Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Menurunkan Berat Badan Namun Tetap Bisa Makan Malam Enak, Begini Kata Pakarnya

Senin, 13 Juli 2020 | 18:45
Freepik

Ilustrasi menurunkan berat badan.

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Menurunkan Berat Badan Namun Tetap Bisa Makan Malam Enak, Begini Kata Pakarnya

GridHITS.id -Tidak semua cara menurunkan berat badan membuat kita 'sengsara' karena tak bisa makan enak.

Memang biasanya menurunkan berat badan sangat erat dengan kaitannya dengan diet ketat setiap harinya.

Namun nyatanya tidak harus selalu diet ketat jika kita ingin menurunkan berat badan.

Baca Juga: Tanpa Harus Menyiksa Diri, Catat Baik-baik Solusi Jitu Pangkas Berat Badan dengan Diet Kaldu Tulang

Baca Juga: Sering Dianggap Sepele, Ternyata Rutin Berjalan Kaki Bisa Turunkan berat Badan Hingga 40 Kilo Tanpa Perlu Susah Payah Diet

Padahal untuk mendapatkan berat badan ideal tidak harus selalu 'meyiksa' diri dengan mengurangi jam makan.

Kita hanya perlu tahu jam berapa harus makan dan jam berapa sudah harus mulai mengistirahatkan organ tubuh.

Selain itu memerhatikan jam tidur juga akan berpengaruh besar terhadap pembakaran lemak dalam tubuh.

Melansir dariHealthline,sebuah studi belum lama ini menemukan bahwa makan larut malam akan menyebabkan penambahan berat badan dan kadar gula yang tinggi sehingga kecil kemungkinan untuk menurunkan berat badan.

Maka dari itu menjadi penting untuk kita mengetahui jam makan malam yang pas agar bisa membakar lemak dan menurunkan berat badan.

Makan jam 10 malam akan memengaruhi glukosa darah dan kemampuan tubuh untuk membakar lemak.

Baca Juga: Manfaat Ikan Satu Ini Tak Main-main, Ampuh Cegah Penyakit Mematikan hingga Bantu Turunkan Berat Badan

Baca Juga: Diet Timun Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan Hanya dalam 7 Hari, Begini Caranya

Dalam studi tersebut juga menyatakan bahwa mereka yang makan di jam 10 malam akan memiliki gula darah lebih tinggi 20 persen dari individu yang makan di jam 6 sore.

Sehingga orang-orang yang makan malam di jam 6 sore memiliki potensi lebih besar untuk menurunkan berat badan.

"Kami menyadari dari penelitian lain yang menyatakan bahwa makan malam bisa dikaitkan dengan obesitas, dan karena hubungan tidak sama dengan penyebab, kami ingin melihat fenomena ini dengan cara yang lebih ketat," ujar penulis penelitian Dr. Jonathan C. Jun, rekan profesor kedokteran di Universitas Johns Hopkins.

Freepik/nensurla

Ilustrasi menurunkan berat badan.

"Jadi itu sebabnya kami berangkat untuk melakukan uji klinis terkontrol secara acak ini, mengambil orang sehat dan membuat mereka makan di dua waktu yang berbeda, mengontrol makanan mereka, mengontrol diet mereka, dan mengontrol waktu tidur mereka juga," tambahnya.

Hasil dari penelitian memperlihatkan orang-orang yang makan terlalu malam pembakaran lemaknya hanya berkurang sebanyak 10 persen, maka dari itu sangat sulit untuk menurunkan berat badan dengan pola makan seperti itu.

Baca Juga: Dulu Saat Usianya 18 Tahun Sampai Pakai Daster Ibu Hamil Gegara Kegemukan, Perempuan Ini Pamer Sukses Pangkas Berat Badan Puluhan Kilogram!

Baca Juga: Kabarnya Mulai Surut, Abash Ceritakan Kehidupan Lucinta Luna Selama di Penjara: Dibatasi Banget Apa-apa di Dalam

Maka dari itu penelitian ini dianggap meyakinkan karena sudah mencoba pada partisipan yang memiliki diabates dan obesitas.

"Ya, saya pikir ini setidaknya menunjukkan bahwa penjelasan biologis tentang bagaimana waktu makanan dapat mempengaruhi cara tubuh Anda mencerna kalori itu masuk akal," ujar Chenjuan Gu, PhD, seorang peneliti postdoctoral di Universitas Johns Hopkins.

Selain itu seorang pakar bernama Lisa K. Diewald, MS, RD, LDN, manajer program, Pusat Pencegahan Obesitas dan Pendidikan MacDonald di Pusat Obesitas dan Pendidikan di Universitas Villanova M. Louise Fitzpatrick College of Nursing juga memeberikan pandangan yang sama.

"Studi ini memberikan pengingat bahwa mengolah kebiasaan makan bukan hanya faktor-faktor tradisional seperti kadar dan ukuran makanan, tetapi juga waktu makan, dapat mempengaruhi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung di ujung jalan." ujar Diewald.

Maka dari itu untuk menurunkan berat badan dan menghindari berbagai penyakit gangguan pencernaan ada banyak yang perlu diperhatikan.

Bukan hanya sekadar apa yang dimakan dan seberapa porsinya, melainkan ada jam makan yang bagus untuk memperlancar metabolisme.

Baca Juga: Tiap Hari Rutin Makan Fast Food, Wanita Ini Justru Sukses Turun Berat Badan hingga Berhasil Ganti Size Pakaian dari XXL ke S!

Baca Juga: Duh! Cuma Gegara Salah Cara Dalam Memakai Wajan Saat Memasak Faktanya Bikin Berat Badan Semakin Tak Karuan

Metabolisme yang kurang baik sangat erat kaitannya dengan penambahan berat badan karena tubuh tidak sanggup untuk mencerna makanan dengan baik.

Maka dari itu penting untuk menjaga metabolisme tubuh dengan baik dengan memerhatikan jam makan agar tubuh bisa lebih sehat.

Masih mengutip dariHealtline, metabolisme yang sehat juga akan memberikan kualitas tidur yang baik, sehingga akan membantu pembakaran lemak untuk menurunkan berat badan lebih baik lagi.

Jadi jam makan yang baik akan membantu penurunan berat badan dan memberikan manfaat kesehatan lainnya.

Artikel ini telah tayang diNakita.iddengan judulMenurunkan Berat Badan dengan Tetap Nikmat Makan Malam Tidak Mustahil, Ini yang Harus Diperhatikan Menurut Pakar

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Nakita.ID

Baca Lainnya