Masker dan Cuci Tangan Tak Cukup Tangkal Virus Corona, Pakar Ahli Bagikan Cara Efektif Cegah Penyebaran Covid-19 Lewat Udara

Jumat, 10 Juli 2020 | 14:00
freepik.com

Masker dan Cuci Tangan Tak Cukup, Pakar Ahli Bagikan Cara Efektif Cegah Penyebaran Covid-19 Lewat Udara

Masker dan Cuci Tangan Tak Cukup Tangkal Virus Corona, Pakar Ahli Bagikan Cara Efektif Cegah Penyebaran Covid-19 Lewat Udara

GridHITS.id - Pakar ahli bagikan cara efektif cegah penyebaran Covid-19 lewat udara dan sebut masker dan cuci tangan tak cukup.

Seperti kita ketahui bersama jika virus corona hingga saat ini masih menjadi momok di seluruh dunia.

Lebih lanjut, hingga kini masyarakat bekerjasama dengan Pemerintah untuk menjalankan protokol kesehatan.

Pixabay.com/ geralt

Ilustrasi virus corona

Baru-baru ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui bahwa penularan virus corona memungkinkan terjadi melalui transmisi udara.

Baca Juga: Kabar Buruk di Tengah Wabah Corona, Peneliti Kembali Temukan Virus Baru yang Gejalanya Mirip Covid-19

Baca Juga: Kalung Antivirus Buatan Kementan Digadang-gadang Bisa Tangkal Virus Corona, Pakar Ahli: Enggak Begitu Cara Kerjanya

"Kemungkinan penularan melalui udara dalam ruangan - terutama dalam kondisi yang sangat spesifik, padat, tertutup, ruangan berventilasi buruk yang telah dijelaskan, tidak dapat dikesampingkan," kata Benedetta Allegranzi, pimpinan teknis WHO untuk pengendalian infeksi dan pencegahan, mengatakan kepada sebuah media berita.

Hal itu disampaikan WHO usai lembaga tersebut diperingati oleh 239 ilmuwan dari 32 negara, yang menyatakan ada bukti kuat menunjukkan bahwa virus itu juga dapat menyebar di udara.

Penularan airbone yakni melalui partikel yang jauh lebih kecil yang mengapung berjam-jam setelah orang berbicara, atau bernapas.

Bahkan, para ilmuan sampai menerbitkan surat terbuka yang mendesak PBB untuk menanggapi dengan serius kemungkinan penyebaran penyakit melalui udara, dan berusaha meningkatkan kesadaran tentang hal itu.

Adapun bukti yang menunjukkan virus corona baru mengudara yang dilakukan studi laboratorium, menyatakan bahwa virus corona menular dapat bertahan di udara selama setidaknya tiga jam.

Contoh, satu orang yang terinfeksi di tempat latihan paduan suara di Mount Vernon, Washington, menginfeksi setidaknya 45 orang lainnya.

Baca Juga: Setelah Renggut Nyawa Lebih dari Setengah Juta Orang dan Didesak Ratusan Ilmuwan, WHO Akhirnya Akui Virus Corona Tak Menyebar Lewat Droplet Tapi Hal yang Lebih Berbahaya

Baca Juga: Telan Pil Pahit Batal Ikut UTBK, Hasil Rapid Test Peserta Mendadak Diubah Jadi Reaktif Virus Corona Viral di Sosmed

Padahal posisi mereka yang tertular posisinya enam kaki dari penyanyi yang sakit, seperti dikutip dari Science News.

Dengan demikian, penularan virus corona tidak hanya dapat terjadi melalui tetesan yang dikeluarkan ketika orang batuk atau bersin, tetapi juga dapat ditularkan melalui transmisi udara.

Lantas bagaimana mencegah penyebaran virus corona yang tersebar di udara?

Terkait hal ini, sejumlah ahli menyatakan jika penggunaan masker dan mencuci tangan tak lagi cukup mencegah penyebaran virus corona penyebab Covid-19.

Salah satunya dikatakan oleh seorang Dokter Spesialis Paru RSUD Sultan Suriansyah Banjarmasin, dr. Yulia Kartina, Sp.P.

dr. Yulia menyarankan agar adanya perlindungan dari dalam, seperti mencuci hidung dengan semprotan hidung atau berkumur dengan obat kumur yang dapat membunuh virus corona.

"Perlu juga untuk berkumur-kumur dan mencuci hidung supaya mencegah virus-virus yang masuk ke tubuh kita lewat jalan masuknya dari hidung dan tenggorokan," ujar Yulia, saat dihubungi GridHEALTH.id, Rabu (8/7/2020).

Berkumur solusi sehat di masa pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kabar Buruk Virus Corona yang Harus Hidup Bersama Manusia Untuk Beberapa Tahun ke Depan, 17 Fakta Baru Ini Tegaskan Masyarakat Untuk Tak Perlu Panik

Baca Juga: Bulan Ini Jadi Kabar Gembira Untuk Seluruh Pelajar di Indonesia di Tengah Pandemi Corona, Mendikbud: Pembelajaran Jarak Jauh Akan Permanen

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD, juga membagikan cara pencegahan virus corona di udara di akun Twitter pribadinya (@dirgarambe), Rabu (8/7/2020).

Menurutnya, upaya pencegahan itu dapat dilakukan dengan memastikan sirkulasi udara baik, dia pun menyarankan kita untuk membuka jendela.

Selain itu, dr. Dirga juga menyarankan untuk membatasi penggunaan AC, serta menghindari perkumpulan di ruang tertutup maupun di tempat yang ramai.

Artikel ini sudah tayang Gridhealth.id dengan judul:Begini Langkah Pencegahan Penularan Virus Corona yang Melayang di Udara, Tak Cukup Pakai Masker dan Cuci Tangan

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth

Baca Lainnya