Follow Us

Viral Tenaga Medis yang Tes Corona Jarang Ganti Sarung Tangan Bisa Mudah Tularkan Virus, Ini Fakta Sebenarnya

Hanifa Qurrota A'yun - Sabtu, 06 Juni 2020 | 17:30
Petugas medis rapidt test dianggap jarang ganti sarung tangan
Freepik

Petugas medis rapidt test dianggap jarang ganti sarung tangan

Viral Tenaga Medis yang Tes Corona Jarang Ganti Sarung Tangan Bisa Mudah Tularkan Virus, Ini Fakta Sebenarnya

GridHits.id - Sebuah unggahan dengan narasi risiko penularan virus corona jenis baru penyebab Covid-19 karena petugas rapid test tidak mengganti sarung tangan saat bertugas beredar di grup percakapan Whatsapp dan media sosial baik Twitter maupun Instagram.

Dari narasi yang diunggah itu, disebut bahwa potensi penularan terjadi karena petugas melakukan pemeriksaan terhadap banyak orang dan mengenakan sarung tangan yang sama tanpa diganti.

Ada yang perlu diluruskan dari informasi ini.

Baca Juga: Saking Takutnya Sang Anak Tetular Virus Corona, Nycta Gina Terpaksa Tega Lakukan Hal Ini pada Orangtua dan Sang Buah Hati, Sabar ya Opa!

Baca Juga: Berpotensi Jadi Episentrum Wabah Corona di Asia Tenggara, Ternyata Tempat ini Diduga Jadi Biang Keladi Tersebarnya Corona di Surabaya

Petugas rapid test mengikuti standar prosedur yang telah ditetapkan sehingga aman bagi mereka yang menjalani tes.

Narasi yang beredar Berdasarkan penelusuran Kompas.com, informasi tersebut salah satunya diunggah oleh akun Facebook Satriyo Dimulyo pada Sabtu (30/5/2020) pukul 18.55 WIB.

Berikut narasi unggahan tersebut: "Mohon menjadi perhatian bagi diri kita sendiri maupun untuk keluarga dan kolega anda/panjenengan semua.

Bila tiba-tiba anda/panjenengan terjebak dalam operasi rapid tes dadakan/ujug ujug datang petugas yang mengharuskan mengikuti rapid tes, maka yang perlu diperhatikan adalah *sarung tangan petugas*, kalau sarung tangan yang dipakai hanya itu-itu saja (satu) yang dipakai, tanpa di ganti ganti,

dimana setelah petugas itu pegang orang/pasien yang di rapid tes, kemudian tanpa ganti sarung tangan petugas lalu memegang anda/panjenengan, maka disinilah letak rawannya penularan virus nya, karena kita ngga tau dan petugas pun ngga tau, apakah orang yang dipegang sebelum kita tadi, orang tersebut positif/reaktif atau negatif.. J

Source : KOMPAS.com

Editor : Hits

Baca Lainnya

Latest