Follow Us

Bisa Berakibat Fatal! Jangan Pernah Lagi Mencuci Daging Ayam Sebelum Mengolahnya Jika Kamu Tak Ingin Bahaya Ini Mengancam Kesehatan Keluargamu

Hanifa Qurrota A'yun - Kamis, 10 September 2020 | 11:00
Daging Ayam
Tribun Travel - Tribunnews.com

Daging Ayam

Bisa Berakibat Fatal! Jangan Pernah Lagi Mencuci Daging Ayam Sebelum Mengolahnya Jika Kamu Tak Ingin Bahaya Ini Mengancam Kesehatan Keluargamu

GridHITS.id - Mencuci ayam mentah adalah langkah awal yang selalu dilakukan sebelum memasaknya.Hal tersebut dilakukan agar darah serta lendir tak lagi menempel pada daging.

Terkadang tak cukup sekali untuk membersihkannya, perlu beberapa langkah untuk memastikan daging sudah siap diolah.

Baca Juga: Suka Makan Daging Ayam? Ternyata ini Bagian yang Paling Sehat dan Cari Tahu Cara Masaknya Paling Tepat

Baca Juga: Selalu Diperlakukan Sebaik Mungkin Bak Darah Daging Sendiri, Betrand Peto Malah Berani Nyolot Hingga Buat Ruben Onsu Naik Darah, Tak Tahu Diri?Tapi tahu tidak Moms justru kebiasaan mencuci ayam mentah sebelum memasak tidaklah tepat loh!Bukannya menjadi lebih bersih, seorang ahli justru menyebutkan mencucinya sebelum memasak akan membuat bakteri semakin menyebar.Di samping itu risiko kontaminasi dari bakteri pun semakin besar akibat ayam dicuci.

Mengutip dari kompas.com disebutkan bahwa bakteri campylobacter dan salmonella kerap tumbuh di daging ayam mentah.Dengan begitu sekadar membasuhnya dengan air tidak akan membunuh bakteri-bakteri berbahaya tersebut.

Di samping itu air yang digunakan untuk mencuci malah akan membuat bakteri menyebar ke area sekitar pencucian seperti wastafe, meja, hingga baju Moms.

Melansir dari laman yang sama, Departemen Pertanian Amerika Serikat pun menuturkan cara yang benar dalam pengolahan ayam mentah sebelum memasaknya.Daripada mencucinya, mereka menyarankan untuk memasaknya dalam wajan dengan suhu yang tepat.

Baca Juga: Sang Predator kain Jarik Gilang Akhirnya Diringkus Polisi, Ternyata Fetish Anehnya Sudah Mendarah Daging Sedari Kecil

Baca Juga: Warganet Heboh Bicarakan Foto Hati Sapi Berlubang karena Cacing, Ahli Malah Sebut Tidak Berbahaya Jika DikonsumsiDi samping itu seorang peneliti makanan dari Drexel Univerity Jennifer Quinlan memberikan alternatif lain untuk membersihkan ayam.Moms bisa menggunakan tisu kertas untuk membersihkan ayam dan menempel-tempelkannya di permukaan ayam.

Kalau daging ayam terlalu kotor seperti pasir yang menempel, Moms masih boleh membersihkannya sebentar dengan air.

Source : Nakita

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest