Hati-hati Pesisir di Sumatra hingga Papua! BMKG Beri Peringatan Dini Terkait Potensi Adanya Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Ini

Rabu, 17 Juni 2020 | 07:15
freepik.com

Ilustrasi gelombang tinggi di lautan Indonesia.

Hati-hati Pesisir di Sumatra hingga Papua! BMKG Beri Peringatan Dini Terkait Potensi Adanya Gelombang Tinggi di Sejumlah Wilayah Ini

GridHITS.ID-Indonesia saat ini sedang sering dilanda bencana ya, mulai dari gempa bumi hingga banjir rob.

Seperti yang pernah diperingatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) bahwa ada sejumlah daerah yang berpotensi diterjang gelombang tinggi.

Sebelumnya, BMKG juga pernah memprediksi dan memberi peringatan dini terkait banjir rob.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan Mbak You, Kini BMKG Beri Warning Munculnya Cuaca Ekstrim 8 dan 9 Juni 2020 di Beberapa Wilayah, Jabodetabek Termasuk

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG Soal Hal Buruk yang Bisa Terjadi Usai Muncul Banjir Rob di Sejumlah Daerah Pesisir, Apa Itu?

Setelahnya, ada banjir rob yang pernah menggenangi Perumahan Pantai Mutiara, Kelurahan Pluit, Jakarta Utara, hari Minggu (7/6/2020).

Kini, BMKG kembali peringatkan terkait hal buruk yang bisa terjadi di pesisir melalui Instagram @infobmkg.

Dalam unggahan tersebut diperlihatkan mana saja daerah yang berpotensi terkena gelombang tinggi.

Instagram/ @infobmkg

Peringatan terkait potensi gelombang tinggi

Tinggi gelombang 1,25 -2,5 meter (sedang) berpotensi terjadi di:Perairan Meulaboh-Kep. Sinabang, Perairan timur Kep. Mentawai, Perairan barat Sumatara Barat, Selat Karimata bagian selatan, Perairan Kalimantan bagian selatan, Perairan Kotabaru, Laut Jawa, Perairan utara Jawa hingga Kep. Kangean, Selat Makassar bagian selatan, Laut Bali, Laut Sumbawa, Selat Ombai, Laut Flores bagian barat.

Tak sampai di situ, ombak tersebut juga bisa menerjang Perairan Kep. Sabalana - Kep. Selayar, Teluk Bone bagian selatan, Perairan Bau Bau, Perairan Manui -Kendari, Teluk Tolo, perairan selatan Banggai - Kep. Sula, perairan utara Kep. Kei - Kep Aru, Perairan Fakfak - Kaimana -Amamapare, Perairan Selatan P. Yos Sudarso, Laut Seram, Perairan utara kep Sangihe - Kep. Talaud, Samudara Pasifik utaraHalmahera dan Papua.

Baca Juga: Sudah Diperingatkan Mbak You, Kini BMKG Beri Warning Munculnya Cuaca Ekstrim 8 dan 9 Juni 2020 di Beberapa Wilayah, Jabodetabek Termasuk

Baca Juga: Bak Benarkan Terawangan Mbak You, BMKG Peringatkan Potensi Cuaca Buruk yang Bisa Terjadi di Sejumlah Wilayah, Hati-hati Jabodetabek!

Tinggi gelombang 2,5 - 4,0 meter (tinggi) berpotensi terajdi di Selat Malaka di bagian Utara, perairan Utara Sabang, perairan barat Aceh, perairan barat P. Simeuleu hingga Kep. Mentawai, Perairan Bengkulu hingga barat Lampung, Samuda Hindia barat Aceh hingga Kep. Mentawai, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Bali hingga P. Sumba, Selat Bali- Selat Lombok - Selat Alas - Selat Tape bagian selatan, Selat Sumba.

Tak sampai di situ, gelombang dengan ketinggian tersebut juga bisa menerjang wilayah Laut Sawu, perairan selatan P. Sawu - P. Rote - Kupang, Samudra Hindia selatan NTT, Laut Flores bagian timur, perairan Kep. Wakatobi, perairan selatan P. Buru - Ambon - P. Seram, Laut Banda, perairan Kep Leti hingga Kep. Tanimbar, perairan selatan Kep. Kei - Kep. Aru, dan Laut Arafuru.

Tinggi gelomang mencapai 4-6 meter (sangat tinggi) bisa terjadi di, perairan timur P. Enggano, Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Lampung, perairan Selatan Jawa dan Samudra Hindia selatan Jawa hingga NTB.

Baca Juga: Waspada! Peringatan BMKG Soal Potensi Banjir Besar di Beberapa Pesisir di Indonesia Termasuk Pulau Jawa

Baca Juga: BMKG Kembali Keluarkan Peringatan Dini Tentang Peristiwa Alam yang Terjadi di Sebagian Wilayah Indonesia

BMKG juga mengimbau kepada nelayan dan warga di sekitar pesisir untuk lebih waspada.

"PERINGATAN Dini gelombang tinggi untuk wilayah perairan Indonesia.Harap berhati-hati terutama daerah daerah yang berpeluang mengalami gelombang dengan tinggi hingga 6 meter,"tulis BMKG.

(Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul "Bak Bumi Terus Murka, Ahli Peringatkan Potensi Hal Buruk yang Bisa Hantam Wilayah Ini Usai Banyak Daerah Diterjang Banjir Rob, 'Harap Berhati-hati!'")

Editor : Riska Yulyana Damayanti

Sumber : nakita

Baca Lainnya