Follow Us

WHO Peringatkan Ganasnya Covid Varian Mu, Diduga Kebal Vaksin dan Kasusnya Terus Muncul di Seluruh Dunia

Tito Gildas - Senin, 06 September 2021 | 12:00
Covid varian MU yang diduga kebal vaksin dan mulai menjangkiti banyak negara.
Pixabay

Covid varian MU yang diduga kebal vaksin dan mulai menjangkiti banyak negara.

GridHITS.id - Baru saja virus Covid-19 mulai mereda, kini WHO peringatkan kemunculan varian baru Covid yang diduga kebal vaksin.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memasukkan Covid-19 varian B1621 sebagai varian yang menarik (variant of interest/VOI), dan memberi nama dengan varian 'Mu'.

Varian Mu atau B1621 ditetapkan oleh dikategorikan sebagai VOI pada pekan lalu dan dinyatakan akan dipantau oleh WHO karena kasus terus muncul di seluruh dunia.

WHO juga menyebut jika varian ini pertama kali terdeteksi di Kolombia pada Januari 2021.

Tetapi sejak diidentifikasi, kini Varian Mu sudah berada di lebih dari 39 negara, di antaranya Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang, Ekuador, Kanada, dan sebagian Eropa.

Tak hanya itu, WHO juga menduga varian baru ini kebal dari vaksin Covid yang telah ada di seluruh dunia.

"Varian Mu memiliki konstelasi mutasi yang menunjukkan sifat potensial untuk lolos dari kekebalan," dalam sebuah pernyataan WHO, dikutip dari The Washington Post, Jumat (3/9/2021).

Baca Juga: Pandemi Belum Usai, WHO Peringatkan Kemunculan Virus Marburg yang Berbahaya Mirip Ebola, Berpotensi Menular dan Menyebar seperti Corona

Pakar penyakit menular terkemuka Anthony S. Fauci menyebut jika varian Delta masih menjadi ancaman nyata bagi hampir di seluruh dunia karena sifatnya yang lebih menular dan gejala awal yang menyerupai flu biasa.

Dia mengatakan bahwa sementara pemerintah mengawasinya dengan sangat cermat, varian itu sama sekali tidak mendekati dominan, karena Varian Delta tetap menjadi penyebab lebih dari 99 persen kasus di negara ini (Amerika Serikat).

Selain itu, masih belum diketahui juga seberapa efektif kekebalannya terhadap vaksin.

Source : Sripoku.com

Editor : Rachel Anastasia Agustina

Baca Lainnya

Latest