Persiapkan Diri Menyambut Dunia yang Kembali Pulih! Dokter Top Italia Klaim Wabah Virus Corona Sudah Melemah Bahkan Bisa Hilang dengan Sendirinya

Senin, 22 Juni 2020 | 13:18
PIxabay

Ilustrasi virus corona

GridHITS.id -Wabah virus corona masih menjadi persoalan seluruh negara di dunia.

Hingga kini, jumlah pasien terpapar virus corona masih terus bertambah.

Namun, sederet ahli tak lelah mencari jalan keluar untuk mengakhiri wabah virus corona.

Kabar baik kali ini dibagikan oleh seorang dokter top dari Italia.

Baca Juga: WHO Bunyikan Tanda Bahaya Bagi Masyarakat Dunia! Wabah Virus Corona Mendadak Mengalami Lonjakan Tajam

Baca Juga: Gara-gara Kritik Minimnya Perhatian Pemerintah Daerah Pada Perawat, Kepala Puskesmas ini Dicopot Jabatannya dan Dipindahtugaskan

Profesor Matteo Bassetti menejelaskan hasil penelitian yang ia buat.

Dokter asal Italia itu menyebut virus corona telah melemah sehingga mengibaratkannya sebagai 'harimau yang berubah menjadi kucing liar'.

Ia yakin virus itu 'berubah dalam tingkat keparahan' dan pasien sekarang selamat dari infeksi yang akan membunuh mereka sebelumnya.

Dan jika pelemahan virus itu benar, Covid-19 bahkan bisa menghilang tanpa vaksin karena menjadi sangat lemah sehingga mati dengan sendirinya, kata guru besar penyakit menular Italia ini.

Matteo Bassetti telah mengatakan beberapa kali dalam beberapa bulan terakhir bahwa pasien dengan Covid-19 tampaknya jauh lebih baik daripada mereka pada awal epidemi di Italia.

Profesor Bassetti menyarankan ini bisa jadi karena mutasi genetik pada virus membuatnya kurang mematikan, karena perawatan yang lebih baik, atau karena orang tidak terinfeksi dengan dosis besar karena jarak sosial.

Tetapi ilmuwan lain telah membalas klaim di masa lalu dan mengatakan tidak ada bukti ilmiah bahwa virus telah berubah sama sekali.

Profesor Bassetti, kepala penyakit menular di Rumah Sakit Umum San Martino di Genoa, Italia, mengatakan kepada The Sunday Telegraph bahwa virus itu bisa hilang dengan sendirinya.

Baca Juga: Kabar Baik untuk Warga Dunia, Satu Lagi Obat yang Disebut Bisa Bantu Turunkan Angka Kematian Pasien Covid-19

Baca Juga: Amerika dan Eropa Jadi Episenter Corona Dunia, WHO Wanti-wanti Keadaan Akan Bergeser ke Asia dan Indonesia Jadi Sasaran Selanjutnya!

Pixabay.com/ geralt

Ilustrasi virus corona

Dia berkata: “Itu seperti harimau yang agresif pada bulan Maret dan April tetapi sekarang seperti kucing liar".

Bahkan pasien lanjut usia, berusia 80 atau 90 tahun, sekarang duduk di atas tempat tidur dan mereka bernapas tanpa bantuan.

Italia adalah salah satu negara yang paling terpukul di dunia selama tahap awal pandemi ini, dan sekarang telah mencatat lebih dari 238.000 kasus positif dan 34.000 kematian.

Para ilmuwan mengatakan populasi lanjut usia di sana, virus yang menyebar di daerah pedesaan dan tiba-tiba wabah berkontribusi pada tingginya angka kematian negara itu.

Profesor Bassetti berpendapat bahwa salah satu alasan virus itu menyebabkan penyakit yang kurang serius adalah mutasi genetik yang membuatnya tidak terlalu merusak paru-paru manusia.

Atau, katanya, orang mungkin hanya menerima jumlah yang lebih kecil ketika mereka terinfeksi, karena aturan jarak dan penguncian sosial, membuat mereka kurang sakit.

Teori ini tergantung pada tingkat keparahan penyakit seseorang yang dipengaruhi oleh 'viral load' mereka - jumlah virus yang masuk ke tubuh seseorang ketika mereka pertama kali terkena olehnya.

Profesor Bassetti berkata: 'Kesan klinis yang saya miliki adalah bahwa virus ini berubah dalam tingkat keparahan.

Baca Juga: Parno Jawa Barat Kembali Darurat Virus Corona, Ridwan Kamil Buru-buru Lakukan Hal Ini pada Warga yang Mau Wisata ke Puncak Bogor: ‘Mohon Maaf Kami Akan Lakukan...’

Baca Juga: Berhasil! Siap-siap Sambut Berakhirnya Wabah Virus Corona, Indonesia Selangkah Lebih Maju Kantongi Kombinasi Obat untuk Sembuhkan Pasien Covid-19

“Pada bulan Maret dan awal April polanya sama sekali berbeda. Orang-orang datang ke unit gawat darurat dengan penyakit yang sangat sulit untuk dikelola dan mereka membutuhkan oksigen dan ventilasi, beberapa pneumonia berkembang.

“Sekarang, dalam empat minggu terakhir, gambar telah benar-benar berubah dalam hal pola.

“Mungkin ada viral load yang lebih rendah di saluran pernapasan, mungkin karena mutasi genetik pada virus yang belum ditunjukkan secara ilmiah.”

Dokter penyakit menular telah membuat klaim serupa di masa lalu tetapi memicu kritik karena terlalu optimis.

Dia mengatakan pada awal Juni: "Kekuatan virus itu dua bulan lalu bukanlah kekuatan yang sama dengan yang dimiliki hari ini."

Artikel ini sudah tayang di Tribun Style dengan judul:KABAR BAIK, Dokter Top Italia Sebut Virus Corona Sudah Melemah, Mungkin Bisa Hilang Tanpa Vaksin

Editor : Yosa Shinta Dewi

Sumber : Tribun Style

Baca Lainnya