Follow Us

Akhirnya Terungkap Sekarang, WHO Sebutkan Penerima Vaksin Pfizer dan Moderna Berisiko Kena Efek Samping Langka yaitu Gangguan Jantung ini

Saeful Imam - Minggu, 11 Juli 2021 | 22:15
Ilustrasi vaksinasi Covid-19.
Freepik.com

Ilustrasi vaksinasi Covid-19.

GridHITS.id - Untuk menghambat penyebaran corona yang semakin menjadi-jadi, pemerintah gencar melakukan vaksinasi, termasuk akan melakukan vaksin dosis ketiga buatan moderna pekan depan.

Nah, dari riset WHO terungkap kalau Penerima Vaksin Covid-19 Pfizer dan Moderna berisiko terkenal penyakit yang Sangat Langka.

Sebuah studi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan regulator di Eropa menemukan hubungan potensial antara vaksin mRNA, yaitu Pfizer dan Moderna, dengan kondisi peradangan jantung seperti miokarditis dan perikarditis, CGTN Eupore melaporkan.

Kasus ini sangat-sangat jarang, ungkap European Medicines Agency (EMA).

Selain sangat langka, kasus ini banyak terjadi pada pria dan anak laki-laki di bawah 30 tahun.

Selain itu, radang terjadi setelah dosis kedua vaksin diberikan.

Beberapa gejala peradangan itu di antaranya sesak napas, detak jantung tidak teratur, dan nyeri dada.

Baca Juga: Hangus Dilahap Si Jago Merah, Inilah Gudang Vaksin yang Terbakar di Indonesia, Ruginya Sampai 1000 Dosis Vaksin!

Sebuah laporan dari badan keamanan obat-obatan Eropa menemukan, dari 117 juta dosis Pfizer yang diberikan di UE, Islandia, Norwegia, dan Liechtenstein, terdapat 145 kasus miokarditis dan 138 kasus perikarditis.

Sementara itu, dalam vaksin mRNA lainnya, Moderna, ada 19 kasus miokarditis dan 19 kasus perikarditis dari 20 juta dosis yang diberikan.

WHO mengatakan bahwa meskipun kondisi tersebut dapat menyebabkan penyakit serius, kondisi tersebut seringkali ringan dan merespon dengan baik terhadap pengobatan konservatif.

Namun dalam lima kasus, orang yang mengalami kondisi jantung ini akhirnya meninggal.

Editor : Hits

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular