Segudang Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, Menurunkan Tekanan Darah Hingga Risiko Terjadinya Impotensi

Rabu, 28 Oktober 2020 | 11:38
Pixabay/stevepb

Minyak zaitun untuk penderita diabetes.

Segudang Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, Menurunkan Tekanan Darah Hingga Risiko Terjadinya Impotensi

GridHITS.id - Ternyata ada banyak manfaat minyak zaitun untuk pria, terutama yang menderita diabetes.

Seperti diketahui, diabetes merupakan penyakit yang sekarang umum sekali menyerang orang banyak.

Tidak peduli dari kalangan usia muda atau lanjut usia, nyatanya diabetes bisa menyerang siapa saja.

Baca Juga: Hemat Pengeluaran ke Dokter dan Beli Obat Mahal, Rutin Kunyah Daun Kemangi Ternyata Bisa Cegah Penyakit Ganas hingga Mematikan

Baca Juga: Hati-hati Diabetes Bisa Menyerang di Usia Muda, Perhatikan Gejalanya yang Mudah Terlihat

Sehingga penyakit yang satu itu perlu dicegah atau pun dicari tahu cara mengantisipasinya jika terjadi kambuh.

Siapa sangka, ternyata minyak zaitun bisa menjadi obat alami yang baik untuk para penderita diabetes agar gula darahnya stabil.

Bahkan ada banyak lagi juga manfaat minyak zaitun untuk pria yang sepertinya belum banyak diketahui, apa saja?

1. Mengurangi risiko terjadinya impotensi Menurut penelitian, mengadaptasi diet mediterania, yang kaya akan asupan minyak zaitun, sayur, buah, kacang-kacangan, dan ikan, membuat risiko pria terkena impotensi bisa berkurang. Tidak hanya itu, pola makan sehat ini juga akan mengurangi tingkat keparahan impotensi atau lemah syahwat yang sudah terlanjur terjadi.2. Mengurangi risiko diabetes tipe 2 Minyak zaitun dinilai baik untuk mengurangi risiko diabetes tipe 2 karena bahan makanan ini dapat mengembalikan fungsi hormon insulin.

Baca Juga: Tidak Disangka, Sering Minum Susu Kayu Manis Bisa Bantu Atasi Diabetes hingga Baik untuk Jantung, Begini Cara Buatnya

Baca Juga: Selama Ini Dikira Sehat, Ternyata 4 Makanan-Minuman Ini Justru Tak Boleh Dikonsumsi Orang dengan DiabetesHormon ini berperan besar dalam metabolisme gula di tubuh.

Dengan kembali normalnya kerja insulin, maka tubuh jadi lebih bisa mengatur kadar gula agar tidak menumpuk di darah.

3. Meningkatkan kadar hormon seks pria Salah satu jenis minyak zaitun, extra virgin olive oil atau yang sering disebut dengan singkatannya yaitu EVOO, dinilai bisa meningkatkan fungsi reproduksi pria.

Mengonsumsi minyak ini secara teratur akan menambah produksi hormon testosteron, yang merupakan hormon seks pria dan meningkatkan hormon lutein, yang merangsang sel-sel di testis untuk memproduksi hormon testosteron.

4. Menurunkan tekanan darah Menjalani diet mediterania yang banyak mengonsumsi minyak zaitun, juga akan membantu melindungi tubuh dari kenaikan tekanan darah berlebih (hipertensi). Manfaat ini akan semakin terasa jika kita juga rutin berolahraga.5. Menjaga kesehatan saluran pencernaan Kandungan fenol yang ada di minyak zaitun bisa meningkatkan daya tahan saluran pencernaan dengan mengubah susunan mikroba yang ada di dalamnya.

Baca Juga: Perhatian untuk Penderita Diabetes! Coba Rutin Konsumsi Air Rebusan Jahe untuk Mengatur Kadar Gula Darah, Ini Manfaatnya

Baca Juga: Tak Perlu Ragu-ragu, 4 Jenis Buah-buahan Ini Justru Baik Bagi Penderita DiabetesManfaat minyak zaitun ini berguna untuk pria yang punya riwayat mengalami Inflammatory Bowel Disease (IBD), seperti penyakit crohn dan colitis. Setelah melihat begitu banyaknya manfaat minyak zaitun untuk pria, ada baiknya kita memasukkannya ke dalam menu harian. Namun ingatlah, bahwa konsumsi minyak sehat ini juga perlu disertai dengan berolahraga secara teratur.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Manfaat Minyak Zaitun untuk Pria, dari Obat Impotensi hingga Diabetes

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya