Warganet Heboh Bicarakan Foto Hati Sapi Berlubang karena Cacing, Ahli Malah Sebut Tidak Berbahaya Jika Dikonsumsi

Rabu, 05 Agustus 2020 | 07:00
freepik

Penjelasan hati sapi berlubang

Warganet Heboh Bicarakan Foto Hati Sapi Berlubang karena Cacing, Ahli Malah Sebut Tidak Berbahaya Jika Dikonsumsi

GridHITS.id- Meskipun momen Idul Adha sudah lewat warganet ramai membicarakan lubang di hati sapi diduga karena cacing.

Hal ini berawal dari sebuah foto lubang di hati sapi diduga karena cacingFasciola hepatica pada Sabtu (1/8/2020).

Lantas, apakah manusia tetap mengonsumsi hati sapi itu dapat mempengaruhi kesehatan? Ini kata ahli.

Baca Juga: Ingin Bayar Pakai Makanan Sehat Setelah Makan Daging Idul Adha, Coba Konsumsi Oatmeal dan Rasakan Manfaatnya

Baca Juga: Pria Tua Ini Santai Petentang-petenteng Menenggak Darah Sapi Kurban Sampai Buat Geger Seantero Warga, Begini Faktanya

Sebuah unggahan foto terkait kondisi hati hewan kurban yang terdapat beberapa lubang diduga merupakan sarang cacing Fasciola hepatica ramai di media sosial pada Sabtu (1/8/2020).

Dalam unggahan tersebut juga disebutkan larangan mengonsumsi hati dari hewan kurban yang berlubang tersebut.

Pasalnya diduga hati tersebut sebagai tempat tinggalnya cacing hati atau Fasciola hepatica.

Tak hanya itu, beredar juga foto ketampakan cacing Fasciola hepatica yang diletakkan pada bagian punggung sendok.

Lantas, apakah betul kondisi hati yang berlubang merupakan ciri sarang cacing Fasciola hepatica?

Kasubdit Zoonosis Direktorat Kesehatan Masyarakat Veteriner Kementerian Pertanian (Kementan), Apriyani membenarkan dugaan foto hati kurban yang berlubang tersebut sebagai sarang cacing Fasciola hepatica.

Baca Juga: Percaya Diri Nikahi Putri Kesayangan Gus Dur Hingga Berikan Mas Kawin 10 Sapi, Ternyata Sosok Suami Yenny Wahid Bukan Orang Biasa Hingga Punya Posisi Penting di Dunia Politik

Baca Juga: Sering Dilakukan, Membeli Daging dengan Kondisi Ini Ternyata Berbahaya, Ini yang Harus Diperhatikan

"Dugaannya seperti itu, dan itu menunjukkan sarang cacing Fasciola (Fasciola hepatica). Seharusnya bagian yang tidak layak untuk dimakan tidak dibagikan dan dimusnahkan," ujar Apriyani saat dihubungi Kompas.com, Selasa (4/8/2020).

Menurutnya, dalam pemeriksaan setelah hewan disembelih (post mortem) pada jeroan kadang ditemukan adanya cacing, baik itu cacing hati maupun cacing lambung.

Jika pada organ hati, terutama di saluran empedu hati, ditemukan cacing, maka bagian hati yang mengandung cacing tersebut harus disayat dan dimusnahkan.

Umumnya, untuk saluran empedu memiliki warna hijau kehitaman.

Sementara, jika sebagian besar hati yang mengandung cacing menjadi “mengeras” maka keseluruhan hati tersebut harus dipisahkan untuk dimusnahkan, karena tidak layak untuk konsumsi manusia.

"Biasanya dilakukan tindakan mengiris saluran empedu tersebut untuk melihat adanya cacing hati," ujar Apriyani.

Baca Juga: Heboh Daging Babi Diklaim Sebagi Daging Sapi Beredar di Pasaran, Simak Tips Cara Mebedakannya Agar Tidak Zonk

Baca Juga: Sudah Setahun Berjualan Daging Babi yang Diakuinya Daging Sapi, Akhirnya Siasat Licik Mereka Terbongkar Gara-gara ini

"Cacing pada hati dalam bentuk dewasa tidak membahayakan kesehatan konsumen, artinya cacing hati tersebut tidak dapat menular atau menginfeksi konsumen jika dikonsumsi," lanjut dia.

Apriyani mengungkapkan, pada bagian daging umumnya tidak ada cacing. Namun, bagian pada hewan kurban yang perlu diperhatikan yakni adanya kista.

"Jika ada kelainan pada daging dan jerohan maka bagian daging dan jerohan yang mengalami kelainan disayat dan dimasukan dalam kantong selanjutnya dimusnahkan, sedangkan bagian yang tidak menujukkan kelainan boleh dikonsumsi," ujar Apriyani.

Terkait dengan pemusnahan cacing, ia mengungkapkan bahwa larva cacing akan mati dengan pemanasan pada suhu 65 derajat celsius selama 3 menit.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ramai soal Unggahan Hati Hewan Kurban yang Berlubang Diduga Sarang Cacing, Ini Penjelasannya..."

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya