Corona Membawa Dampak Positif Bagi Keluarga : Mereka Lebih Bahagia

Sabtu, 18 April 2020 | 15:46
Freepik

Ilustrasi kumpul keluarga saat Idul Fitri

Corona Membawa Dampak Positif Bagi Keluarga : Mereka Lebih Bahagia

GridHITS.ID - Wabah corona menimbulkan dampak psikis yang kurang baik bagi masyarakat.

Mereka dilanda kepanikan bahkan kebosanan karena harus tetap diam di rumah selama pandemi berlangsung.

Semua itu demi menekan penyebaran wabah.

Saatini pemerintah mengimbau warga untuk tetap ada di rumah selama pandemi Covid-19 dan tidak bepergian jika tak benar-benar penting.

Hal tersebut bertujuan untuk menekan angka penyebaran virus corona.

Bahkan ada beberapa daerah yang telah memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) hingga beberapa negara yang menerapkanlockdown.

Tahukah, Moms jika karantina memberikan dampak besarbagi keluarga, anak-anak dan para pasangan.

Baca Juga: Sempat Banjir Hujatan Lantaran Mengaku Bisa Panggil Malaikat, Ningsih Tinampi Ngotot Perbuatannya Benar: Sesatnya Dari Mana?

Baca Juga: Berbanding Terbalik Dengan Kehidupan Rieta Amalia yang Bergelimang Harta dan Serba Mewah, Begini Kehidupan Ayah Kandung Nagita Slavina Untuk Menyambung Hidup

Melansir dari Mirror.co.uk, empat dari lima orangtua yakin jika dengan adanya karantina membuat keluarga mereka semakin dekat.

Sebuahstudi menyebutkanbahwa 2.000 orang dewasa menemukan waktu ekstra di rumah, tanpa gangguan sekolah dan kegiatan ekstra kurikuler, memberi ibu, ayah, dan anak-anak lebih banyak peluang untuk terikat.

Siobhan Freegard, pendiri ChannelMum.com , yang menugaskan penelitian, mengatakan,'dipaksa untuk menghentikan kehidupan kita yang sibuk dan menghabiskan waktu bersama di karantina telah membuat banyak dari kita mempertimbangkan apa yang benar-benar penting, seperti anak-anak, orang tua dan masyarakat yang menjadi bagian mereka."

Disebutkan pula jika kemunculan virus corona ini membuat keluarga menjadi lebih bersyukur dengan apa yang telah mereka nikmati dalam hidup.

"Terlepas dari jumlah korban pandemi yang mengerikan, orang menjadi lebih bersyukur atas kesenangan kecil dalam hidup," tambahnya.

Studi ini menemukan setengah dari seluruh keluarga menghabiskan lebih banyak waktu bermain permainan tradisional dan teka-teki, sementara tiga dari 10 membaca lebih banyak buku bersama.

Baca Juga: Berbanding Terbalik Dengan Kehidupan Rieta Amalia yang Bergelimang Harta dan Serba Mewah, Begini Kehidupan Ayah Kandung Nagita Slavina Untuk Menyambung Hidup

Baca Juga: Jadi Secercah Harapan Baru, Pasien Sembuh Positif Corona Semakin Bertambah hingga Nol Kasus Bawa Angin Segar untuk Indonesia

Ada 28 persen menggunakan kebun sebagai aktivitas keluarga.

Hanya ada sepertiga dari peserta penelitian mengizinkan anak-anaknya untuk menonton televisi lebih lama dan seperempat membebaskan anak-anak untuk menggunakan gawai.

Dua pertiga atau sekitar 62 persen percaya jika pandemi ini membuat anak-anakmemiliki kepedulian sosial yang lebih tinggi.

Sebagian anak-anak yang peduli terhadap sosial itu memilih untuk keluar rumahmembantu teman atau tetangga seperti membagikan makanan atau obat-obatan.

Sebagiannya lagi memilih menelepon orang lain untuk memberikan dukungan.

Survei, melalui Mumpoll, juga mengungkapkan karantina berdampak pada pasangan Inggris - menjadi lebih baik.

Pada awal lockdown, kurang dari setengah pasangan berpikir kebijakan tersebut akan membuat mereka lebih dekat.

Namun, hampir empat minggu, enam dari 10 melaporkan merasa lebih bahagiadengan pasangan mereka.

Baca Juga: Tak Mau Pamerkan Suami Ketiganya Pada Publik, Risty Tagor Malah Disebut-sebut Maling Teriak Maling Oleh Mantan Suami

Meski banyak pasangan terjebak di rumah dengan anak-anak, seperempatnya melaporkan jika mereka lebih sering berhubungan seks.

Siobhan Freegard menambahkan: "Tampaknya banyak pasangan menggunakan waktu ekstra bersama untuk mendapatkan kebersamaan yang lebih intim.

"Ini tentu cara yang bagus untuk menghilangkan stres dan menjaga hubungan tetap hidup di masa sulit ini - jika Anda bisa mendapatkan privasi."

Artikel ini pernah ditulis di Nakita.id dengan judul :Kabar Baik Soal Dampak Besar Karantina Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Keluarga, Anak-Anak dan Pasangan

Editor : Saeful Imam

Sumber : mirror.co.uk

Baca Lainnya