Penularan Corona Berhasil Ditekan, Tangan Kanan Presiden Jokowi Akan Longgarkan PSBB di Daerah ini, Mana Saja?

Jumat, 15 Mei 2020 | 11:22
Instagram @luhut.pandjaitan

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan

Penularan Corona Berhasil Ditekan, Tangan Kanan Presiden Jokowi Akan Longgarkan PSBB di Daerah ini, Mana Saja?

GridHits.id - Virus corona masih merajalela di sejumlah daerah di tanah air, jumlah penderita positifnya masih naik signifikan.

Kabar baiknya, di daerah lain penderita positifnya dapat ditekan.

Ini jelas menjadi angin segar bagi semua masyarakat Indonesia.

Saat berita ini ditulis, kasus positif Covid-19 di Tanah Air sudah tembus angka 16.006 orang dengan jumlah meninggal 1.043 dan sembuh 3.518.

Belakangan ini sedang muncul tren prediksi pandemi corona akan membaik pada akhir Mei 2020 dan aktivitas normal sudah bisa berjalan di bulan Juni.

Baca Juga: WHO Kritik Pelonggaran PSBB Saat Wabah Corona Masih Merajalela, Virus Corona Bisa Semakin Menyebar

Baca Juga: Bak Oase di Gurun Pasir! Jumlah Pasien Corona Terus Menurun, Ridwan Kamil Akan Segera Buka Mal, Sekolah, dan Tempat Ibadah di Jabar

Bahkan, pemerintah sudah menyusun skema atau rencana untuk membuka kembali sekolah serta pusat perbelanjaan.

Melansir dari Kompas.com, angin segar serupa disampaikan oleh MenteriKoordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

Ia mengatakan kalau pemerintah akan melonggarkan PSBB atau Pembatasan Sosial Bersakal Besar di beberapa daerah.

Pasalnya, daerah-daerah tersebut dinilai telah berhasil menekan angka penularan virus corona.

"Dari data-data yang kita dapat juga kelihatan Covid-19 ini di beberapa tempat sudah mulai flat. Jadi saya pikir sudah bisa tercapai, tidak terlalu dari sekarang ini kami merencanakan untuk mulai melonggarkan (PSBB) di beberapa tempat," katanya melalui konfrensi virtual, Kamis (14/5/2020).

Lokasi tersebutdipilih karena angka virus coronanya sangat kecil dan datanya mulai membaik dua minggu belakangan.

Baca Juga: Bukan Denda Uang atau Pidana, Para Petugas Satpol PP di Jakarta Kedapatan Malah Beri Hukuman yang Tak Biasa Ini Agar Pelanggar PSBB Jera, Apa Itu?

Baca Juga: Kotanya Sudah Menjadi Epicentrum Baru Virus Corona, Justru Begini Tanggapan Khofifah Saat Disarankan Harus Ada Pemberlakuan PSBB Sepulau Jawa

"Mungkin Bali, Manado, Jogja atau Batam dan Bintan yang kasus (virus coronanya) sangat kecil. Dari perkembangan daripada Covid ini dua minggu ke depan. Tapi melihat dari data-data tadi, angkanya mulai membaik," lanjut Luhut.

Tak sampai di situ saja, Luhut juga memuji kinerja Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin BNPB karena berhasil membuktikan tugas mereka.

"Saya kira dari hari ke hari kita lihat organisasi Satgas ini makin baik, kerja makin efisien dan efektif. Saya pikir penanganan di lapangan makin bagus," ucapnya.

Di sini lain, Presiden Joko Widodo sempat memberikan imbauan untuk meninjau kembali dan berhati-hati dalam melakukan pelonggaran PSBB.

Jokowi sendiri berharap agar pelonggaran PSBB dilakukan tanpa tergesa-gesa dan harus berdasarkan evaluasi data di lapangan.

"Berdasarkan data yang ada, efektivitas pelaksanaan PSBB di sejumlah daerah masih bervariasi. Ada daerah yang mengalami penurunan kasus positif Covid-19 secara gradual, konsisten, namun tidak drastis."

Baca Juga: Jangan Senang Dulu Kasus Corona Melambat, Ahli dari UI Peringatkan Keras Pemerintah Soal 3 Faktor Ini Sebelum Benar-benar Longgarkan PSBB

Baca Juga: Bukan Bulan Juni, Kabar Buruk Disampaikan Ahli Epedemiologi Indonesia Tentang Berakhirnya Wabah Corona, Jangan Longgarkan PSBB!

"Ada yang turun namun masih mengalami fluktuasi dan belum konsisten. Selain itu, ada pula daerah yang sudah menerapkan PSBB tapi kasusnya tidak terpaut jauh dengan sebelum pelaksanaan PSBB," tulis Presiden Jokowi di akun Instagramnya @jokowi.

"Karena itulah, pelonggaran atas pemberlakuan PSBB hendaknya dilakukan secara hati-hati dan tidak tergesa-gesa. Semuanya didasarkan pada evaluasi atas data dan pelaksanaan PSBB di lapangan," lanjutnya.

Artikel ini telah ditulis di nakita.id dengan judul : Kasus Virus Corona Tembus Angka 16 Ribu, Tangan Kanan Presiden Joko Widodo Justru Ungkap Rencana Pelonggaran PSBB di Sejumlah Daerah Ini, Mana Saja?

Editor : Saeful Imam

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya