Follow Us

Penyandang Kanker dan Asam Urat Bisa Tersenyum Lega, Siapa Sangka Buah Kersen yang Sering Kita Temui di Pinggir Jalan Bisa untuk Pengobatan, Harganya Hampir Setengah Juta Per Kilo

Rachel Anastasia Agustina - Sabtu, 25 September 2021 | 14:30
Ilustrasi buah kersen
Pixabay/12019

Ilustrasi buah kersen

GridHITS.id - Siapa sangka buah yang suka kita temukan di pinggir jalan ini ternyata fantastis harganya.

Seperti diketahui, tak banyak yang tahu soal keberadaan buah kersen yang padahal sering dilihat di jalan.

Mungkin saja kita pernah melihatnya di berbagai pohon di jalanan, namun tak sadar itu jenis buah apa.

Biasanya kita hanya akan melewatinya saja tanpa mempertanyakan soal buah apakah itu dan apa khasiatnya.

Jadi siapa sangka, ternyata buah kersen memiliki harga yang fantastis dan juga segudang manfaat untuk tubuh.

Harganya pun cenderung membuat orang malas beli karena tak ada yang tahu keberadaan buah yang satu ini.Buah ini memiliki beragam sebutan berbeda di tiap-tiap daerah, seperti ceri di Sunda, keres, dan talok di Jawa.

Baca Juga: Langsung Coba Nanti Malam! Rasakan Sensasi Lebih Nikmat Saat Berhubungan Intim Hanya dengan Sekali Gigit Buah Kesukaan Sejuta Umat Ini Saja, Yakin Tak Mau Coba?

Di Madura buah ini dikenal dengan sebutan baleci atau beleci.Buah kersen sendiri merupakan bahasa Indonesia yang diserap dari bahasa Jawa.Meskipun banyak dijumpai di berbagai daerah di Indonesia, ternyata buah ceplukan berasal dari kawasan Amerika Tropis tepatnya Meksiko Selan, Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, Peru, dan Bolivia.Buah ini mulai masuk ke Filipina pada abad XIX dan cepat menyebar di Asia Tenggara pada zaman penjajahan.Meski terkesan diabaikan, namun tanaman ini memiliki banyak manfaat. Terlebih buahnya. Julia F Morton dalam bukunya “Fruits of Warm Climates” tahun 1987, menguraikan, setidaknya, ada 12 jenis senyawa yang terkandung dalam buah talok.Buah kecil bercita rasa manis tersebut ternyata bernilai cukup mahal.Pasalnya, dilihat dari berbagai laman jual-beli, buah kersen dijual seharga Rp 40 ribu per seratus gram atau sekitar Rp 400 ribu/kg.Bahkan daun kersen juga dijual dengan harga yang cukup prestise.Bernilai fantastis, lantas apa saja sih manfaat dari buah kersen?

Baca Juga: Obat Kolesterol Alami dari Sayur dan Buah, Yakin Tak Mau Coba?

Dilansir Grid.ID dari laman intisari buah kersen ternyata memiliki banyak kandungan gizi.Setiap 100 gr buah kersen terkandung:Air sebanyak 77,8 g, serat: 4,6 g, vitamin C (antioksidan): 80.5 mg, lemak: 1,56 gTak hanya itu, kandungan lain seperti zat besi: 1,18 mg, karotin: 0,019 mg, protein: 0,324 g, fosfor: 84 mg, niacin: 0,554 mg, kalsium: 124,6 mg, vitamin B1(Tiamin): 0,065 mg, dan riboflavin: 0,037 mg juga terkandung dalam buah kersen.Sementara dari stuartxchange.org kita bisa mengambil manfaat kesehatan dari pohon kersen antara lain.1. Mengobati asam uratDi Indonesia, buah kersen sering digunakan untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.2. AntioksidanSebuah studi juga menunjukkan bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah kersen.Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun tubuh dan melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker.

Baca Juga: Ibu Hamil Pasti Nyesel Baru Tahu, Begini Manfaat Srikaya yang Ampuh Atasi Gejala Tak Mengenakkan Selama Kehamilan, Coba Sekarang!

1 2

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest