Dikhianati Anggotanya Sendiri, Ketua KSAD OPM Hengky Wamang Tewas Ditembak TNI-Polri! Puluhan Anggotanya Lari Tunggang Langgang Tinggalkan Jasadnya

Rabu, 19 Agustus 2020 | 14:37
tribunnews

Hengky Wamang tewas ditembak TNI-POLRI

Dikhianati Anggotanya Sendiri, Ketua KSAD OPM Hengky Wamang Tewas Ditembak TNI-Polri! Puluhan Anggotanya Lari Tunggang Langgang Tinggal Jasadnya

GridHITS.id - Salah satu pucuk pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Hengky Wamang meninggal dunia ditembak peluru anggota TNI-Polri di Mimika.

Hengky Wamang sendiri menjabat Kepala Staf Kesatuan Angkatan Darat (KSAD) OPM KKB Mimika.

Berikut fakta-faktanya yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Hengky Wamang Tewas Pada 16 Agustus 2020

Personel gabungan TNI-Polri berhasil melumpuhkan salah satu pimpinan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

Baca Juga: KKB Makin Beringas dan Sadis! Usai 2 Tenaga Medis Covid-19 Meregang Nyawa, Warga Asli Papua Tewas dan Dimutilasi KKB

Baca Juga:Penembak Jitu Andalan KKB Peneror Masyarakat Tewas di Tangan TNI-Polri, Satu Senapan Laras Panjang Turut Diamankan

Tewasnya pimpinan KKB tersebut setelah adanya operasi senyap yang dilakukan TNI-Polri demi menumpas KKB yang merongrong kedaulatan NKRI di Papua.

Dilansir dari The TPNPB News, juru bicara KKB di Papua yaitu dari TPNPB-OPM mengabarkan Kepala Staf Kali Copi Timika Hengky Wamang tertembak dalam operasi TNI-Polri.

Hengky tewas pada 16 Agustus 2020.

2. Hengky Wamang Tewas Ditembak TNI-POLRI karena Dikhianati Anggotanya Sendiri

Dalam konferensi persnya dikutip Kompas TV,Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw yang menggelar konferensi pers dengan pewarta di Kota Timika, mengungkapkan bahwa penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Tembagapura sudah dimulai sejak 13 Agustus 2020 dengan melakukan penyelidikan ke markas Kali Kopi.

“Tim gabungan kemudian melakukan penyisiran di sekitar Kali Kopi dan menemukan lokasi persembunyian Hengky Wanmang hingga akhirnya yang bersangkutan tewas tertembak,” ujar Paulus.

Sementara ituKapolres Mimika, AKBP I Gustu Gde Era Adhinata mengatakan, penyerangan terhadap Hengky berkat informasi salah satu anggota KKB yang menyebutkan tentang kondisi di Kali Kopi.

Baca Juga:Penembak Jitu Andalan KKB Peneror Masyarakat Tewas di Tangan TNI-Polri, Satu Senapan Laras Panjang Turut Diamankan

Baca Juga:Di Saat KKB Makin Mengganas, POLRI Malah Berkonflik dengan TNI dan Tewaskan 3 Anggotanya, Kapolda dan Pangdam Papua Langsung Turun Tangan

Artinya, ada anggota KKB yang berkhianat dan memberi informasi.

Berdasarkan informasi itu, tim TNI-Polri pun melakukan penyergapan atau ambush, hingga berhasil membunuhHengky Wanmang.

3. Puluhan Anggota KKB Lari Kocar-kacir

Berdasarkan laporan kompas TV, Saat terjadi penggerebakan, puluhan anggota KKB lari tunggang langgang menyelamatkan diri masing-masing, meninggalkan komandannya meregang nyawa dengan luka di perut dan tangannya dengan posisi tangan masih memegang senjata.

Meski begitu, ada satu orang yang berhasil ditangkap hidup-hidup dan diduga dia adalah ajudan Hengky Wamang.

4. Kelompok Hengky Wamang Dapat Pasokan Makanan

Dikutip dari Tribun Jogja, sebelumnya enam warga Timika yang menjadi pemasok bahan makanan dan amunisi untuk KKB kelompok Hengky Wamang berhasil diringkus oleh aparat gabungan TNI Polri di perempatan Polsek Kuala Kencana, Mimika, Papua pada Selasa (7/4/2020) yang lalu.

Enak orang tersebut adalah warga kota Timika berinisial YW, RM, EN, NM, EM, dan IM.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, keenam warga itu diamankan saat aparat gabungan melakukan razia di perempatan Jalan Kuala Kencana-Mayon atau perempatan Polsek Kuala Kencana.

Razia dengan sasaran senjata tajam, dan barang berbahaya lainnya itu dalam rangka menciptakan situasi keamanan di Kabupaten Mimika tetap kondusif.

Baca Juga:Pagar Makan Tanaman! Rekan Satu Kantornya Meregang Nyawa karena Ditembak KKB, Satpam PT Freeport ini Malah Jadikan Rumahnya Markas Pemberontak Bersenjata

Baca Juga:Air Wudu di Wajah Masih Menetes Saat Subuh, Tiba-tiba Peluru KKB Mengenai Kepala dan Tewaskan Prajurit TNI yang Punya 3 Anak Kecil ini

Namun, saat razia berlangsung, polisi mencurigai sebuah kendaraan yang berpenumpang enam orang dengan mengangkut bahan makanan tujuaan Distrik Iwaka.

“Dari hasil interogasi awal di Polsek Kuala Kencana dicurigai bahan makanan yang dibawa tersebut akan disalurkan kepada KKB Papua.

Oleh karena itu, keenam orang tersebut dibawa ke Polres untuk dimintai keterangan," kata Era, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/4/2020).

Berdasarkan hasil interogasi polisi, diketahui mereka berenam akan mengantarkan sembako itu ke KKB Papua kelompok Hengky Wamang.

Hengky Wamang telah meminta saudara perempuannya untuk membeli sembako di pasar lama Jalan Bhayangkara Timika.

Sembako tersebut kemudian nantinya diantar ke sebuah jembatan tempat galian C, dan akan diambil pasukan utusan Hengky Wamang.

Menurut Era, dari keterangan salah satu yang diamankan bahwa apa yang dilakukan ini bukan kali pertama.

5. Dapat Pasokan Amunisi, Hengky Wamang Tetap Eksis

Tak hanya bama, namun amunisi juga pernah diantar ke kelompok Hengky Wamang, pada tahun 2016-2017.

Era pun memastikan akan mengusut tuntas sumber amunisi tersebut.

"Dari salah satu yang diamankan mengakui bahwa dirinya telah beberapa kali mengirim bama dan amunisi untuk Hengky Wamang.

Baca Juga:Gulung Tikar McDonalds Sarinah Bikin Geger, Menteri BUMN Erick Thohir Masih Berikan Kesempatan Kedua Jika McDonalds Sarinah Lakukan Hal Ini, 'Kalau Mereka Mau...'

Baca Juga:Contek Rahasia Sophia Latjuba Tetap Cantik dan Awet Muda Meski Usianya Hampir Kepala 5, 'Penuaan Berarti Beruntung'

Amunisi kurang lebih 35 butir dari tahun 2016 sampai dengan 2017," ujar Era.

Era menambahkan, dari hasil penyelidikan, pihaknya juga sudah mengantongi sejumlah nama yang mendukung kegiatan KKB di wilayah Mimika.

"Kami sudah mengantongi beberapa nama yang dicurigai melakukan kegiatan mendukung KBB Kali Kopi dan Tembagapura, dengan menyuplai bama, uang dan amunisi.

Kami akan melakukan tindakan tegas terhadap oknum-oknum tersebut jika masih mendukung KKB," kata Era.

6. Pelaku Jual Beli Senjata KKB Papua untuk Hengky Wamang Diringkus Satgas

Sebelumnya, 3 pelaku jual beli senjata untuk kelompok kriminal bersenjata atau KKB Papua berhasil diringkus oleh Satgas.

Ketiga pelaku adalah JI (26) warga Manado yang berperan sebagai perantara senjata dari Filipina-Manado-Manokwari, FR (34) warga Manado sebagai penjual senjata, dan RIB (22) sebagai pembeli.

Baca Juga: Hati-hati Pesisir di Sumatra hingga Papua! BMKG Beri Peringatan Dini Terkait Potensi Adanya Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Ini

Baca Juga: Bak Senjata Makan Tuan, Niatnya Mencuri Ponsel di Rumah Sakit Seorang Pemuda Justru Salah Masuk Ruang Isolasi Pasien Positif Covid-19

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Raden Prabowo Argo Yuwono melalui siaran pers Satgas Humas Operasi Nemangkawi, Rabu (25/3/2020).

Argo menjelaskan kronologi penangkapan diawali dari JI pada hari Jumat (20/3) sekitar pukul 04.50 WIT usai turun dari Kapal Labobar di Pelabuhan Manokwari, Papua.

"Setelah pembuntutan dan penyelidikan, akhirnya Satgas Gakkum Operasi Nemangkawi menangkap dan mengamankan pelaku saat turun dari Kapal Lababor" katanya, dilansir dari Antara.

Editor : Saeful Imam

Sumber : tribunnews, Kompas TV, TPNPB

Baca Lainnya