Disuntik Vaksin Covid-19 Sebagai Percobaan, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, 'Tubuh Saya Mengandung Virus Covid-19'

Sabtu, 29 Agustus 2020 | 09:54
instagram.com/ridwankamil/

Ridwan Kamil resmi jadi relawan penyuntikan vaksin Covid-19

GridHITS.id -Setelah menyanggupi menjadi relawan penyuntikan vaksin Covid-19, akhirnya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah resmi menjalani penyuntikan vaksin.

Jumat (28/8/2020), Ridwan Kamil dan beberapa relawan lain selesai menjalani penyuntikan vaksin Covid-19.

Ia pun mengunggah pengalamannya di laman Instagram-nya.

"Tubuh saya sekarang secara resmi mengandung virus Covid-19 yang sudah dilemahkan atau dimatikan. Selama 5 menit pegal, cenat-cenut dan mati rasa agak terasa di sepanjang tangan kiri. Namun setelahnya alhamdulillah normal, hanya jadi rada mengantuk dan lapar yang tidak biasanya," tulis Kang Emil dalam akun Instagram-nya @ridwankamil, pada Jumat (28/8) lalu.

Baca Juga: Bukan Soal Wabah Virus Corona, Kali Ini Ridwan Kamil Gembira Umumkan Kabar Dirinya dan Sang Istri Resmi Mengadopsi Bayi Laki-laki: Belajar Lagi Menjadi Seorang Ayah

Kang Emil meminta doa dari masyarakat agar antibodinya segera muncul sehingga mampu melawan vaksin yang telah dilemahkan tersebut dengan maksimal.

"Doakan semoga pasukan antibodi akan muncul setelah vaksinasi ini, sehingga jika virus aktif benerannya suatu hari hadir , maka tubuh ini bisa melawannya dengan maksimal," lanjutnya.

Tak lupa, Kang Emil juga menjelaskan bila tubuhnya akan terus dipantau dan juga diteliti oleh tim peneliti guna mengetahui sejauh mana vaksin bekerja.

"Setiap hari kondisi tubuh akan dilaporkan melalui kertas rapor kepada tim peneliti. Semoga tidak ada efek samping atau hal-hal yang kurang baik. Saya harus melakukan 3 kunjungan lagi dan satu kali penyuntikan vaksin lagi.

"Mari doakan semoga proses ini dilancarkan, agar pandemi ini bisa berakhir dengan baik dan tuntas. Dan masyarakat bisa tenang. Aamiin," jelasnya.

Tak hanya menceritakan proses dan juga tindak lanjut, Kang Emil juga menceritakan efek samping setelah dilakukannya suntik vaksin Covid-19 pada tubuhnya.

Menurutnya, ia justru menjadi banyak makan.

"Bu@ataliaprtanya, apa punya dampak pada nafsu makan atau rasa kepengen sesuatu? Saya jawab: “gara2 vaksin ini tiba-tiba saya kepengen makan banyak dan kepengen beli motor bober” :)"

instagram.com/ridwankamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil setelah jalani suntik vaksin Covid-19

Baca Juga: Polisi Sampai Turun Tangan, Ridwan Kamil Meradang dengan Aksi Nekat Rhoma Irama Manggung Saat Pandemi Covid-19

Sebelum resmi jadi relawan suntik vaksin Covid-19, Kang Emil memang dikabarkan bersedia menjadi relawan yang akan disuntik di Puskesmas Garuda, Bandung.

Mengutip dariTribun Jabar, Kang Emil bersamaPangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kepala Kejati Jabar Ade Eddy Adhyaksa, dan Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, menjalani penyuntikan sebagai relawan uji klinisvaksin Covid-19diPuskesmas Garuda, Kota Bandung, Jumat(28/8).

Setidaknya kurang lebih dua jam, Kang Emil menjalani serangkaian pemeriksaan hingga akhirnya mendapat suntikan vaksin.

Selama dua jam, dari pukul 13.00 sampai 15.00,mulai dari pemeriksaan, pengetesan, penyuntikan, dan evaluasi reaksi penyuntikan.

Para relawandisuntik di lengan kiri, kecuali Kapolda Jabar yang disuntik di lengan sebelah kanan.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Emil ini mengatakan mereka berempat menjalani banyak prosedur, dimulai dengan pemeriksaan tekanan darah dan kondisi tubuh, rapid test, penyuntikan, kemudian menunggu reaksi penyuntikan selama 30 menit.

Sebelumnya, keempatnya juga telah dinyatakan reaktif dari hasil rapid test dan akhirnya menjalani prosedur penyuntikan.

"Setelah disuntik, testimoni pribadi saya, agak pegal-pegal ya, agak nyut-nyutan selama lima menit. Tapi kalau beliau-beliau (Pangdam Kapolda dan Kajati) mungkin lebih kuat, ternyata tidak ada hal yang sama, tetapi yang saya berlangsung kurang lebih hanya lima menit. Setelah itu semua terlihat normal yang walaupun ada sedikit baal (kebas) sebelah kiri," ujar Kang Emil mengutip dariTribun Jabar.

Dikabarkan, vaksin yang sudah berhsil disuntikkan di tubuh Kang Emil berasal dariSinovac Biotech Tiongkok dan telah melalui pengujian vase pertama dan kedua di negara asalnya.

Baca Juga: Jadi Relawan, Pengemudi Ojek Online Berani Bersaksi Rasakan Hal Tak Terduga Ini Usai Disuntik Vaksin Covid-19

Penyuntikan vaksin diawasi dan akan diteliti oleh tim penguji vaksin dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjajaran.

Setelah mengunggah foto karena resmi menjadi relawan, Kang Emil langsung banjir doa.

Seperti komentar @langit.alaskaaa:apa yang meyakinkan Kang Emil untuk dijadikan percobaan siii.

Komentar dari pedangdut @kristinadangdut:Hahahaaaa si akang@ridwankamilmah bodorrr ih jawabannya di tanya teh cinta@ataliapr...bismillah sehat selalu buat akang n teteh serta wargi bandung semua.

Komentar dari @ebithbeata:Bismillaah... lancar aman dan berhasil sehat walafiat... Insyaa Allah...

Komentar dari @nolaaini:Sehat sehat terus, Pak. Semoga membuahkan hasil yang baik.

Dan masih banyak lagi doa mengalir untuk Sang Gubernur Jabar ini.

Baca Juga: Parno Jawa Barat Kembali Darurat Virus Corona, Ridwan Kamil Buru-buru Lakukan Hal Ini pada Warga yang Mau Wisata ke Puncak Bogor: ‘Mohon Maaf Kami Akan Lakukan...’

Editor : Cynthia Paramitha Trisnanda

Sumber : Instagram, Tribun Jabar

Baca Lainnya