Ludes di Pasaran Usai Indonesia Positif Corona, Berikut Langkah Mudah Buat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami yang Mudah Ditemui

Rabu, 04 Maret 2020 | 12:00
mentalfloss.com/ Kompas.com

Indonesia Positif Corona, Berikut Langkah Mudah Buat Hand Sanitizer dengan Bahan Alami

GridHITS.id -Ludes di pasaran usai Indonesia positif corona, berikut langkah mudah buat hand sanitizer dengan bahan alami.

Diketahui sebelumnya jika Indonesia positif corona setelah Presiden Joko Widodo mengumumkan ada 2 WNI yang terjangkit virus tersebut hingga hand sanitizer ramai dicari.

Ramai pemberitaan tersebut nampaknya juga berdampak kepada kepanikan masyarakat yang takut tertular virus corona.

Hingga pada akhirnya masker hingga hand sanitizer juga ikut ludes di pasaran karena banyak diburu warga.

Baca Juga: Stok Masker dan Hand Sanitizer Langka Akibat Virus Corona, Oknum yang Ketahuan Menimbun Terancam Hukuman 5 Tahun Penjara

Baca Juga: Warga Indonesia Wajib Tahu! Begini Penggunaan Masker yang Benar Agar Tak Tertular Virus Corona Menurut WHO

Sebenarnya, cara terbaik untuk menangkal virus corona adalah dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun dan air.

Selain mencuci tangan, cara lain adalah hindari menyentuh wajah menggunakan tangan secara langsung.

Sayangnya,ketika kita bepergian akan sulit menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan, sehingga langkah alternatif yakni menggunakan hand sanitizer.

Ludesnya stok hand sanitizer di pasaran membuat sebagian warga bingung untuk mencuci tangan dengan paktis guna penyebaran virus corona.

Nah, dilansir darigoodhousekeeping.com, Rabu (5/3/2020),berikut ini cara mudah membuat hand sanitizer spray dengan bahan alami.

Bahan-bahan untuk membuat hand sanitizer:

- Botol spray

- Alkohol

- Gel lidah buaya

- Tea tree oil

- Minyak esensial lainnya seperti peppermint atau lavender.

pixabay

Hand sanitizer tidak bisa cegah penularan virus corona Covid-19

Baca Juga: Jangan Sampai Salah! Pemakaian Masker Justru Tak Dianjurkan Karena Berpotensi Sebarkan Virus Corona ke Orang yang Masih Sehat!

Baca Juga: Ramai Berita Corona Sampai Harga Masker di Pasar Melonjak Tinggi, Menkes Terawan Malah Sebut Orang Sehat Percuma Pakai Masker, Kenapa?

Langkah-langkah cara membuat hand sanitizer:

1. Pertama, isi botol dengan 1/4 hingga 1/3 penuh dengan alkohol.

2. Kemudian, tambahkan 10 hingga 15 tetes Tea tree oil dan minyak esensial lavender.

3. Isikan botol dengan gel lidah buaya.

4. Kocok hingga semua bahan menyatu.

5. Hand sanitizer siap untuk digunakan.

Sebagai informasi, kedua minyak tersebut memiliki sifat anti bakteria alami danlavender juga akan menambahkan wewangian saat hand sanitizer disemprotkan.

Menurut CDC (Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit), sebaiknya kita menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

Namun, pembersih berbasis non-alkohol sebenarnya dapat berbahaya dan dapat menyebabkan kuman mengembangkan resistensi terhadap sanitasi.

Sangat penting untuk menghindari pembersih tangan yang mengandung triclosan, bahan sintetis yang ditambahkan ke banyak produk antibakteri.

FDA memperingatkan dosis tinggi triclosan menyebabkan penurunan kadar beberapa hormon tiroid dan bisa membakar bakteri risesten terhadap antibiotik.

Hand sanitizer tidak dapat menghilangkan bakteri jika kita tidak menggunakannya dengan benar.

Kita juga harus menggunakan pembersih tangan dengan jumlah yang tepat dan menggosoknya ke semua permukaan tangan, lalu membiarkan produk mengering.

Selain itu, jangan gunakan lap tangan atau membilasnya setelah menggunakan hand sanitizer.

Ketika digunakan dengan benar, pembersih tangan berbahan dasar alkohol mampu membunuh setidaknya 99,9 persen virus, jamur, dan bakteri.

Jadi setelah kita menyentuh pegangan tangga di tempat umum atau pegangan keranjang belanja, menggunakan hand sanitizer dapat membantu kita menghindari virus atau bakteri.

Tetapi perlu diingat, kita bisa terkontaminasi virus atau bakteri lewat udara yang kita hirup.

Namun sayangnya, hand sanitizer tidak dapat mengatasi hal itu.

Menggunakan hand sanitizer bukan cara terbaik dan paling efektif untuk membersihkan tangan.

Kenyataanya, tidak ada yang bisa mengalahkan sabun dan air biasa untuk membasmi kuman.

Menurut CDC, cara terbaik untuk mencegah penyebaran infeksi dan mengurangi risiko sakit adalah dengan mencuci tangan secara teratur, jika memungkinkan.

Usahakan untuk hanya menggunakan hand sanitizer jika sabun dan air tidak dapat diakses, seperti ketika kita berada di dalam mobil, ketika berbelanja atau di bioskop atau konser.

Selain itu, jangan gunakan hand sanitizer setelah memegang bahan kimia atau ketika tangan tampak kotor, dalam kasus itu gunakan sabun dan air.

Baca Juga: Jadi Kasus Pertama di Indonesia, Kondisi Terkini 2 WNI yang Terjangkit Virus Corona Pasca Observasi Diungkap ke Publik!

Baca Juga: BREAKING NEWS! 2 WNI Ibu dan Anak Dipastikan Presiden Jokowi Terindikasi Virus Corona, Rumah Korban di Depok DIisolasi!

Editor : Safira Dita

Sumber : goodhousekeeping

Baca Lainnya