Tak Terima dengan Komentar Anji Soal Foto Jenazah Covid-19, Pewarta Foto Indonesia Tuntut Anji Segera Lakukan 2 Hal Ini: 'PFI Akan Menunggu'

Senin, 20 Juli 2020 | 18:45
instagram.com/duniamanji

Anji dikritik oleh pihak Pewarta Foto Indonesia akibat komentarnya yang kontroversial

GridHITS.id – Usai melontarkan komentar kontroversial, Anji diminta oleh Pewarta Foto Indonesia (PFI) melakukan hal ini.

Belakangan ini, Anji tengah menjadi sorotan publik lantaran unggahannya di akun Instagram pribadinya.

Pasalnya, dalam unggahan tersebut, Anji terlihat mengomentari foto jenazah Covid-19 yang dibidik oleh seorang fotografer bernama Joshua Irwandi.

Baca Juga: Viral Lagu 'Keke Bukan Boneka' Hilang dari Youtube, Kevin Aprilio Protes Besar Hingga Ibu Kekeyi Minta Hal Ini Pada Anji: Ini Bukan Masalah Sederhana

Baca Juga: Tak Hanya Ria Ricis Sampai Raffi-Nagita, Anji Manji Akhirnya Blak-Blakan Soal Unfollow Akun Instagram Para Rekan Selebritas

Dalam unggahannya, mantan kekasih Rinni Wulandari ini pun mengungkap sejumlah kejanggalan yang ia rasakan.

Mulai dari banyaknya akun-akun ber-follower besar yang mengunggah foto tersebut hingga menyinggung soal fotografer yang bisa memotret jenazah pasien Covid-19.

Sontak, unggahan itu langsung menuai kecaman hingga tuntutan dari organisasi kewartawanan Pewarta Foto Indonesia (PFI).

Mengutip dari Tribunnews.com, Sekretaris Pewarta Foto Indonesia (PFI) Pusat, Hendra Eka pun meminta, Anji untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial.

Terlebih, akun Instagram Anji juga memiliki jumlah followers yang cukup banyak, yakni 2 juta followers.

"Saudara Anji seharusnya lebih bijak dalam mengunggah setiap postingan, agar tidak terjadi bias eksplisit maupun implisit, mengingat follower Instagram-nya yang cukup banyak," kata Hendra, Senin (20/7/2020).

Baca Juga: Serangan Virus Corona Belum Usai, Muncul Fakta Mengejutkan Soal Covid-19 yang Disebut Bisa Merusak Otak dan Saraf, Ini Kata Ahli

Baca Juga: Sudah Ketuk Palu! Sekarang Sebutan PDP, ODP, dan OTG Pasien Corona Tak Lagi Digunakan dan Dirombak Total Ganti Pakai Istilah Ini

Hendra menilai, caption yang disematkan Anji dalam unggahannya tersebut telah mendiskreditkan profesi pewarta dengan menyamakan produk jurnalistik yang otentik dengan cara kerja buzzer, influencer, atau YouTuber.

Menurutnya, dalam unggahan tersebut, Anji seharusnya mencantumkan keterangan lain yang berkaitan dengan produk jurnalistik karya Joshua Irwandi.

"Sehingga masyarakat juga teredukasi dengan baik, dan tidak ada opini-opini liar atau penghakiman terhadap karya tersebut," tegas Hendra.

Akibat hal tersebut, Hendra mengaku Anji telah meminta maaf kepada pihaknya.

Hendra mengatakan Anji menyampaikan permintaan maafnya melalui sambungan telepon.

"Anji sudah menghubungi saya via telepon pada pukul 11.47 WIB tadi. Anji sudah meminta maaf terkait postingan-nya di Instagram," imbuhnya.

Baca Juga: Bikin Kaget, Wirang Birawa Bongkar Rahasia di Balik Serangan Virus Corona di Indonesia hingga Sarankan Hal Ini

Baca Juga: Dituntut Waspada Saat Solo Zona Hitam Covid-19, Pakar Ungkap Tidak Mengenal Kata-kata Zona Hitam: Terakhir Merah

Lebih lanjut, Hendra mengatakan, selain permintaan maaf, Anji juga berjanji akan segera menghapus unggahannya itu dan meminta maaf secara terbuka.

"PFI akan menunggu bukti janji dari Anji tersebut sebelum menentukan langkah-langkah lain yang akan ditempuh oleh PFI," pungkasnya.

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : Tribunnews.com

Baca Lainnya