Bikin Lega, Pakar UI Ungkap Wabah Virus Corona Bisa Berakhir dalam Waktu Dekat, Asalkan Masyarakat Indonesia Kompak Lakukan Hal Satu Ini, Apa?

Senin, 06 April 2020 | 19:55
Pixabay.com

Pakar UI mengungkap kapan wabah virus corona berakhir di Indonesia

GridHITS.id – Wabah virus corona masih menjadi momok untuk berbagai negara di seluruh dunia.

Bagaimana tidak, korban yang terinfeksi virus corona masih terus berjatuhan setiap harinya.

Seperti yang terjadi di Indonesia, per Senin (5/4/2020) sore, jumlah kasus positif virus corona kembali bertambah dan telah menyentuh angka 2.491 kasus.

Baca Juga: Bukan Kabar Baik, Seorang Ahli Sebut Gelombang Dua Virus Corona Berpotensi Besar Terjadi di Indonesia Jika Hal Ini Tak Segera Dilakukan

Baca Juga: Kabar Menenangkan, Pasien yang Sembuh Punya Kekebalan Kuat Terhadap Corona, Begitu juga Dengan Penderita Tanpa Gejala

Meski wabah virus corona di Indonesia belum menemui titik terang, para ahli ternyata sudah memiliki prediksi kapan kasus ini akan berakhir, Moms.

Menurut Pakar Epidemiologi Universitas Indonesia, Iwan Ariawan, wabah virus corona ini diperkirakan akan berakhir pada akhir Mei atau awal Juni.

Hal tersebut disampaikan Iwan Ariawan di acara Sapa Indonesia Malam Kompas TV pada Minggu (5/4/2020) kemarin.

Dalam acara tersebut, Iwan mengatakan bahwa puncak Covid-19 diprediksi akan terjadi pada pertengahan April nanti.

"Pada model kami, jika pemerintah tidak melakukan apa-apa, jadi dalam skenario terburuk itu kita akan mencapai puncak dari epidemi corona pada pertengahan April," ujar Iwan.

Meski begitu, Iwan melihat hal tersebut tidak akan terjadi, karena menurutnya pemerintah sudah melakukan banyak hal terkait penanganan virus corona ini.

Baca Juga: Selaras dengan WHO, Pemerintah Indonesia Beberkan Keunggulan Masker Kain 3 Lapis, Berapa Persen Ampuh Tangkal Virus Corona?

Baca Juga: Tetap Gelar Wisuda di Tengah Pandemi Corona, Universitas di Jepang Gunakan Aplikasi Zoom dan Robot Saat Prosesi

"Tapi tentunya ini tidak akan terjadi, karena pemerintah sudah melakukan beberapa intervensi. Sebenarnya kami berharap kalau pemerintah melakukan intervensi yang baik itu puncaknya berkurang," jelasnya.

Apabila puncak tersebut berkurang, jumlah korban yang terinfeksi nantinya juga tidak akan sebanyak sekarang.

"Nanti baik terinfeksi maupun masuk ke rumah sakit itu tidak sebanyak kalau tidak dilakukan apa-apa," sambungnya.

Lebih lanjut, Iwan pun menjelaskan dari hasil penelitiannya puncak Covid-19 ini akan bergeser.

"Kemudian, kalau dari model itu puncaknya juga akan bergeser, puncak ini bergeser itu lebih baik.

Karena memberikan kesempatan kita untuk bersiap-siap, karena yang mengkhawatirkan dari masalah epidemi Covid-19 adalah jumlah pasien yang nanti butuh perawatan di rumah sakit dan perlu perawatan intensif, ini yang akan membebani fasilitas kesehatan kita," jelasnya.

Ia mengatakan apabila pemerintah bisa menangani wabah ini dengan baik, maka Covid-19 di Indonesia diperkirakan akan usai pada akhir Mei atau awal Juni.

Baca Juga: Seolah Menyepelekan Virus Corona, Barbie Kumalasari Tetap Olahraga Lari di Luar Hingga Larut Malam: Banyak Lelaki yang Godain

Baca Juga: Hati-hati! Penelitan Terbaru Menilai AC Bisa Jadi Tempat Berkembangnya Virus Corona

"Kalau dari model yang kami buat dilakukan intervensi yang baik, ini kasusnya akan berkurang di akhir Mei atau awal Juni. Tapi dengan catatan itu intervensinya dilakukan dengan intensif dan kita bisa menjaga penyebarannya," ucap Iwan.

Kendati demikian, Iwan mengkhawatirkan kebiasaan mudik yang dilakukan masyarakat Indonesia saat Ramadan dan Lebaran bisa memperluas penyebaran virus corona.

"Yang mengkhawatirkan itu ada bulan Ramadan, ada Lebaran di mana ada kebiasaan di kita di mudik, pulang kampung itu jadi sarana penyebaran Covid-19 ini," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Nakita.id dengan judul, “Kabar Gembira untuk Masyarakat Indonesia, Meski Korban Masih Berjatuhan, Pakar Epidemiologi Ini Berani Sebut Wabah Virus Corona Akan Berakhir dalam Waktu Dekat, Tapi....

Editor : Ratnaningtyas Winahyu

Sumber : Kompas TV

Baca Lainnya