Follow Us

Teknik Menggoreng Tanpa Menggunakan Minyak, Selamat Tinggal Kolestrol!

Rachel Anastasia Agustina - Rabu, 18 Agustus 2021 | 14:28
Ilustrasi teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak
Pixabay/Free-Photos

Ilustrasi teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak

GridHITS.id - Ternyata ada teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak.Seperti diketahui, metode menggoreng adalah salah satu yang suka dilakukan.Biasanya, kita cenderung mengonsumsi makanan yang banyak digoreng.Seperti ayam goreng, tempe goreng, kentang goreng dan lainnya.Sehingga tak dapat dipungkiri bahwa konsumsi minyak semakin besar.Namun siapa sangka, ternyata kini kita bisa menggoreng tanpa minyak.Jika dulu menggoreng identik dengan pakai minyak, sekarang tidak.Ada beberapa teknik yang bisa Anda coba untuk mengurangi minyak.Meskipun makanan yang akan disajikan tetaplah dengan metode goreng.Anda bisa mencoba beberapa teknik menggoreng di bawah ini tanpa minyak.

Baca Juga: Menyesal Baru Tahu Sekarang, Iseng Lumuri Wajan dengan Jelantah, Ibu Rumah Tangga ini Kaget dengan Hasil yang Didapat hingga Bikin Ketagihan

Melansir dari cookist.com, inilah teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak.1. Pakai bubuk glukosaBubuk glukosa biasa digunakan untuk menggoreng makanan agar lebih sehat.Ya, bubuk glukosa diklaims sebagai gula alami yang akan meleleh sempurna.Biasanya bubuk yang satu ini akan meleleh pada suhu 150 derajat.Anda bisa mendapatkan bubuk glukosa di supermarket kesayangan.Anda harus meletakkannya di atas api sampai jadi cairan transparan.Ketika mulai mendidih, Anda bisa masukkan makanan yang akan digoreng.Pastikan suhunya terlalu tinggi sebab akan mengubah bubuk jadi karamel.Jika suhu sudah terlalu tinggi, Anda bisa tambahkan sedikit bubuk untuk menurunkan suhunya.

Baca Juga: Kantong Makin Irit di Saat PPKM! Begini Cara Jernihkan Kembali Minyak Goreng Dengan Satu Langkah Mudah, Tak Perlu Sering Ganti Minyak Saat Memasak

Bubuk glukosa cocok untuk menggoreng makanan yang manis dan asin.Namun untuk memasak sayuran, daging, atau ikan, Anda harus menakar bubuknya.Sebab jika terlalu banyak, hasilnya pun akan terlalu manis.Bagaimana cara teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak tapi renyah?Makanan yang dimasak dengan bubuk glukosa akan renyah tergantung suhu.Jika Anda menggoreng pada suhu antara 150 derejat celcius - 180 derajat celcius, itu ideal.Makanan yang digoreng akan benar-benar renyah dan nikmat sekali.Namun jika suhu sudah sampai 190 derajat celcius, maka Anda harus bersiap menikmati karamel.2. AirfryerTeknik yang satu ini memang mengeluarkan lebih banyak uang.

Baca Juga: Banyak Orang Baru Tahu, Inilah Cara Gampang Supaya Terong Tidak Menyerap Minyak dan Jadi Lembek Saat Digoreng!

Namun anda bisa menikmati gorengan ringan dengan rendah lemak.Ini adalah penggorengan udara panas yang sudah banyak diproduksi.Alat penggoreng modern ini mampu menggoreng melalui ventilasi yang menyebar pada mangkuk.Penggorengan generasi baru ini memungkinkan Anda untuk menggoreng renyah luar dan dalam.Selain itu lemak yang terkandung akan berkurang 80 persen dibanding penggorengan tradisional.

Sama halnya dengan bubuk glukosa yang mudah Anda dapatkan dimana saja.

Menggoreng dengan bubuk glukosa disebut menurunkan lemak sebanyak 80 persen.

Sehingga makanan yang digoreng pun diklaim lebih sehat dari yang pakai minyak.

Nah itu dia teknik menggoreng tanpa menggunakan minyak.

Baca Juga: Tak Banyak Orang Tahu, Ramai Diberitakan Dapat Sembuhkan Covid, Ini Bahaya Minyak Kayu Putih Bila Pemakaiannya Salah

Source : Cookist

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular