Ajaib Banget, 7 Bahan Dapur di Bawah Ini Tidak Punya Tanggal Kedaluwarsa dan Bisa Disimpan Hingga Bertahun-Tahun Lamanya Lo

Sabtu, 02 Januari 2021 | 16:45
freepik

Ilustrasi bumbu dapur

Ajaib Banget, 7 Bahan Dapur di Bawah Ini Tidak Punya Tanggal Kadaluarsa dan Bisa Disimpan Hingga Bertahun-Tahun Lamanya Lo

GridHITS.id -Ketika kita ingin bahandapur, kualitas tentu menjadi salah satu faktor utama jika kita ingin membelinya.

Salah satu pembentuk faktor pembentuk kualitas tersebut adalah daya tahan dari bahan dapur tersebut.

Namun bagaimana jika ada bahan dapur yang tidak memiliki tanggal kedaluwarsa?

Dilansir dari Reader's DigestBahan-bahandi bawah ini tidak akan pernah rusak dan dapat kamu simpan selama bertahun-tahun.

Baca Juga: Kimberly Ryder Pamer Makan Mangga Selama Menyusui, Ternyata 2 Buah Ini Juga Bagus untuk Ibu Menyusui, Yuk Cari Tahu!

Baca Juga: Wanita Ini Berhasil Turunkan Berat Badannya Sampai 29 Kilogram Gara-gara Berhenti Makan 2 Makanan Ini, Contek Keberhasilannya!

1. Cuka

Cuka putih, cuka balsamic, cuka raspberry, cuka anggur beras, dan cuka anggur merah juga tidak memiliki tanggal kadaluwarsa.

"Karena sifatnya yang asam, cuka dapat bertahan sendiri dan tidak perlu didinginkan," kata salah satu perwakilan dari The Vinegar Institute.

2. Tepung Maizena

Selama tempat penyimpanan tepung maizena tidak basah, yang menyebabkan molekul pati terikat dengan molekul hidrogen, tepung maizena tidak akan kedaluwarsa.

Apalagi, jika disimpan di tempat yang kering dan sejuk, maka kita tidak perlu mengambil wadah lain dari tepung maizena untuk waktu yang sangat lama.

Baca Juga: Pecinta Pedas Wajib Waspada, Deretan Makanan dan Minuman Ini Ternyata Harus Dihindari Pasien Covid-19

Baca Juga: Bila Dimakan Sebelum Tidur, Beberapa Makanan yang Mudah Didapatkan Ini Bisa Bikin Istirahat lebih Lelap

3. Garam

Freepik.com

Ilustrasi garam.

Natrium klorida murni telah ada selama miliaran tahun, jadi tidak mengherankan jika garam dapat bertahan selamanya.

Hal ini terjadi sebagai akibat osmosis yakni ketika air dikeluarkan dari makanan oleh garam itu sendiri, sehingga menciptakan lingkungan yang terlalu kering bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak.

"Ini adalah mineral yang stabil. Namun, hati-hati karena garam bisa menjadi buruk bisa jika basah," ujar ahli pengobatan integratifDr Elizabeth Trattner A.P. DOM.

4. Gula

Gula pasir putih, gula batu, gula mentah, gula merah, gula bubuk, dan pengganti gula, jika dijauhkan dari kelembapan dan sumber panas semuanya bertahan tanpa batas.

Meskipun teksturnya bisa berubah, gula tidak pernah kedaluwarsa sepenuhnya.

5. Ekstrak Vanila Murni

Ekstrak vanila murni biasanya mengandung alkohol, yang membantu memperpanjang umur simpannya, namun simpanlah dalam botol yang kedap udara.

Sementara itu, ekstrak vanila imitasi tidak mengandung alkohol sebanyak mitranya yang murni.

Baca Juga: Banyak yang Belum Tahu, Ternyata Kertas Minyak Berwarna Cokelat untuk Membungkus Makanan ini Bisa Sebabkan Kemandulan Hingga Kanker

Baca Juga: Jangan Lagi Dilakukan, Jika Bahan Makanan Ini Dicampur-campur Malah Akan Berikan Bahaya untuk Tubuh

6. Kecap Asin

kompas.com
kompas.com

Ilustrasi kecap.

Sekarang, saat kita mengeluarkan botol kecap asin super tua dari lemari es, kita tidak perlu merasa kecap itu telah terkontaminasi bakteri atau kotor.

Semakin tua sebuah kecap asin, maka akan semakin memiliki ciri khas dan memberikan kekayaan rasa pada makanan.

7. Beras Putih

Beras putih, beras liar, arborio, melati, dan basmati semuanya memiliki umur simpan yang tidak terbatas bila disimpan bebas dari kontaminan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul"11 Bahan Makanan yang Tak Pernah Kedaluwarsa"

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya