WHO Bunyikan Peringatan Untuk Seluruh Dunia Termasuk Indonesia Berpotensi Jadi Episentrum Virus Corona, Masyarakat Diminta Waspada: Ini Belum Berakhir

Rabu, 24 Juni 2020 | 12:15
Freepik

WHO Bunyikan Peringatan Untuk Seluruh Dunia Termasuk Indonesia Berpotensi Jadi Episentrum Virus Corona

WHO Bunyikan Peringatan Untuk Seluruh Dunia Termasuk Indonesia Berpotensi Jadi Episentrum Virus Corona, Masyarakat Diminta Waspada: Ini Belum Berakhir

GridHITS.id - WHO bunyikan peringatan untuk seluruh dunia termasuk Indonesia berpotensi jadi episentrum virus corona.

Masayarakat Tanah Air pun diminta untuk tetap waspada terhadap penyebaran virus corona yang semakin meluas.

Seperti kita ketahui bersama, virus corona hingga kini masih menjadi pandemi dan momok bagi seluruh masyarakt dunia.

Terlebih, baru-baru ini WHO mengungkap sudah dimulainya fase berbahaya tahap 2 pandemi virus corona.

Baca Juga: Peringatan Untuk Masyarakat Seluruh Dunia di Tengah Pandemi Corona, WHO Ungkap Dimulainya Fase Berbahaya dan Indonesia Akan Jadi Pusatnya

Baca Juga: WHO Lagi-lagi Kejutkan Warga Dunia dengan Kabar Wabah Virus Corona, Beberkan Mengubah Total Kriteria Pasien Covid-19 yang Bisa Disebut Sembuh

Tentu saja peringatan WHO sekaligus menjadi peringatan seluruh masyarakat dunia di tengah pandemi corona.

Dilansir dari GridHITS, kasus Covid-19 melonjak tajam di AS dan Barat, juga di negara-negara yang melonggarkan pembatasan pada sektor bisnis beberapa minggu yang lalu.

Sementara itu, media Australia mengkritik penanganan pandemi virus corona baru (Covid-19) di Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, Indonesia bahkan disebut akan menjadi hotspot atau pusat wabah virus tersebut di dunia.

Menurut salah seorang pejabat tinggi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), dunia telah memasuki fase baru dan berbahaya dari pandemi virus corona atau Covid-19.

Peringatan keras ini dilontarkan ketika Amerika Serikat yang juga sedang berjuang mengendalikan pandemi ini terus mengalami peningkatan jumlah kasus.

Di seluruh dunia, 81 negara telah mengalami peningkatan jumlah kasus selama 2 minggu terakhir. Hanya 36 negara yang menunjukkan penurunan.

India, Brasil, dan Indonesia sempat diprediksi menjadi pusat penyebaran atau episentrum virus corona di dunia, setelah sebelumnya terjadi di China, Iran, Korea Selatan, dan Italia.

Peringatan itu disampaikan oleh ahli epidemiologi Dicky Budiman, pada 7 Maret 2020, tak lama setelah kasus pertama Covid-19 di Indonesia terkonfirmasi pada 2 Maret 2020.

Pihaknya menuliskan hal tersebut kepada seorang pejabat pemerintah di Jakarta setelah melihat perkembangan kasus dan sesuai bidang keilmuan yang dipelajarinya.

Baca Juga: Amerika dan Eropa Jadi Episenter Corona Dunia, WHO Wanti-wanti Keadaan Akan Bergeser ke Asia dan Indonesia Jadi Sasaran Selanjutnya!

Baca Juga: WHO Minta Masyarakat Tak Perlu Khawatir Virus Corona Bermutasi Menjadi Lebih Berbahaya, Pakar Epidemiologi Beberkan Faktanya

Kandidat Ph.D dari Griffith University Australia saat itu menyebut India, Brasil, dan Indonesia memiliki potensi untuk menjadi pusat wabah selanjutnya karena beberapa faktor.

"India, Brazil, dan Indonesia memiliki kerawanan tersendiri dan berpeluang untuk menjadi epicentre mengingat tingginya kepadatan penduduk, faktor kesadaran penduduk terhadap pencegahan dan sistem kesehatan yang masih belum mapan," seperti dikutip dari surat yang dibagikan ke Kompas.com.

Selain itu, di awal-awal munculnya kasus Covid-19 di Indonesia, pihaknya juga menyampaikan bahwa kasus infeksi dapat diturunkan dalam 2-3 bulan dengan test, trace, treat dan isolate yang ketat dan massiv disertai dengan physical distancing.

Saat ini Dicky kembali menyampaikan hasil analisis yang dia buat sebelumnya dan menyebut prediksi itu relevan dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Brasil dan India Jika melihat data global dari Worldometer, per Selasa (23/6/2020), Brasil sudah ada di urutan ke dua sebagai negara dengan kasus Covid-19 tertinggi di dunia.

Brasil sejauh ini memiliki 1.111.348 kasus infeksi terkonfirmasi sementara India, ada di posisi ke-4 dengan jumlah kasus positif di angka 441.070 kasus.

"Baik India dan Brasil sudah menjadi episentrum saat ini atau hampir 3 bulan setelah prediksi terburuk yang saya sampaikan.

Bahkan hari ini keduanya melaporkan semakin meningkatnya kasus di daerah pedesaan dengan kematian rerata di atas 500 per hari," kata Dicky, Selasa (23/6/2020).

Sementara Indonesia, jika dilihat dari angka jumlah kasus memang masih berada jauh di bawah India dan Brasil.

Namun, Dicky mengajak semua pihak untuk terus waspada karena semua kemungkinan masih bisa terjadi.

"Pelajaran penting dan berharga untuk kita semua di Indonesia, bahwa pandemi ini tidak bisa diremehkan dan belum berakhir," ujarnya.

Apalagi melihat angka penambahan kasus baru di Tanah Air yang masih tinggi hingga hari ini, semuanya diminta untuk terus meningkatkan kewaspadaan.

Meskipun era kenormalan baru sudah ramai digaungkan dan dijalankan, masyarakat diminta untuk tetap mengikuti arahan dari pemerintah.

"Dengan keseriusan dan kebersamaan, kita bisa mengelola pandemi dengan jumlah korban yang minimal dan terhindar dari potensi jadi episentrum," tukasnya.

Baca Juga: Tanda-tanda Pandemi Berakhir Terlihat! Obat Murah Meriah ini Terbukti Efektif Selamatkan Nyawa Pasien Corona, WHO Senang

Baca Juga: Sempat Ramai Diburu, WHO Sebut Penggunaan Masker Justru Bisa Berisiko Menularkan: Perlindungan Palsu Bagi Orang Sehat

Editor : Safira Dita

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya