Corona di Indonesia Bermutasi Lebih Ganas, Begini Faktanya

Baca Juga: Disuntik Vaksin Covid-19 Sebagai Percobaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, 'Tubuh Saya Mengandung Virus Covid-19'

Sehingga menyiram dalam keadaan tertutup akan membuat kita tidak menghirup segala kuman yang ada disitu.

Selain itu, sebelum menggunakan kloset, pastikan membersihkan dudukannya terlebih dahulu ya, dengan tisu basah misalnya.

Jadi kita bisa merasa lebih aman ketika menduduki kloset yang sebelumnya juga dipakai oleh orang lain juga.

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : World of Buzz

Baca Lainnya