Follow Us

Selain Sebabkan Obesitas dan Masalah Kesehatan Lainnya, Makan Terlalu Cepat Bisa Memperpendek Umur, Masih Berani?

Rachel Anastasia Agustina - Minggu, 04 Oktober 2020 | 11:34
Ilustrasi makan terlalu cepat.
Freepik/jcomp

Ilustrasi makan terlalu cepat.

Selain Sebabkan Obesitas dan Masalah Kesehatan Lainnya, Makan Terlalu Cepat Bisa Memperpendek Umur, Masih Berani?

GridHITS.id - Siapa yang menyangka ternyata kebiasaan makan cepat-cepat bisa memberikan masalah kesehatan tak terduga.Seperti diketahui, beberapa dari kita tentunya pernah merasakan terburu-buru dan berpikir harus cepat selesai menghabiskan makanan.Sehingga kita tidak peduli lagi apakah sistem pencernaan kita bisa menerima dengan baik apa yang kita makan saat itu.

Baca Juga: Seorang Wanita Meninggal Setelah Makan Lumpia yang Dipanaskan Sendiri, Dokter Ungkap Fakta Kematiannya

Baca Juga: Perhatian Bagi yang Tidak Doyan Sayur! 7 Bahaya Ini Akan Mengintai Tubuh Jika Kurang Asupan SeratMelansir dari Life Hack, orang Inggris menghabiskan 41 menit dalam satu hari untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.Jika dibagi dalam rata-rata, waktu makan rata-rata 8 menit untuk sarapan, 15 menit untuk makan siang, dan juga 19 menit untuk makan malam.Lalu apa saja masalah kesehatan yang bisa muncul ketika kita terbiasa makan cepat-cepat tanpa memikirkan kondisi tubuh kita?

Sebuah penelitian yang sudah dilakukan, makan cepat-cepat akan membuat tubuh cenderung lebih mudah menjadi gemuk dari biasanya.Bahkan ketika kita makan cepat-cepat, sindrom metabolik akan berkembang sehingga pencernaan kita menjadi kurang lancar.Selain itu, terbiasa makan cepat-cepat juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, diabates, hingga stroke.

Baca Juga: Makan Mie Instan Bisa Jadi Lebih Sehat Jika Dimasak dengan Cara Ini, Mau Coba?

Baca Juga: Tak Hanya Cegah Kanker, Makan Satu Buah Pir Setiap Hari Ampuh Buat Kulit dan Rambut IndahSemua masalah kesehatan itu bisa dianggap membahayakan atau pun mematikan.Apa yang terjadi pada tubuh saat makan cepat?Sistem pencernaan tidak akan peduli jam berapa sekarang, dan mereka tidak akan mengikuti jam makan yang sudah kita buat.Ketika terbiasa makan cepat-cepat, maka tubuh akan merasa selalu kurang dalam asupan sehingga memicu makan berlebihan.

Padahal, ketika kita menelan sesuatu, perut membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk proses sampai ke tahap perut mulai meregang.Sehingga kita harus berhenti makan cepat-cepat agar kita tidak makan secara berlebihan.Nyatanya, makan lebih lambar bisa memberikan perut banyak waktu untuk mengolah makanan dengan baik sehingga penyerapannya pun lancar.

Baca Juga: Seolah Tak Sanggup Hadapi Haters, Rizki Ridho dan Iis Dahlia Siap Tabuh Genderang Perang Lewat Jalur Hukum: Kita Gak Minta Makan Sama Mereka!

Baca Juga: Jika Tidak Ingin Timbangan Berat Badan 'Menjerit', Jangan Lakukan Hal-hal Ini Lagi Setelah MakanSelain itu makan dengan lambat juga sangat baik untuk orang-orang yang menderita sakit maag sehingga makanan yang masuk tidak akan membuat asam lambung naik.Maka dari itu kita disarankan untuk setidaknya menghabiskan waktu minimal 20 menit untuk makan agar saluran pencernaan memulai proses dengan baik.

Source : Life Hack

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest