Hati-hati! Bukannya Tangkal Virus Corona, Hand Sanitizer Racikan Sendiri Justru Bisa Timbulkan Masalah Baru

Jumat, 20 Maret 2020 | 13:36
freepik.com

Bukannya Tangkal Virus Corona, Hand Sanitizer Racikan Sendiri Justru Bisa Timbulkan Masalah Baru

GridHITS.id -Bukannya menagkal virus corona, hand sanitizer buatan sendiri justru bisa timbulka masalah baru. Kok bisa?

Diketahui jikasejumlah produk kebersihan mendadak langka di pasaran setelah wabah virus corona.

Hal tersebut terjadi seiring tingginya permintaan masyarakat dan banyaknya oknum nakal yang melakukan penimbunan untuk meraup keuntungan pribadi.

Baca Juga: Ludes di Pasaran Usai Indonesia Positif Corona, Berikut Langkah Mudah Buat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemui

Baca Juga: WHO Larang Konsumsi Ibuprofen Jika Ada Gejala Virus Corona, Disebut Bisa Memperparah Kondisi Tubuh!

Termasuk dengan produk kebersihan hand sanitizer hingga membuat masyarakat memutar otak untuk meraciknya sendiri.

Melihat fenomena ini, sejumlah ahli mengingatkan supaya masyarakat lebih berhati-hati ketika menggunakan hand sanitizerracikan mereka sendiri.

Terlebih, para ahli justrumerekomendasikan untuktidakmemakai produk hand sanitizer buatan sendiri sama sekali.

Dilansir dari Gridhealth.id, menurutrekomendasi Center for Disease Control and Prevention (CDC), kadar alkohol yang efektif menangkal mikroba yakni 60-95 %.

Beberapa resep mungkin menyarankan hal yang serupa, namun hal itu bukan jaminan seseorang bisa mengukurnya dengan tepat.

Thinkstock
Thinkstock

Hand Sanitizer

Seperti diungkap Asisten profesor kesehatan masyarakat dari University of California, AS, Daniel Parker, kepada CNN, (3/3/2020) lalu.

"Saya khawatir, orang yang bikin hand sanitizer sendiri takarannya tidak pas,"ungkapnya.

Baca Juga: Waspada Virus Corona! Jangan Lakukan 7 Hal Ini Saat Social Distancing, Olahraga di Tempat Gym Juga Dilarang

Baca Juga: Uji Coba Berhasil! China Menyatakan Obat Flu Asal Jepang Ini Efektif Mengatasi Virus Corona

Disisi lain Kepala Medis WebMD, John Whyte, MD, juga menyatakan hal yang sama, di mana perhitungan asal-asalan membuat bahan aktif tersebut tak mempan jadi antimikroba.

"Kekhawatiran terbesar saya, orang tidak mengikuti petunjuk dengan tepat saat membuat hand sanitizer. Sehingga efek antimikrobanya berkurang atau tidak efektif,"ungkapnya.

Selain takaran yang belum pas, beberapa resep yang beredar online juga bahan campurannya belum tentu tepat.

Seperti saran untuk menambahkan campuran aroma dari minyak esensial atau bahan lain yang belum diketahui efeknya saat dicampur dengan alkohol.

Menurut Birnur Aral, PhD dari Good Housekeeping Institute, pengaruh baha tambahan dalam racikan hand sanitizer masih diperdebatkan.

"Pengaruh tambahan minyak esensial walaupun dalam jumlah kecil ke dalam formula hand sanitizer sebagai bahan antimikroba ini masih diperdebatkan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Pemakaian Masker Justru Tak Dianjurkan Karena Berpotensi Sebarkan Virus Corona ke Orang yang Masih Sehat!

Baca Juga: Stok Masker dan Hand Sanitizer Langka Akibat Virus Corona, Oknum yang Ketahuan Menimbun Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Aral mengatakan, minyak esensial atau bahan lain yang digunakan untuk campuran resep hand sanitizer racikan sendiri.

Pasalnya, kandungannya perlu uji klinis terlebih dahulu untuk memastikan efektivitasnya dalam memerangi virus.

Seperti kita ketahui efek keras alkohol pada hand sanitizer bisa membuat tangan jadi kering, di mana kemungkinannya tentu bisa lebih lagi saat menggunakan hasil racikan sendiri.

Alih-alih mencegah penyakit menular, penggunaan hand sanitizer buatan sendiri dengan bahan alakadarnya disebut rentan bikin kulit kering.

Menurut Profesor dari London School of Hygiene and Tropical Medicine di Inggris, Sally Bloomfield, hand sanitizer yang tersedia di pasaran biasanya sudah disertai pelembab.

Pelembab tersebut digunakan untuk mengantisipasi efek keras saat alkohol diaplikasikan secara langsung ke kulit.

"Kalau kita tidak mengantisipasi penggunaan hand sanitizer buatan sendiri dengan pelembab, kulit tangan tentu bisa kering dan risikonya tangan bisa terluka," jelas dia kepada Guardian.

Para ahli sependapat bahwa daripada menggunakan hand sanitizer buatan sendiri akan lebih baik jika mencuci tangan dengan sabun.

Baca Juga: Waspada Virus Corona dengan Konsumsi Bawang Putih Panggang, Efeknya Bisa Pulihkan Tubuh Hanya dalam Waktu Semalam!

Baca Juga: Respons Tegas Sekjen DPR Saat Tahu Krisdayanti Liburan di Tengah Wabah Corona hingga Kekhawatiran Yuni Shara: 'Akan Kami Didik, Kami Panggil'

Editor : Safira Dita

Sumber : Gridhealth.id

Baca Lainnya