Follow Us

Disebut Ada Indikasi Virus Corona Bisa Menempel pada Makanan, Ahli Beberkan Saran Aman Terima Makanan dari Ojol

Riska Yulyana Damayanti - Minggu, 17 Mei 2020 | 09:00
Ilustrasi virus corona
www.freepik.com

Ilustrasi virus corona

Disebut Ada Indikasi Virus Corona Bisa Menempel pada Makanan, Ahli Beberkan Saran Aman Terima Makanan dari Ojol

GridHITS.ID - Saat ini pemeintah mengimbau untuk tak keluar rumah jika tak benar-benar penting ya.

Sehingga banyak hal yang sebaiknya dilakukan melalui rumah termasuk memesan makanan.

Namun, beberapa waktu lalu, seorang ahli menyebut bahwa ada indikasi makanan bisa menjadi perantara menempelnya virus corona.

Meski belum ada penelitian lebih lanjut tekait hal tersebut, namun ada penemuan reseptor tempat hinggapnya Covid-19 di saluran pencernaan pasien.

Baca Juga: Bukti Jangan Sepelekan Imbauan Pemerintah! Seorang Nenek Terinfeksi Covid-19 Setelah Nekat Langgar Instruksi Ini

Baca Juga: Penularan Corona Berhasil Ditekan, Tangan Kanan Presiden Jokowi Akan Longgarkan PSBB di Daerah ini, Mana Saja?

"Indikasinya sih ada ya, tapi sampai saat ini belum bisa dibuktikan dengan betul-betul bahwa (Covid-19) bisa menular lewat makanan," jelas dokter spesialis penyakit dalam, Eka Ginanjar dilansir dari tayangan di kanal YouTube KompasTv KompasTV (8/5/2020).

"Virus untuk masuk itu dia perlu reseptor untuk tempat untuk nempelnya itu. Nah itu (reseptor) ada di saluran pencernaan. Beberapa pasien yang datang dengan keluhan gangguan pencernaan, walaupun kecil presentasinya," tambahnya.

"Tapi hati-hati, ketika orang bicara dropletnya nempel di makanan, makanan itu kita pegang dan tangan kita kena bekas dropletnya masuk ke wajah kita ya sama aja terjadi penularan (virus corona). Jadi prosesnya bisa tidak secara langsung seperti itu," tukasnya.

Selain itu, beberapa waktu lalu seorang dokter spesialis kedokteran fisik dan rehabilitasi, Mayor CKM Dr maulidi Abdillah memberikan tips bagaimana cara yang baik saat memesan makanan melalui jasa ojek online.

Source : YouTube

Editor : Saeful Imam

Baca Lainnya

Latest