Jadi Pembunuh No 1 Umat Manusia, Siapa Sangka Virus Corona Ternyata Justru Bawa Angin Surga & Beri Kedamaian bagi Makhluk Hidup Ini

Sabtu, 18 April 2020 | 20:16
Freepik.com

Wabah virus corona membawa dampak positif bagi hewan liar

GridHITS.id – Virus corona masih menjadi momok yang menakutkan bagi banyak negara di dunia.

Bagaimana tidak, ratusan ribu nyawa telah melayang lantaran virus corona.

Akibat hal tersebut, tak heran bila saat ini banyak ilmuwan yang menyebut virus corona sebagai ancaman terbesar umat manusia.

Baca Juga: Belum Selesai Wabah Virus Corona, Tangan Kanan Presiden Joko Widodo Tiba-tiba Sebut Indonesia Tengah Digelayuti Bayang-bayang Penyakit Mematikan Lain Selain Covid-19, Ada Apa?

Baca Juga: Sosialisasikan Virus Corona yang Mematikan, Bupati ini Bawa Peti Mayat dan Bikin Masyarakat Jera Bikin Kerumunan, Warganet Kagum

Meski telah membunuh ratusan ribu nyawa, siapa sangka virus ini ternyata membawa dampak yang positif juga, lo.

Wah, kira-kira apa dampak positif yang dimaksud ya?

Walaupun kini menjadi musuh bagi banyak manusia, virus corona justru memberikan keuntungan bagi hewan-hewan liar.

Sebab, akibat diberlakukannya karantina wilayah atau lockdown, hewan-hewan liar dapat hidup bebas tanpa gangguan kebisingan dan hiruk pikuk yang dibuat manusia.

Meski hanya sesaat, beberapa hewan liar terlihat beraktivitas dengan bebas, bersantai atau berjalan di tempat-tempat yang biasanya ramai dikunjungi manusia.

Seperti misalnya, singa-singa yang tinggal di Taman Nasional Kruger, Afrika Selatan.

Baca Juga: Bak Angin Surga di Tengah Kepanikan, Ilmuwan ini Temukan Darah Pasien Corona yang Sudah Sembuh Bisa Jadi Obat Covid-19 yang Mujarab

Baca Juga: Kebohongan Pasien Positif Corona Bawa Malapetaka, Satu Dokter Terinfeksi Meninggal Dunia, Begini Pesan Haru Anak yang Ditinggalkan

Kawanan kucing besar yang biasanya hanya ditemukan di Kempiana Contractual Park, wilayah yang tak bisa diakses oleh wisatawan, kini justru terlihat di salah satu gerbang pintu masuk taman.

Mereka terlihat asyik tidur siang, bahkan sebagian memanfaatkan jalan beraspal yang sepi.

"Biasanya mereka tidak pernah berada di jalan, apalagi tidur siang di situ," ujar Ike Phaahla, Juru Bicara dari Taman Nasional Kruger seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu, (18/4/2020).

Kendati demikian, Phaahla mengaku bahwa sepinya wisatawan juga berdampak pada turunnya pendapatan.

Pasalnya, kawasan Taman Nasional ini ditutup untuk wisatawan sejak 25 Maret lalu setelah pemerintah Afrika Selatan menyatakan lockdown untuk membatasi penyebaran Covid-19.

Tak hanya hewan di darat, dunia yang tiba-tiba minim aktivitas juga menyebabkan mahluk-mahluk laut lebih percaya diri untuk muncul.

Sebagai contoh, patroli laut berhasil memfilmkan sepasang paus sirip berenang lebih dekat di perairan Taman Nasional Calanques, di sebelah kota pelabuhan Merseille, Perancis yang biasanya ramai.

Baca Juga: Bukannya Diam di Rumah, Pria ini Malah Ikut Olahraga Bareng dan Hajatan Saat Tunggu Hasil Tes Swab! Ternyata Dia Positif Corona

Baca Juga: Corona Membawa Dampak Positif Bagi Keluarga : Mereka Lebih Bahagia

Penampakan ini dibilang oleh pengawas taman sebagai sesuatu yang amat sangat jarang terjadi.

Menurut Brian Silliman, Profesor Biologi Konservasi Laut, perilaku hewan-hewan tersebut merupakan respons dari tidak adanya gangguan manusia.

"Mereka merespons dengan cepat terhadap tidak adanya gangguan manusia," ujarnya.

Wah, ternyata wabah virus corona membawa dampak positif juga, ya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul, "Sisi Lain Lockdown Corona, Bumi Kembali Jadi Surga bagi Hewan Liar".

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : Kompas.com, Newsweek

Baca Lainnya