Amerika dan Eropa Jadi Episenter Corona Dunia, WHO Wanti-wanti Keadaan Akan Bergeser ke Asia dan Indonesia Jadi Sasaran Selanjutnya!

Rabu, 17 Juni 2020 | 17:42
Pexels.com/ cottonbro

Ilustrasi virus corona

GridHITS.id -Saat ini diketahui titik episenter corona dunia ada di negara Amerika dan Eropa.

Namun WHO berujargelombang episenter wabah corona dari Amerika dan Eropa akan menuju Asia Tenggara.

Tak main-main,Indonesia dan India lah yang jadi sasaran dan kini sedang menjadi perhatian badan kesehatan dunia (WHO).

Baca Juga: Belum Terima Bansos Covid-19 Rp600 Ribu Per Bulan dari Kemensos? Begini Cara Cek Data Penerima di cekbansos.siks.kemsos.go.id

Baca Juga: Makna Lengkap dari 5 Lambang Pancasila dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari

Pasalnya, Indonesia dan India disebut-sebut berpotensi menjadi pusat episenter baru pandemi Covid-19.

Regional Director WHO kawasan Asia Tenggara bahkan telah mengeluarkan sebuah media briefingsebagai peringatan dan saran kehati-hatian untuk negara-negara di Asia Tenggara.

Senior Advisor on Gender and Youth to the WHO DG, Diah Saminarsih, menyampaikan potensi pergeseran gelombang episenter wabah ke wilayah Asia Tenggara ini bisa jadi sangat besar jika tidak terkontrol dari sekarang.

Indonesia dan India disorot WHO karena termasuk negara yang padat penduduk

"Indonesia dan India, apabila epidemi tidak terkontrol di dua negara tersebut, maka kawasan Asia Tenggara menjadi episenter baru (Covid-19) di dunia," kata Diah dalam diskusi daring bertajuk "Hari Kesehatan Dunia 2020: Aksi Nyata Masyarakat Sipil di Masa Pandemi", Kamis (9/4/2020) seperti dikutip dari Tribunnews.

"Kita tentu ingin menghindari ini terjadi di kawasan Asia Tenggara, termasuk menghindari ini terjadi di Indonesia," ujar dia.

Baca Juga: Tergoda Khasiat Air Rendaman Ketumbar, Wanita ini Malah Jatuh Sakit karena Perutnya Nyeri dan Alami Mual Muntah

Baca Juga: Bikin Reino Barack Cinta Mati dan Bela Dirinya Habis-habisan, Syahrini Bongkar Rahasia Layani Suami Agar Betah di Rumah

Oleh sebab itu, Diah berujar Indonesia sebagai negara yang "terlambat" terinfeksi virus corona bisa mengambil pelajaran akan hal-hal yang dilakukan di negara lain.

Sementara itu di Indonesia sendiri kini pemerintah tengah melaksanakan masa transisi menuju keadaan normal baru.

Dikabarkan pada masa transisi ini masyarakat mulai diberi kelonggaran untuk beraktivitas di luar rumah dan mengakses transportasi umum.

Mall dan pusat perbelanjaan pun sudah dibuka demi berjalannya roda ekonomi Tanah Air.

Padahal sejak awal diberlakukan darurat Corona, kasus Covid-19 di Indonesia belum kunjung mengalami penurunan.

Hingga Rabu (17/6/2020)berdasarkan data pemerintah justru kasus Covid-19 terus mengalami pelonjakan.

Baca Juga: Heboh Riset Obat Betadine Efektif Membunuh 99,99 Persen Virus Corona Dalam 30 Detik, Dosen Kedokteran UNPAD Membenarkan Tapi Ada Syaratnya

Baca Juga: Rela Bayar Adjie Pangestu Buat Pacaran Settingan, Artis Cantik Ini Mendadak Tampil Pakai Kerudung Tapi Malah Mencak-mencak Berani Lontarkan Ancaman

Dilaporkanterjadi penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 1.031 orang. Sehingga jumlah akumulasi pasien positif Covid-19 sebanyak 41.431 orang.

Sementara itu jumlah pasein positif Covid-19 yang meninggal dunia bertambah sebanyak 45 orangdan540 kasus pasien dilaporkan sembuh.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto Yurianto seperti dikutipKompas.commenyebutkan masih banyak terdapat penularan di masyarakat.

Artikel ini telah tayang di Nakita dengan judul "PSBB Berakhir dan Mall Sudah Mulai Buka, WHO Khawatirkan Nasib Indonesia dan India yang Berpotensi Jadi Wuhan-nya Asia Tenggara"

Editor : Nita Febriani

Sumber : nakita

Baca Lainnya