Follow Us

Terbongkar Dugaan Penyebab Angka Kasus Covid-19 Masih Terus Naik, Ada Kaitannya Soal Akivitas Lebaran!

Riska Yulyana Damayanti - Minggu, 07 Juni 2020 | 18:00
Ilustrasi penyerangan virus corona
Freepik.com

Ilustrasi penyerangan virus corona

Terbongkar Dugaan Penyebab Angka Kasus Covid-19 Masih Terus Naik, Ada Kaitannya Soal Akivitas Lebaran!

GridHITS.ID - Seorang ahli baru saja memberitahukan soal dugaan mengapa angka kasus virus corona di Indonesia belum juga menurun.

Tak hanya itu, dijelaskan pula soal puncak pandemi Covid-19 yang sedang dirasakan oleh warga Indonesia.

Dikabarkan sebelumnya beberapa kali kasus baru Covid-19 di Indonesia lebih dari 500 bahkan nyaris 1.000.

Baca Juga: Bukti Indonesia Selangkah Lebih Maju, WHO Malah Baru Saja Keluarkan Aturan Baru Cara Pemakaian Masker di Tempat Umum

Baca Juga: Heboh Berita Soal Tes PCR Tak Akurat karena Tak Mampu Deteksi Virus Corona dan Hanya Deteksi Antibodi, Ini Penjelasan Ahli

Jika melihat waktu terjadinya lonjakan kasus tersebut, ke semuanya tidak dalam waktu yang berurutan, setelah grafik meninggi terkadang turun dan relatif ada di kisaran yang sama selama beberapa waktu sebelum akhirnya kembali tinggi.

Dari data tersebut, epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) dr Riris Andono Ahmad menyebut ada sejumlah faktor yang memengaruhi naik turunnya grafik kasus baru Covid-19 di Indonesia.

"Kemungkinan hasil interaksi masyarakat yang meningkat selama Lebaran," kata Riris saat dihubungi Kompas.com, Minggu (7/6/2020).

Momen Lebaran tentu berbeda dengan hari-hari sebelumnya yang banyak dihabiskan masyarakat di rumah saja dengan meminimalisir kegiatan di luar rumah.

Meski sudah banyak yang membatalkan mudik dan memilih tinggal di rumah tanpa menerima tamu.

Namun, masih banyak juga masyarakat yang tetap menjalin silaturahmi saat hari Lebaran kemarin, meski lingkupnya lebih sempit.

Source : kompas

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest